10 Alat Untuk Menangkap Ikan Yang Sering Digunakan Nelayan Indonesia

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan pulau terbanyak di dunia, dengan kondisi geografis Indonesia seperti itu, sudah dipastikan laut Indonesia sangat luas dengan keanekaragaman hewan lautnya.

Karena itulah, sejak jaman dulu, banyak orang Indonesia, khususnya yang bermukim di dekat pantai atau laut, menjadikan nelayan sebagai pekerjaannya. Selain itu, menjadi nelayan juga tidak diperlukan pendidikan tinggi.

Salah satu keahlian untuk menjadi nelayan yaitu harus bisa membuat alat untuk menangkap ikan. Di Indonesia sendiri ada banyak alat untuk menangkat ikan yang sering digunakan nelayan Indonesia. Lantas, alat menangkat ikan apa saja yang paling terkenal di Indonesia? berikut ulasannya

1. Pukat Udang

Pukat Udang, atau sering juga disebut dengan nama Pukat Harimau adalah alat untuk menangkap ikan yang berbentuk kantung yang kemudian ditarik oleh satu atau dua kapal secara bersamaan melalui samping atau belakang kapal.

Alat ini memang efektif untuk menangkap ikan dalam jumlah yang banyak namun tidak selektif, sehingga bisa merusak semua yang dilewati alat ini. Makanya alat ini lebih menjurus ke alat tangkap ikan yang destruktif.

2. Pukat Kantong

Pukat Kantung adalah alat untuk menangkap ikan yang berbentuk kerucut yang terdiri dari kantung (bag), badan (body), dua sayap (wing) yang dipasang pada kedua sisi mulut jaringnya, dan tali penarik (warp).

Alat ini bisa dikatakan masih tradisional dan tidak merusak lingkungan, serta ukurannya pun relatif kecil.

3. Pukat Cincin

Pukat Cincin adalah alat untuk menangkap ikan berbentuk 4 persegi panjang, dilengkapi dengan tali kerut bercincin yang diikatkan pada bawah jaring, sehingga membentuk kerut seperti bentuk mangkok. Alat ini digunakan untuk menangkap ikan yang bergerombol dipermukaan.

4. Jaring Insang

Jaring Insang adalah alat untuk menangkap ikan berbentuk 4 persegi panjang dengan mata jaring berukuran sama dan dilengkapi dengan pelampung dibagian atasnya serta pemberat dibagian bawahnya.

Alat ini digunakan untuk menangkap ikan yang bergerak secara pasif. Tapi dalam operasinya, biasanya para nelayang memasang beberapa alat yang digabung menjadi satu unik jaring yang cukup panjang.

5. Jaring Angkat

Alat Untuk Menangkap Ikan

Jaring Angkat via mataronis.blogspot.co.id

Jaring Angkat adalah alat untuk menangkap ikan yang dalam pengunaannya dilakukan dengan cara menurunkan dan mengangkat jaring secara vertikal. Alat ini biasanya dibuat dari nilon yang mirip kelambu dengan mata jaring yang relatif kecil.

Umumnya, dalam pengoperasiannya mengunakan lampu atau umpan lainnya untuk menarik ikan. Alat ini biasanya juga dioperasikan di rakit, perahu, dan sejenisnya.

6. Mata Pancing

Alat Untuk Menangkap Ikan

Pancing via pixabay.com

Pancing adalah alat untuk menangkap ikan paling populer di Indonesia, mungkin juga di dunia. Alat ini terdiri dari dua komponen utama yaitu tali dan mata pancing. Dalam pengunaannya, jumlah mata pancing berbeda-beda.

Prinsip dasar alat ini yaitu merangsang ikan untuk memakan umpan yang dikaitkan pada mata pancing. Selain dua komponen utama diatas, pancing juga dilengkapi dengan tangkai, pemberat, dan bisa juga mengunakan pelampung.

7. Bubu

Bubu adalah alat untuk menangkap ikan yang bersifat statis, biasanya berbentuk kurungan dan jebakan, dimana ikan bisa dengan mudah masuk tanpa paksaan, tapi ikan akan sulit untuk keluar karena dihalangi dengan berbagai cara.

Bahan yang digunakan untuk membuat alat ini diantaranya, bambu, rotan, kawat, jaring, dan sebagainya. Dalam pengunakannya, alat ini digunakan dipermukaan air seperti sungai dengan arus yang cukup kuat atau di daerah pasang surut.

8. Pengumpul Rumput Laut dan Kerang

Umumnya, alat pengumpul rumput laut dan kerang dibuat dengan sederhana dan jangkauannya dalam skala kecil saja. Alat ini cukup selektif tapi tidak destruktif sebab bertujuan untuk menangkap target seperti kerang-kerang.

9. Pukat Ikan Karang

Alat Untuk Menangkap Ikan

Pukat Ikan Karang via overfishingcampaign.wordpress.com

Pukat Ikan Karang adalah alat untuk menangkap ikan yang terbuat dari jaring, terdiri dari kantung dan sayap. Dalam pengunaannya dilakukan pengiringan ikan-ikan yang akan ditangkap supaya masuk ke bagian kantung tersebut.

Biasanya alat ini dilakukan oleh beberapa nelayan dengan cara berenang kemudian mengejutkan ikan-ikan agar masuk ke kantung yang sudah dipasang sebelumnya. Dinamakan Pukat Ikan Karang karena tujuan utamanya yaitu untuk menangkap jenis ikan karang.

10. Tombak

Kalau alat untuk menangkap ikan yang satu ini hanya terdiri dari batang kayu, mata tombak diujungnya dengan mata kait terbalik, dan tali penarik yang digunakan untuk mengambil hasil tangkapan.

Nah, itulah sedikit penjelasan tentang beberapa alat untuk menangkap ikan yang cukup populer di kalangan nelayan di Indonesia.

Baca juga: Cantiknya, Inilah 7 Jenis Ikan Arwana Termahal di Dunia

Loading...

Add Comment