3 Air Terjun di Madura Yang Sungguh Menakjub Mata

Madura adalah sebuah pulau seluas 5.168 km persegi, yang terletak di timur laut propinsi Jawa Timur. Ada beberapa pintu masuk utama ke pulau tersebut, salah satunya yaitu Jembatan Suramadu yang menghubungkan kota Surabaya dengan pulau Madura.

Terlepas dari penjelasan singkat tentang pulau Madura diatas, ternyata, pulau yang dikenal sebagai daerah bukan pegunungan ini juga memiliki beberapa tempat wisata alam yang cukup menarik untuk dikunjungi.

Tanpa Operasi Plastik, Inilah 10 Pria Tercantik Di Dunia

Salah satu wisata alam di Madura yaitu air terjun, dimana air terjun di Madura ini pasti bisa membuat matamu takjub dengan keindahannya. Lantas, dimana saja air terjun tersebut berada? berikut ulasannya

1. Air Terjun Toroan

Air Terjun di Madura

Air Terjun Toroan via destinasipada.blogspot.co.id

Air terjun di Madura yang pertama yaitu Air Terjun Toroan. Air terjun ini berada di desa Ketapang Daya, kecamatan Ketapang, kabupaten Sampang. Air Terjun Toroan ini masih satu kawasan dengan tempat wisata pantai Nepa dan Hutan Kera Nepa.

Walaupun belum dikembangkan menjadi salah satu tempat wisata di Madura oleh pemerintah setempat, tapi air terjun ini sangat menakjubkan mata karena masih sangat terlihat kealamiannya sebagai air terjun.

Selain itu, disekitar air terjun ini juga banyak ditumbuhi pepohonan sehingga siklus udara di sekitar tempat ini sangat sejuk dan sangat rindang. Dan yang lebih menarik lagi, Air Terjun Toroan berhadapan langsung dengan laut lepas sebab letaknya memang di pesisir pantai.

Aliran air di air terjun ini langsung mengalir ke muara laut, selain itu, di bawah air terjun juga terdapat sebuah tempat seperti kolam sedalam 2 meter yang bisa digunakan untuk berenang. Di sekitar Air Terjun Toroan bagus dijadikan background untuk foto selfie atau menikmat sunset sambil mendengarkan irama aliran air terjun dan ombak laut.

Tapi sayang, seperti yang disebut sebelumnya, karena tempat ini belum dikembangkan jadi tempat wisata, jadi di tempat ini belum ada fasilitas pendukung seperti kamar mandi, kamar ganti, atau fasilitas umum lainnya.

2. Air Terjun Kokop

Air Terjun di Madura

Air Terjun Kokop via panoramio.com

Air terjun di Madura selanjutnya yaitu Air Terjun Kokop. Air terjun setinggi 10 meter ini berada dikawasan terpencil di kabupaten Bangkalan, pulau Madura, lebih tepatnya di desa Durjan, kecamatan Kokop.

Walaupun lokasinya berada di kawasan yang terpencil, tapi air terjun ini menyuguhkan keindahan yang luar biasa dengan keasrian yang masih alami. Jarak antara air terjun ini dengan kota Bangkalan sekitar 70 km dengan jarak tempuh sekitar 2,5 jam perjalanan.

Ada dua jalur untuk menuju ke lokasi air terjun Kokop ini, yang pertama lewat jalur Bangkalan menuju ke kecamatan Blega dan yang kedua lewat jalur Bangkalan menuju ke kecamatan Tanjung Bumi.

Tapi lebih disarankan banyak bertanya kepada warga tentang lokasi air terjun, karena banyak persimpangan yang harus dilewati untuk mencapai air terjun ini. Sebab, air terjun ini benar-benar underexposed karena susah ditemukan lokasinya.

Tapi, selama perjalanan menuju ke air terjun ini, kamu akan disuguhkan panorama alam yang alami, asri, hamparan sawah, dan sapaan akrab penduduk sekitar yang begitu bersahabat yaitu cerminan orang indonesia asli.

3. Air Terjun Manitan

Air Terjun di Madura

Air Terjun Manitan via pulaumadura.com

Yang terakhir yaitu Air Terjun Manitan. Air terjun ini berada di desa Manetan, kecamatan Galis, kabupaten Bangkalan. Kurang lebih 1 jam perjalanan dari kota Bangkalan menuju ke air terjun Manitan ini.

Di air terjun ini ada batu besar atau yang sering disebut Batu Raja yaitu tempat aliran air di air terjun. Batu ini yang cukup aman di injak, karena batu ini tidak licin, karena tidak banyak mengandung lumut seperti batuan sungai pada umumnya.

Selain itu, pemandangan di air terjun ini sangat menakjubkan dengan air yang jernih alami. Kalau mau mandi, tinggal nyebur saja, karena airnya sangat bersih.

Akses jalan menuju kesana juga cukup baik dan aman, tapi kalau mengunakan transportasi umum hanya sampai di kecamatan Galis saja, oleh karena itu, sebaiknya mengunakan kendaraan pribadi, terutama motor.

Nah, itulah beberapa air terjun di Madura. Ternyata di pulau Madura yang bukan daerah pengunungan memiliki air terjun yang sungguh menakjubkan mata. Kamu sudah pernah kesana?

Baca Juga: 8 Air Terjun Di Lombok Yang Sayang Kalau Dilewatkan

Loading...

Add Comment