Ini Dia 7 Jenis Kain yang Cocok untuk Pilihan Baju Gamis

Jenis Kain Baju Gamis

Untuk membuat sebuah baju gamis, diperlukan material kain yang sesuai. Material kain yang digunakan tidak hanya mengikuti warna atau desain saja melainkan juga mengikuti kebutuhan oleh pengguna baju gamis tersebut.

Lalu, jenis material kain apa sajakah yang bisa digunakan untuk membuat baju gamis? Berikut ini beberapa diantaranya:

Kain Sutra

Salah satu kain yang biasa digunakan untuk membuat baju gamis adalah kain sutera. Kain sutera dikenal memiliki kelembutan yang terbaik dan alami karena terbuat dari ulat sutera. Karakteristik dari kain ini selain lembut juga memiliki tekstur yang dingin dan menunjukkan kesan mewah ketika digunakan.

Pembuatan gamis yang berasal dari material kain sutera biasanya ditujukan untuk acara-acara resmi seperti pesta pernikahan. Baju gamis dengan material kain sutra merupakan baju gamis yang eksklusif dan memiliki nilai jual tinggi

Kain Satin

Kain satin seringkali disebut sebagai kain sutra sintetis karena memiliki karakteristik yang mirip dengan kain sutra. Perbedaanya, kain satin terbuat dari serat buatan yaitu polyester tidak seperti kain sutra yang terbuat dari material serat sutra.

Karena kerap kali dianggap sebagai kain sutra sintetis, baju gamis yang terbuat dari material kain satin biasa digunakan pada saat pesta karena menimbulkan kesan mewah seperti halnya kain sutra asli.

Kain Katun

Kain lainnya yang biasa digunakan untuk membuat baju gamis adalah kain katun. Kain katun terkenal memberikan rasa sejuk ketika digunakan karena dapat menyerap keringat dengan baik. Selain itu, kain katun juga tergolong tidak mudah kusut ketika disimpan dalam lemari penyimpanan.

Warna baju gamis yang dibuat dari material kain katun juga tidak luntur. Sayangnya, kain katun memiliki kekurangan yakni karakteristiknya yang agak kaku dan jika disimpan dalam ruangan dengan tingkat kelembaban yang tinggi akan mudah berjamur.

Kain Sutra Cina

Tak hanya terbuat dari material sutra alami, baju gamis yang biasa dijual dipasaran juga ada yang terbuat dari kain sutra cina. Kain sutra cina berasal dari hasil tenun yang dibuat sederhana.

Kain ini memiliki bobot yang cukup ringan namun tergolong tebal ketika dipegang. Seperti halnya kain sutra alami, kain sutra cina juga memiliki karakteristik yang sangat lembut namun memiliki permukaan yang polos dan tidak memiliki tekstur.

Kain Saudi

Material kain lainnya yang biasa digunakan untuk membuat baju gamis adalah kain Saudi. Kain ini memiliki karakteristik yang lebih halus dan dingin jika dibandingkan dengan kain sutra cina. Biasanya, baju gamis yang menggunakan kain Saudi memiliki berbagai macam warna seperti hitam, coklat tua, pink dll.

Kain Wolpeach

Kain berikutnya yang biasa digunakan sebagai material pembuat baju gamis adalah kain wolpeach. Sepintas kain ini mirip dengan kain Saudi namun memiliki sifat yang lembut dan lebih tebal. Karena dibuat dari material yang tebal, baju gamis yang terbuat dari kain wolpeach tidak akan menerawang ketika digunakan.

Kain Jersey

Kain terakhir yang biasa digunakan untuk membuat baju gamis adalah kain jersey. Kain jersey digunakan karena memiliki karakteristik kain yang tebal. Karena tergolong tebal, kain ini sangat cocok jika diterapkan pada baju gamis syar’i agar tidak menerawang. Selain itu, kain jersey juga memiliki kelebihan lain yakni elastis dan mudah jatuh.

Itulah berbagai jenis material kain yang biasa digunakan untuk membuat baju gamis. Terbuat dari material kain apakah baju gamis yang Anda miliki?

Loading...

Add Comment