Ini Dia 13 Air Terjun di Malang! Keindahannya Bisa Bikin Hati dan Jiwa Tenang!!

Pesona alam di Indonesia memang sungguh menakjubkan, salah satunya yaitu wisata alam di Malang. Mereka yang tinggal di Malang, pasti tahu betul potensi wisata alam yang ditawarkan oleh Malang raya ini.

Salah satu wisata alam yang cukup populer dan selalu ramai dikunjungi setiap weekand di sekitar Malang yaitu air terjun. Selain itu, harga tiket masuk di tempat wisata alam air terjun di Malang ini juga termasuk cukup murah.

11 Kapal Hantu Terseram Di Dunia! Konon Katanya Masih Gentayangan!!

Jadi, jika kamu ingin liburan dengan main air tapi enggan ke pantai, maka air terjun di Malang ini bisa jadi pilihan yang tepat. Lantas, dimana saja letak air terjun-air terjun tersebut? mari kita simak ulasannya berikut ini

1. Coban Sumber Pitu

Air Terjun di Malang

Coban Sumber Pitu via likethispressblog.blogspot.co.id

Air terjun yang berada di kecamatan Tumpang ini jangan sampai kamu lewatkan bila berkunjung ke Malang, karena keindahan dan pesona air terjun ini sudah diakui oleh banyak orang yang pernah mengunjunginya.

Untuk bisa mencapai lokasi air terjun ini, kamu diwajibkan melakukan trekking sebentar. Tapi tenang, walaupun harus melakukan trekking, tapi kelelahanmu akan terbayar lunas dengan pemandangan indah yang disajikan Coban Sumber Pitu.

Sumber air di air terjun ini berasal dari beberapa mata air yang muncul di 7 titik yang lokasinya hampir berdekatan satu sama lainnya di sebuah tebing dengan lebar kurang lebih 50 meter.

2. Coban Pelangi

Air Terjun di Malang

Coban Pelangi via pegipegi.com

Air terjun di Malang selanjutnya yaitu Coban Pelangi. Air terjun ini terletak di salah satu kawasan konservasi alam yang berjarak sekitar 10 km dari kecamatan Tumpang, kawasan ini masih dibawah perlindungan perum perhutani.

Perlu diingat, kalau kamu berencana pergi ke air terjun ini, fisikmu harus dalam keadaan fit dan prima, karena harus melewati jalur trekking yang cukup sulit dan menantang. Tapi semua itu, akan terbayar dengan pemandangan indah yang tersaji secara alami disana.

3. Coban Tumpak Sewu

Air Terjun di Malang

Coban Tumpak Sewu via travel.detik.com

Walaupun secara geografis, Coban Tumpak Sewu ini termasuk salah satu air terjun di Lumajang, tapi kebanyakan orang yang traveling ke daerah Malang dan sekitarnya, air terjun ini adalah salah satu tujuan mereka.

Air terjun ini cukup populer di kalangan para wisatawan, karena keindahannya sungguh luar biasa, sebab ada banyak sumber air yang berderet di sebuah tebing yang melengkung indah. Pasti rugi kalau tidak berkunjung kesini.

4. Coban Gintung

Air Terjun di Malang

Coban Gintung via whiempy.blogspot.co.id

Kalau kamu mengunjungi air terjun yang berada di desa Sidotenggo, kecamatan Ampel Gading ini, kamu juga bisa mengunjungi tiga air terjun lainnya yang tidak jauh dari lokasi air terjun ini yaitu Coban Ciblungan, Coban Telaga Warna dan Coban Goa Naga Gintung.

Ke empat air terjun ini bisa kamu nikmati sekaligus saat berkunjung ke Coban Gintung. Selain itu, air terjun ini, termasuk salah satu air terjun di Malang yang masih sepi pengunjung. Jadi kamu bisa menikmati keindahannya tanpa ada gangguan oleh banyak orang.

5. Air Terjun Banyu Anjlok

Air Terjun di Malang

Air Terjun Banyu Anjlok via svtland.blogspot.co.id

Kalau kamu ingin berwisata ke pantai tapi tetap ingin menikmati sebuah air terjun, maka salah satu air terjun di Malang ini bisa jadi pilihan yang tetap. Namanya Banyu Anjlok, terletak di bagian selatan Malang.

Banyu Anjlok ini bukan sekedar air terjun biasa, karena air terjun ini menawarkan keindahan yang luar biasa dengan perpaduan kolam alami dan pantai yang bisa mengodamu ingin segera main basah-basahan di sana.

Air Terjun Banyu Anjlok berada di dusun Lenggoksono, desa Tirtoyudo, kecamatan Dampit. Kalau dari kota Malang butuh waktu 3 jam perjalanan.

6. Coban Jahe

Nama air terjun ini cukup unik yaitu Coban Jahe, walaupun disana tidak ada Jahe sama sekali. Nama Jahe diambil dari bahasa Jawa ” Pejahe “ artinya ” meninggal dunia “. Nama ini sebenarnya terinspirasi dari kisah para pejuang yang gugur dibawah pimpinan Ali Murtopo melawan penjajah disekitar air terjun ini.

Air terjun ini berada di dusun Begawan, desa Pandasari Lor, kecamatan Jabung. Kalau dari kota Malang sekitar 23 km dengan jalan yang cukup menantang yang semakin menambah sensasi petualanganmu di alam bebas.

7. Coban Glothak

Selama ini Gunung Kawi dikenal sebagai salah satu tempat mencari pesugihan yang cukup populer di Indonesia. Tapi tahukah kamu, kalau di lereng Gunung Kawi adalah air terjun yang cukup indah yaitu Coban Glothak.

Karena letaknya di kawasan Gunung Kawi, maka bisa dipastikan kalau air terjun yang berada di desa Bedalisodo, kecamatan Wagir ini memiliki suasana yang sangat hijau dan sangat masih alami. Kalau mampir ke Gunung Kawi, rugi jika tidak mampir kesini.

Baca Juga: 3 Air Terjun di Madura Yang Sungguh Menakjub Mata

8. Coban Tundo

Air terjun di Malang yang satu ini cukup jauh dari kota Malang yaitu sekitar 130 km baru bisa mencapai air terjun yang berada di desa Sido Asri, kecamatan Sumber Manjing Wetan ini.

Perjalanan ke air terjun ini memang cukup menguras fisik dan tenaga, tapi sesampainya disana, semua lelah dan letihmu akan terbayar lunas dengan pemandangan indah 3 buah air terjun yang siap kamu explore. Katanya, Coban Tundo II yang paling cukup menantang, kalau tidak percaya, silahkan buktikan sendiri.

9. Kedung Jembar

Air Terjun di Malang

Kedung Jembar via merdeka.com

Keunikan dari air terjun yang berada di desa Sumberoto, kecamatan Donomulyo ini yaitu aliran airnya sangat jernih dengan warna hijau tosca. Hal inilah yang membuat siapapun akan betah berlama-lama main ke air terjun ini.

Keindahan air terjun Kedung Jembar sudah diakui oleh banyak wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun dari mancanegara. Sampai-sampai air terjun ini diberi julukan ” Green Canyon Mini “. Kalau penasaran, buktikan saja sendiri.

10. Coban Talun

Air terjun ini patut diperhitungkan untuk didatangi bila ingin sedang mencari air terjun di Malang yang ingin kamu kunjungi, karena dari segi keindahan, Coban Talun ini tidak kalah indah dengan air terjun di Malang lainnya.

Kalau dari kota Malang sekitar 15 km, atau lebih tepatnya berada di desa Tulung Rejo, kecamatan Bumiaji, Batu. Air terjun yang berada di bagian barat lereng Gunung Arjuna ini masuk dalam kawasan Wisata Bumi Perkemahan.

11. Coban Rais

Air Terjun di Malang

Coban Rais via travel.detik.com

Coban Rais adalah air terjun tertinggi di Malang Timur yaitu 70 meter, selain itu lokasinya juga termasuk dekat dengan kota Batu, makanya Coban Rais termasuk salah satu tempat wisata yang cukup sering dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke Malang.

Konon katanya, nama air terjun yang berada di desa Oro-oro Ombo ini diambil dari nama tokoh setempat. Selain itu, Coban Rais ini juga tidak terlalu jauh dengan Coban Rondo, taman rekreasi Batu Night Spectacular (BNS), dan Jatim Park II.

12. Coban Ciblungan

Air Terjun di Malang

Coban Ciblungan via islahagus.blogspot.co.id

Walaupun aliran airnya tidak setinggi dengan air terjun di Malang lainnya, tapi Coban Ciblungan ini adalah salah satu tempat wisata alam yang cukup populer dan sering dikunjungi oleh wisatawan di Malang.

Aliran dari air terjun yang berada di desa Purwoharjo Ampelgading jatuh ke sungai-sungai dangkal yang berada dibawahnya dan membentuk kolam, sehingga para pengunjung bisa berendam atau sekedar mandi disana.

13. Coban Rondo

Air Terjun di Malang

Coban Rondo via wikipedia.org

Kalau air terjun yang terakhir ini adalah salah satu air terjun yang sangat populer di Indonesia. Air terjun ini bersumber dari mata air Cemoro Budo yang berada di Jalan Coban Rondo, desa Pandesari, Kecamatan Batu.

Di sekitar air terjun ini juga sangat cocok dijadikan tempat untuk melakukan kegiatan alam seperti perkemahan. Selain itu, ada juga beberapa wahana permainan seperi arena labirin, flyingfox, dan masih banyak lagi

Nah, itulah beberapa air terjun di Malang. Beberapa air terjin ini membuktikan bahwa pesona dan keindahan alam di Malang dan sekitarnya memang tidak ada matinya. Kapan-kapan main kesana yuk!

Baca Juga: 8 Air Terjun Di Lombok Yang Sayang Kalau Dilewatkan

Loading...

Add Comment