5 Buah Unik Hasil Persilangan

Buah-buahan ternyata tidak cuma dapat dipanen lewat proses alami, tapi juga bisa dengan cara rekayasa (hibrida). hibrida merupakan istilah yang mengarah terhadap generasi hasil persilangan antara dua atau lebih populasi tanaman yang berbeda.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi memungkinkan terciptanya kombinasi antara tanaman yang berlainan jenis. Para ahli tanaman botani bereksperimen untuk menciptakan tanaman dengan percampuran rasa yang unik.

Tidak Cuma diciptakan dengan rekayasa genetika, ada juga persilangan buah yang terjadi dengan cara alami.Nah, berikut ada beberapa jenis buah-buahan ini mempunyai rasa tidak biasa, tidak sesuai dengan penampilan luarnya.

1. Grapple

Buah Unik Hasil Persilangan

dailymail.co.uk

Buah ini adalah hasil dari persilangan buah anggur dan apel. Wujudnya seperti buah apel fuji, dengan kulit buah merah kekuningan. Meski demikian rasanya seperti buah anggur. Grapple adalah hasil rekayasa Todd Snyder of C&O Nursery. Mereka menyuntikkan perasa anggur ke dalam buah apel buat memberikan sensasi rasa yang berbeda.

2. Cotton Candy Grapes

Buah Unik Hasil Persilangan

youtube.com

Sesuai dengan namanya, Cotton Candy Grapes merupakan buah anggur hijau yang mempunyai rasa seperti gula kapas. Anggur ini ialah varian product buah segar dalam kemasan yang didistribusikan oleh Grapery.

Cotton Candy Grapes adalah hasil kreasi dari ahli hortikultura David Cain dengan tim ahlinya di International Fruit Genetics, Bakersfield, California.

Anggur ini tidak ditambahkan perasa buatan atau diciptakan dengan tehnologi rekayasa genetik. Rasa anggur yang unik didapatkan lewat proses persilangan varietas tanaman anggur yang 100 persen alami.

3. Paradis Sparkling

Buah Unik Hasil Persilangan

dailymail.co.uk

Paradis Sparkling merupakan varietas buah apel yang mempunyai rasa seperti minuman soda. Buah unik ini adalah hasil persilangan dari apel Resi yang bercitarasa manis dan apel Pirouette Inggris. Varietas baru ini ditemukan oleh para ahli dari pembibitan buah di Swiss, Lubera. Mereka menemukannya setelah melaksanakan penelitian selama 10 tahun.

4. AusFestival

Buah Unik Hasil Persilangan

dailymail.co.uk

AusFestival merupakan varietas buah nanas yang mempunyai rasa seperti buah kelapa. Lantaran itulah ia sering dinamakan Nanas pinacolada, sesuai nama cocktail dari Spanyol yang berbahan dasar nanas dan santan.

Buah ini sama sekali tak terasa asam. Rasanya manis khas kelapa dengan tekstur berair. AusFestival tercipta dengan cara tidak sengaja, diwaktu para ilmuwan di Queensland mau membuat varietas nanas yang bebas rasa asam.

5. Lemato

Buah Unik Hasil Persilangan

tahupedia.com

Peneliti Israel membuat tomat rekayasa genetika dengan rasa lemon dan mawar juga aroma geranium dan serai. Warna merah pada tomat ini tidak pekat sebab kandungan lycopene-nya cuma setengah dari tomat biasa. Tetapi, masa simpannya lebih lama serta memerlukan lebih sedikit pestisida diwaktu ditanam.

Baca juga: Ini Dia 10 Cabe Terpedas di Dunia, Siapa Yang Berani Mencobanya?

Loading...

Add Comment