11 Burung Yang Tidak Bisa Terbang! Salah Satunya dari Indonesia!!

Like Fan Page @wowasiknyacom

Burung merupakan hewan Vertebrata (hewan bertulang belakang) yang mempunyai bulu dan sayap. Makanya, ada beberapa orang yang beranggapan bahwa semua jenis burung adalah hewan yang bisa terbang. Padahal, kenyataan ada beberapa jenis burung yang tidak bisa terbang.

Burung memang sudah ada sejak jaman prasejarah, hal ini diketahui dari penemuan fosil burung pertama kali di Jerman yang diberi nama ” Archaeopteryx “. Tapi, ada beberapa jenis burung yang berevolusi dan kehilangan kemampuan terbangnya.

Umumnya, kebanyakan jenis burung yang tidak bisa terbang ini, bisa bertahan hingga sekarang karena sedikitnya hewan pemangsanya. Lantas, jenis burung apa saja yang tidak bisa terbang tersebut? Berikut ulasannya

1. Kakapo

Burung Yang Tidak Bisa Terbang

Kakapo via wikimedia.org

Jenis burung yang tidak bisa terbang pertama yaitu burung Kakapo. Burung yang sering jadi hewan peliharaan ini termasuk spesies burung nuri besar, dan satu-satunya yang tidak bisa terbang diantara spesies burung nuri.

Burung Kakapo biasanya beraktivitas di malam hari dan sering berada di daratan. Pejantan burung Kakapo juga tidak punya rasa kekeluargaan, dimana pada masa kawinnya, umumnya dia memiliki 2 atau lebih betina. Jenis burung ini sudah diambang kepunahan.

2. Tasmanian Nativehen

Burung Yang Tidak Bisa Terbang

Tasmanian Nativehen via wikipedia.org

Jenis burung yang tidak bisa terbang berikutnya yaitu Tasmanian Nativehen. Burung Tasmanian Nativehen merupakan salah satu jenis burung Endemik di Austarlia. Jenis burung ini bisa ditemukan di pulau Tasmania, Australia.

Ada beberapa jenis hewan yang punah karena ulah manusia, tapi berbeda dengan burung Tasmanian Nativehen di pulau Tasmania ini, yang justru mendapatkan keuntungan dari kegiatan Agikultural di pulau Tasmania.

3. Kiwi

Burung Yang Tidak Bisa Terbang

Kiwi via wikimedia.org

Burung Kiwi merupakan salah satu jenis burung endemik di New Zealand yang tidak bisa terbang. Berdasarkan ukuran unggas lokal di New Zealand, burung Kiwi adalah burung paling kecil dengan telur terkecil di dunia.

Walaupun burung ini merupakan salah satu simbol New Zealand, tapi burung ini kini sudah terancam punah, karena habitatnya terus berkurang. Untuk menyelamatkan burung langka ini, pemerintah New Zealand menjadikan hutan tempat habitat burung ini dan hewan lainnnya sebagai taman nasional.

4. Galapagos Cormorant

Burung Yang Tidak Bisa Terbang

Galapagos Cormorant via wikimedia.org

Burung Galapagos Cormorant atau dikenal juga dengan sebutan burung Flightless Cormorant adalah salah satu jenis burung asli di pulau Galapagos. Burung ini merupakan satu-satunya dari spesies Cormorant yang kehilangan kemampuan terbangnya.

Umumnya, jenis burung ini tidak pernah berada lebih dari 100 meter dari daratan. Karena jumlahlah diperkirakan hanya ada sekitar 1500 ekor saja di dunia, kini, jenis burung ini masuk ke dalam program konservasi pemerintah setempat.

5. Emu

Selain burung Tasmanian Nativehen di pulau Tasmania, ada satu lagi jenis burung yang tidak bisa terbang asal negara Australia yaitu burung Emu. Ada tiga subspesies Emu yang bisa ditemukan dengan mudah di Australia.

Karakteristik hewan yang umumnya menghindari tempat yang memiliki banyak populasi ini, mempunyai leher panjang dan kaki yang panjang. Makanya, tidak heran jika jenis burung ini merupakan jenis burung tertinggi kedua di dunia setelah burung Unta.

Walaupun tidak bisa terbang, tapi burung Emu bisa berlari dengan cepat yaitu bisa mencapai 70 km perjam. Keunikan lainnya dari burung Emu, dia bisa tidak makan dan tidak minum selama kurang lebih satu minggu. Wow…

6. Rhea

Burung Yang Tidak Bisa Terbang

Rhea via wikimedia.org

Rhea merupakan salah satu jenis burung yang tidak bisa terbang dari Amerika Selatan, dimana diketahui ada dua spesies yang belum punah yaitu Greater Rhea (Amerian Rhea), dan Lesser Rhea (Darwin’s Rhea).

Karakteristiknya kurang lebih sama dengan burung Emu di Australia atau burung Unta di Afrika, bedanya burung Rhea ini hanya memiliki 3 jari di kakinya. Selain itu, burung ini juga mengeluarkan air seninya dari tempat yang berbeda (dari cloaca).

Greater Rhea (Amerian Rhea), umumnya lebih menyukai tempat yang terbuka dan dekat perairan, sedangkan Lesser Rhea (Darwin’s Rhea) lebih sering ditemukan berada di semak-semak, padang rumput, bahkan juga sering ditemukan di gurun.

7. Kasuari

Burung Yang Tidak Bisa Terbang

Kasuari via wikimedia.org

Jenis burung yang tidak bisa terbang selanjutnya yaitu Kasuari. Sekarang ini, masih terdapat 3 spesies burung Kasuari di dunia, tapi yang paling umum ditemukan yaitu Kasuari Selatan yang merupakan jenis burung terbesar ketiga setelah burung Unta dan burung Emu.

Seperti burung Emu dan burung Tasmanian Nativehen, burung Kasuari juga termasuk salah satu burung asli negara Autralia. Habitatnya berada di hutan tropis di negara bagian New Guinea (bagian timur Autralia).

Burung Kasuari juga dikenal sangat pemalu, makanya jangan pernah coba-coba untuk menganggunya kalau tidak mau celaka. Karena hal ini pulalah, burung ini dimasukan ke dalam jenis burung paling berbahaya di dunia.

8. Burung Unta

Burung Yang Tidak Bisa Terbang

Burung Unta via pixabay.com

Burung Unta atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama ” Ostrich “ adalah jenis burung terbesar di dunia yang tidak bisa terbang. Burung Unta ini merupakan salah satu jenis burung asli benua Afrika.

Burung Unta juga masih satu keluarga dengan burung besar lainnya seperti burung Emu, Rhea, Kiwi, dan Kasuari yaitu Struthioniformes. Walaupun tidak bisa terbang, tapi kecepatan berlarinya bisa mencapai 70 km perjam.

Diketahui, ada 5 subspesies burung Unta, satu di antaranya sudah punah, satu lagi diambang kepunahan, dan tiga sisanya masih bisa ditemukan dengan mudah. Umumnya, hidupnya berkelompok dan terus berpindah-pindah tempat.

9. Takahe

Burung Yang Tidak Bisa Terbang

Takahe via wikimedia.org

Selain burung Kiwi, ada satu lagi jenis burung yang tidak bisa terbang asal New Zealand yaitu burung Takahe. Jenis burung yang kadang juga disebut ” Takahe Pulau Selatan “ ini sudah pernah diperkirakan punah.

Tapi, setelah dilakukan percarian, akhirnya jenis burung ini ditemukan kembali pada tanggal 20 November 1948 di Danau Te Anau (pegunungan Muchison) oleh Geoffrey Orbell. Penemuan inilah yang menyatakan kalau jenis burung ini belum punah.

10. Penguin

Burung Yang Tidak Bisa Terbang

Penguin via wikimedia.org

Burung Penguin juga termasuk burung yang tidak bisa terbang tapi bisa berenang, hal ini tentunya dipengaruhi tempat habitatnya seperti di kutub selatan (Antartika). Umumnya, Penguin menghabiskan setengah waktunya berada di air, dan setengahnya lagi berada di daratan.

Walaupun sering ditemukan di daerah dingin seperti di kutub selatan (Antartika), ternyata ada beberapa jenis burung Penguin yang bisa ditemukan di daerah yang lebih hangat, salah satunya yaitu Penguin Galapagos.

11. Maleo

Burung Yang Tidak Bisa Terbang

Maleo via wikimedia.org

Jenis burung yang tidak bisa terbang terakhir yaitu burung Maleo. Burung yang berukuran panjang sekitar 50 cm dan memiliki ciri khas tonjolan besar dikepala ini bisa ditemukan di pulau Sulawesi, Indonesia.

Umumnya, burung ini bisa ditemukan di kawasan pantai yang memiliki pasir agak panas, tapi bisa juga ditemukan di hutan tropis yang memiliki sumber air panas atau daerah yang mempunyai geothermal tertentu.

Nah, itulah beberapa jenis burung yang tidak terbang. Umumnya, kebanyakan jenis burung ini adalah hasil evolusi dari spesies sebelumnya yang kehilangan kemampuan untuk terbang.

Loading...

Add Comment