14 Api Abadi Yang Terus Menyala dan Tak Pernah Padam di Dunia

Follow Follow @wowasiknyacom

Api Abadi adalah salah satu fenomena alam paling mengagumkan yang pernah terjadi di dunia. Dinamakan ” Api Abadi “, karena api-api ini selalu menyala tanpa diketahui secara pasti, kapan api ini akan padamnya.

Biasanya, api yang muncul dari dalam tanah ini disebabkan oleh kandungan mineral bumi, dalam jumlah yang banyak di sekitar api abadi tersebut, seperti gas alam, batubara, atau mineral bumi lainnya yang mudah terbakar.

Nah, mineral bumi yang mudah terbakar inilah yang membuat api tersebut selalu menyala sepanjang waktu dan tak pernah padam. Lantas, seperti apa dan dimana saja api abadi tersebut? berikut ulasannya.

1. Baba Gur di Irak

Api Abadi

Baba Gur di Irak via guzlint.blogspot.co.id

Tempat ini pertama kali ditemukan pada tahun 1927 di sebuah ladang minyak. Dimana, sebelum ditemukannya ladang minyak Ghawar di Arab Saudi pada tahun 1948, ladang minyak ini adalah yang terbesar saat itu.

Konon katanya, Baba Gur di Irak ini sudah berusia sekitar 4.000 tahun. Bahkan penulis Yunani kuno yakni Herodotus yang hidup pada tahun 484-425 juga pernah menyinggung dan mengambarkan api abadi di Irak ini.

Api Baba Gur ini berasal dari gas alam yang berupa kumpulan hidrokarbon cair, kemudian merembes diantara celah-celah bebatuan di sekitar tempat tersebut. Hal ini pernah dijelaskan dalam ” The American Journal of Science “ edisi tahun 1939.

2. Chestnut Ridge Park di Amerika Serikat

Api Abadi

Chestnut Ridge Park di Amerika Serikat via wikimedia.org

Chestnut Ridge Park merupakan salah satu api abadi paling mengagumkan, sebab lokasinya sangat dekat dengan air terjun, lebih tepatnya berada di belakang air terjun. Walaupun begitu, api ini tidak pernah padam.

Uniknya, di tempat ini memang mengandung cukup banyak sumber minyak bumi seperti Etana dan Propana. Tapi sejauh ini, para peneliti belum mengetahui secara pasti bagaimana api ini bisa terus menyala di tempat seperti ini.

Dikatakan, tanah tempat api menyala tersebut tidak cukup panas agar bisa menjaga api tersebut tidak padam. Sampai sekarang, nyala api di dekat air terjun ini masih menjadi sebuah misteri bagi siapapun di dunia.

3. Water And Fire Cave di Taiwan

Api Abadi

Water And Fire Cave di Taiwan via islandsidechronicles.wordpress.com

Api abadi di Guanziling, Taiwan ini merupakan hasil dari gas Metana yang ada disekitar tempat tersebut. Konon katanya, api ini sudah ada sejak tahun 1701, artinya api sudah menyala kurang lebih 300 tahun.

Uniknya, api ini tetap menyala dan tak pernah padam, walaupun disebelahnya ada sumber mata air. Mungkin suatu saat nanti api ini akan padam, mengingat ukuran api-nya semakin lama semakin kecil dari awalnya ditemukan sekitar 3 meter.

4. Yanar Dag di Azerbaijan

Api Abadi

Yanar Dag di Azerbaijan via wikimedia.org

Yanar Dag atau kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya ” gunung terbakar “ adalah sebuah gunung setinggi 116 meter yang terletak sekitar 25 km di sebelah timur kota Baku, Azerbaijan.

Terkadang api disini memiliki bentuk yang cukup unik yang diakibatkan oleh hembusan angin disekitar gunung tersebut. Salah satunya yaitu Pegas Terbakar atau bahasa warga setempat sering menyebutnya ” Yanar Bulaq¬†“.

Tidak diketahui secara pasti, kapan api di gunung ini mulai menyala. Tapi yang jelas, beberapa penjelajalah terkenal jaman dulu seperti Alexandre Dumas dan Marco Polo pernah menulis tentang Yanar Dag dalam catatan perjalanannya.

5. Tambang Batubara Jharia di India

Api Abadi

Tambang Batubara Jharia di India via wikipedia.org

Jharia adalah salah satu tambang batubara terbesar di India yang kini seperti lautan api. Ceritanya di mulai pada tahun 1970, dimana waktu itu negara India mecoba mempraktekan cara penambangan batubara secara terbuka.

Cara ini sebenarnya cukup beresiko, karena batubara akan terpapar dengan oksigen secara langsung dan mudah terbakar. Dan benar, batubara di tambang tersebut terbakar dan terus menjalar ke 70 area tambang lain di sekitarnya, hingga tidak bisa dipadamkan.

Kini, api abadi hasil kelalaian manusia di bekas tambang batubara Jharia di India ini sudah menjadi salah satu penghasil polusi karbon dioksida terbesar di dunia.

6. Door To Hell di Turkmenistan

Api Abadi

Door To Hell di Turkmenistan via wikipedia.org

Kurang lebih sama dengan bekas tambang batubara Jharia di India, api abadi di Gurun Karakum, Darweze, Turkmenistan yang dikenal dengan sebutan ” Door To Hell “ ini juga disebabkan oleh kelalaian manusia.

Ceritanya bermula pada tahun 1971, dimana pada waktu itu ada beberapa ahli geologi Uni Soviet yang melakukan pengeboran di sebuah tempat yang penuh dengan gas Metana. Tapi, tanah di tempat mengeboran tersebut tiba-tiba runtuh dan meninggalkan lubang dengan diameter sekitar 70 meter.

Untuk menghindari gas beracun yang berasal dari gas Metana, mereka memutuskan membakar gas tersebut. Mereka berharap, api akan menghabiskan gas alam tersebut dalam hitungan hari, tapi sampai saat ini, tempat tersebut masih menyala dan tidak diketahui kapan api tersebut akan padam.

7. South Island di Selandia Baru

Api Abadi

South Island di Selandia Baru via bbc.com

Walaupun api abadi ini sudah ada sejak tahun 1920-an, tapi tidak banyak orang yang tahu keberadaan api yang tak pernah padam ini. Lokasinya berada diperdalaman hutan di Murchison, South Island, Selandia Baru.

Masyarakat setempat menyebut api ini dengan sebutan ” Blow Gas “. Mereka yakin kalau api yang tidak pernah padam ini disebabkan oleh kebocoran gas alam. Uniknya, walaupun terus menyala sepanjang waktu, tapi ketika hujan, api ini akan padam, dan kembali menyala ketika hujan sudah reda.

8. Kuil Jwalamukhi Devi di India

Api Abadi

Kuil Jwalamukhi Devi di India via ramanan50.wordpress.com

Jwalamukhi Devi adalah sebuah kuil di India, dimana di dalam kuil tersebut ada api abadi dengan kisah legenda yang sangat terkenal. Konon katanya, kuil ini didedikasikan buat dewi kebahagiaan agama Hindu yaitu Dewi Daksayani atau Dewi Sati.

Ceritanya, Prajapati Daksa yang merupakan ayah Sati mempermalukan putrinya tersebut di sebuah pesta, karena tidak merestui cinta Sati dengan Siwa. Hal inilah yang membuat Sati bunuh diri dengan cara membakar tubuhnya. Nah, kisah legenda ini yang merupakan cikal bakal api abadi di kuil Jwalamukhi Devi, India ini.

Indonesia juga punya api yang tidak pernah padam, untuk melihatnya klik NEXT

Loading...

Add Comment