5 Alasan Kenapa Alas Purwo Disebut Hutan Paling Angker di Jawa

Alas Purwo

Alas Purwo

Mulai dari keindahan alam sampai beberapa misteri gaib yang sampai sekarang belum terpecahkan bisa ditemukan di Alas Purwo yaitu sebuah taman nasional yang keindahan alamnya sangat epik tapi memiliki banyak misteri di dalamnya.

Terletak di kecamatan Purwoharjo dan kecamatan Tegaldlimo, kabupaten Banyuwangi dengan luas sekitar 434 km. Taman nasional ini menyimpan lebih dari 500 jenis tumbuhan dan ratusan jenis hewan liar yang hidup secara bebas.

Tapi dibalik itu semua, Alas Purwo dikenal sebagai hutan legendaris paling angker di pulau Jawa, dimana banyak misteri yang berhubungan dengan dunia gaib terjadi disini. Lantas, kenapa bisa disebut sebagai hutan paling angker di Jawa? berikut ulasannya

1. Sebagai Tempat Bersemedi

Ternyata, dibalik pesona alam yang masih liar dan asri, Alas Purwo sering dijadikan tujuan untuk bersemedi. Apalagi saat malam satu suro, banyak orang yang bersemedi disana, mulai dari yang sekedar mencari wangsit sampai yang mencari ilmu hitam.

Bahkan, konon katanya, presiden pertama kita yaitu bapak Soekarno pernah terlihat bersemedi disana, kabarnya, bung Karno bersemedi untuk menemui penguasa laut selatan yaitu Nyi Roro Kidul. Benar atau tidak, kabar ini masih abu-abu.

2. Sebagai Tempat Pesugihan

Selain sering dijadikan tempat bersemedi, menurut warga disekitar, Alas Purwo juga sering dijadikan sebagai tempat untuk meminta berkah dan kekayaan atau pesugihan kepada para penunggu hutan tersebut.

Masih menurut warga disekitar, gua Istana adalah tempat yang paling sering dikunjungi untuk bersemedi meminta berkah dan kekayaan. Selain itu, di Alas Purwo juga ada sebuah makam sepanjang 7 meter yang disebut makam Mbah Dowo.

Makam Mbah Dowo tersebut isinya bukan jenazah manusia, melainkan sebuah pusaka berupa tombak milik Empu Barada. Makam ini juga sering dijadikan tempat bersemedi untuk tujuan pesugihan.

3. Tempat Berkumpulnya Banyak Jin di Pulau Jawa

Alas Purwo juga diyakini sebagai salah satu tempat berkumpulnya banyak jin di pulau Jawa. Hal ini tentunya selaras dengan penuturan beberapa warga disekitar Alas Purwo dan dikuatkan juga oleh beberapa pengakuan mereka yang pernah menginjakan kakinya disana.

Bahkan banyak orang pintar yaitu orang yang memiliki kekuatan supranatural, mengatakan bahwa Alas Purwo berbahaya untuk dikunjungi, sebab bila sampai menyinggung penghuni gaib Alas Purwo, maka bakal disesatkan sampai tidak bisa kembali.

4. Sering Ada Penampakan

Banyak diantara mereka yang pernah menginjakan kakinya di Alas Purwo mengaku melihat penampakan-penampakan penunggu hutan angker tersebut, mulai dari Kuntilanak, Genderuwo, dan mahkluk halus lainnya.

Hal tersebut memang bukanlah hal yang aneh, sebagai tempat berkumpulnya makhluk halus, tentu banyak jenis makhluk halus, baik yang sengaja maupun tidak sengaja terlihat oleh kita saat mengunjungi hutan angker tersebut.

5. Banyak Orang Hilang

Mungkin ini salah satu akibat jika membuat penghuni gaib di Alas Purwo tersinggung, dimana konon katanya, dari dulu sampai sekarang banyak orang hilang setelah memasuki hutan angker ini dan tidak pernah kembali.

Kalau kamu bertanya ke warga Banyuwangi, pasti banyak cerita yang mereka ketahui tentang orang hilang dan tidak pernah kembali setelah memasuki Alas Purwo.

Ada beberapa teori yang menjelaskan hal ini, ada yang bilang mereka membuat marah penghuni gaib hutan angker tersebut sehingga ditindak oleh penghuni tersebut, dan ada juga yang mengatakan kalau mereka diajak menikah dan pergi dari dunia manusia.

Sejauh ini, teori ini belum ada pembuktiannya, sebab jasad mereka yang hilang sampai sekarang belum pernah ditemukan sama sekali.

Nah, itulah beberapa alasan kenapa Alas Purwo disebut sebagai hutan paling angker di pulau Jawa. Percaya atau tidak, itu terserah kamu, tapi jika berminat berkunjung kesana, ada baiknya selalu berhati-hati dan jangan lupa berdoa meminta pelindungan kepada sang pencipta.

Baca juga: 14 Tempat Angker di Bandung Yang Konon Katanya Angker dan Berhantu

Loading...

Add Comment