Apakah 10 Acara TV Dengan Rating Tinggi Tahun 2016 ini Adalah Favorit Anda?

10 Acara TV Dengan Rating Tinggi Tahun 2016

“Anugerah Cinta” Ancaman “Anak Jalanan” Sekaligus Unggulan RCTI. Gambar: http://www.newsth.com/bintang/wp-content/uploads/2016/10/iyaa.jpg

Stasiun televisi swasta di Indonesia yang berlomba-lomba meraih rating tertinggi memang juga bisa menguntungkan pemirsanya. Pemirsa memiliki banyak pilihan acara yang mereka gemari. Dan, beberapa stasiun TV memilih untuk menghadirkan jadwal acara TV yang memang sedang digandrungi oleh mayoritas pemirsa Indonesia, tidak hanya demi rating tinggi, tetapi juga perolehan iklan yang lebih dari lumayan.

Dari tahun ke tahun, RCTI masih unggul dalam hal pemilihan acara dengan rating fantastis. Disusul oleh ANTV yang sengaja menghadirkan sederet drama dari India demi memuaskan sebagian besar pemirsa Indonesia yang memang menyukai drama-drama dari Bollywood. Mantap di peringkat ketiga adalah MNCTV, yang cenderung membidik pemirsa cilik dengan animasi lokal dan internasional.

Tanpa Operasi Plastik, Inilah 10 Pria Tercantik Di Dunia

Lalu, apa saja acara TV dengan rating tinggi yang disuguhkan oleh tiga stasiun televisi tersebut? Simak 10 program acara dengan rating tertinggi di tahun 2016, dan mungkin salah satunya adalah favorit Anda.

1.  Anak Jalanan

Setelah memasuki lebih dari 500 episode, Anak Jalanan masih kuat di peringkat tiga besar acara televisi dengan rating tertinggi. Bahkan di awal Desember, Anak Jalanan kembali menduduki peringkat pertama rating acara televisi sebesar 6,3% dan share 29%. Di bulan Oktober dan November, drama ini sempat tergeser oleh Anugerah Cinta dan TNBH, bahkan juga oleh Mohabbatein. Tetapi, animo pecinta AJ kembali tinggi akhir-akhir ini. RCTI nampaknya akan cukup puas dengan perolehan rating AJ yang bisa bertahan cukup lama.

2. Anugerah Cinta

Sejak tayang perdana pada bulan Agustus 2016, sinetron Anugerah Cinta menjadi ancaman bagi Anak Jalanan yang turun peringkat rating. Bahkan, di awal Desember 2016, Anugerah Cinta berhasil meraih rating sebesar 5% dengan share 26,1%. Dengan demikian paling tidak sudah ada dua jadwal acara RCTI unggulan yang berhasil menduduki rating tinggi selama tahun 2016 ini.

3. Tukang Bubur Naik Haji The Series

Meski saat ini Tukang Bubur Naik Haji The Series memiliki pesaing di jam tayang utama, tetapi rekor rating yang dicapai, selama kurang lebih empat tahun, patut diacungi jempol. Bahkan, TNBH menjadi ancaman bagi dua drama yang juga ditayangkan di RCTI di waktu yang hampir sama, Anak Jalanan dan Anugerah Cinta. Pecinta TNBH beragam, mulai anak-anak hingga lansia, sehingga perolehan rating pun konstan. Berbeda dengan “Anak Jalanan” serta “Anugerah Cinta”. Keduanya membidik pangsa pasar remaja, yang kerap bosan dengan tontonan monoton.

4. D’Academy Asia

Selama setahun lebih, acara pencarian bakat penyanyi dangdut ini juga mencapai rating yang luar biasa. Mungkin karena itulah, acara Indosiar ini ditayangkan dengan durasi yang sangat panjang, yakni kurang lebih lima jam. Rating acara ini sebesar 2,8% dan share 14,4%.

5. Anandhi

Serial “Anandhi” pertama kali ditayangkan oleh ANTV pada bulan April 2016. Rating yang didapat pun lumayan, karena saat itu drama ini masih kalah populer dari Uttaran. Tetapi, setelah Uttaran berakhir dan digantikan oleh drama-drama Bollywood seperti Gopi dan Thapki, rating Anandhi masih stabil di kisaran 2,3/13,2, hingga sekarang.

6. Uttaran

Serial drama “Uttaran” tidak hanya mencatatkan rekor sebagai drama India dengan rating tinggi selama kurang lebih 3 tahun penayangan. Kisah Ichcha dan Tapasya ini juga menjadi satu-satunya drama India yang ditayangkan oleh ANTV dengan durasi lebih dari 4 jam. Selama ditayangkan, rating “Uttaran” berkisar pada angka 2,7% dan share 13,5% meski saat ini sudah tidak lagi tercantum di jadwal ANTV hari ini.

7. Mohabbatein

Dalam waktu 4 bulan, “Mohabbatein” cukup punya ‘prestasi’ dalam mempertahankan peringkat rating di kisaran lima besar. Hingga akhir November 2016, drama ini mencapai rating 2,8% dan share 11,5%. Selain serial drama ini ANTV juga sudah menghadirkan serial India terbarunya yang berjudul Archana Mencari Cinta. Melihat kesuksesan serial serupa yang sudah tayang sebelumnya, maka serial ini berpotensi untuk membuat para pemirsa betah nonton berjam-jam di depan layar kaca TV setiap harinya.

8. On The Spot

Trans7 harus bangga bahwa acara yang menjadi ‘ikon’ stasiun televisi ini bertahan dengan perolehan rating apik sejak ditayangkan pada 2008. Hingga awal Desember 2016, rating acara ini mencapai 2,7% dan share 11,3%. Program ini merupakan salah satu acara Trans7 unggulan di sore hari dan sudah berhasil tayang selama beberapa tahun terakhir dengan rating yang lumayan bagus.

9. Adit & Sopo Jarwo

Siapa sangka film animasi produksi anak negeri ini bertahan di sepuluh besar acara dengan rating tertinggi selama dua tahun berturut-turut? Memang, perolehan rating drama ini belum mengungguli drama-drama India yang ditayangkan di ANTV. Tetapi, tak banyak program acara yang bisa bertahan dengan rating apik dalam waktu lebih dari dua tahun. Rating Adit & Sopo Jarwo mencapai 2.6/11.6 di awal Desember 2016.

10. Upin & Ipin

Keunikan cerita dari si kembar Upin dan Ipin membuat film animasi dari negeri jiran Malaysia ini bertahan di peringkat 10 besar rating acara televisi sejak tahun 2007. Hal ini berarti, “Upin & Ipin” siap mempertahankan reputasinya sebagai film animasi dengan rating tinggi selama sepuluh tahun. Hingga awal Desember 2016, rating film ini mencapai 2,6% dan share 14,5%,

Loading...

Add Comment