Ini Dia 7 Candi Terbesar di Dunia, 2 di Antaranya Ada di Indonesia

Candi merupakan sebuah bangunan spiritual agama Hindu dan Budha. Bangunan ini sejatinya adalah tempat spiritual, tempat ibadah atau tempat pemujaan dewa-dewi dalam kepercayaan agama Hindu dan Budha.

Di Indonesia sendiri, banyak sekali ditemukannya candi-candi yang merupakan peninggalan dari masa peradaban Hindu dan Budha yang pernah berkembang pesat di Nusantara sebelum masuknya ajaran agama Islam.

Selain Indonesia, ternyata beberapa negara lain di dunia juga memiliki candi dengan ukuran yang luar biasa, bahkan ada yang lebih besar dari candi Borobudur dan Prambanan milik Indonesia. Lantas, candi apa saja yang terbesar di dunia? berikut ulasannya

1. Angkor Wat – Kamboja

Candi Terbesar di Dunia

Angkor Wat via wikimedia.org

Kamu mungkin pernah mendengar betapa eksotis dan megah nya bangunan bercorak Hindu dan Budha yang berdiri megah di negara Kamboja ini. Angkor Wat merupakan komplek candi terbesar di dunia.

Sesuai dengan namanya yaitu Angkor Wat (kota candi), disini banyak bangunan bangunan candi yang bertebaran. Komplek candi ini dibangun sebagai persembahan untuk Raja Suryawarman II yang digunakannya sebagai pusat pemerintahan dan tempat tinggalnya saat itu.

2. Borobudur – Indonesia

Candi Terbesar di Dunia

Borobudur via wikimedia.org

Kalau candi yang satu ini pasti kamu mengetahuinya, bahkan mungkin sudah pernah mengunjungi candi bercorak Budha ini. Candi Borobudur pernah tercatat sebagai 7 keajaiban dunia versi UNESCO yang kemudian menjadi salah satu ikon budaya Indonesia.

Candi yang dibangun saat wangsa Sailendra berkuasa ini merupakan candi terbesar di dunia setelah candi Angkor Wat dan candi terbesar di Asia Tenggara.

3. Tiger’s Nest Monastery – Bhutan

Candi Terbesar di Dunia

Tiger’s Nest Monastery via wikimedia.org

Tiger’s Nest Monastery adalah sebuah biara yang berdiri megah di atas pinggir tebing Paro Valley yang merupakan kawasan paling suci di negara Bhutan. Biara ini juga sudah menjadi ikon wisata negara Bhutan walaupun masih dibatasi untuk wisatawan.

4. Sri Ranganathaswamy – India

Candi Terbesar di Dunia

Sri Ranganathaswamy via wikimedia.org

Candi Sri Ranganathaswamy merupakan candi hindu terbesar di India dan salah satu candi terbesar di dunia saat ini. Candi yang berdiri megah diatas tanah seluas 156 hektar ini dibangun pada abad ke 17 sebagai persembahan untuk dewa Ranganatha. Selain itu, candi ini juga merupakan salah satu tempat destinasi utama di Tamil Nadu, India.

5. The Temple of Heaven – Tiongkok

Candi Terbesar di Dunia

The Temple of Heaven via wikimedia.org

The Temple of Heaven adalah sebuah kuil Tao yang berdiri megah di Beijing, China. Kuil ini dibangun oleh kaisar Yongle dari dinasti Ming yang dijadikannya sebagai tempat pribadi untuk dia berdoa saat itu.

Struktur bangunan ini sangat unik dan sarat dengan makna, dimana bagian bangunan yang berbentuk bulat bermakna Surga dan tingkat tanah persegi bermakna Bumi. Selain itu, kuil The Temple of Heaven juga merupakan bagian UNESCO World Heritage Site.

6. Prambanan – Indonesia

Candi Terbesar di Dunia

Prambanan via wikipedia.org

Sama dengan Angkor Wat, Prambanan juga merupakan salah satu komplek candi terbesar di dunia yang dibangun pada abad ke 9. Selain itu, Candi Prambanan juga merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia.

Candi ini dibangun untuk melambangkan dewa Trimurti (tiga dewa utama ajaran agama Hindu) yaitu Dewa Syiwa (dewa penghancur), Dewa Wisnu (dewa Pemelihara) dan Dewa Brahma (dewa Pencipta).

7. Wat Rong Khun – Thailand

Candi Terbesar di Dunia

Wat Rong Khun via wikimedia.org

Candi Wat Rong Khun berada di kota Chiang Rai yang mulai dibangun pada tahun 1997 dan dirancang oleh Chalermchai Kositpipat. Tapi hingga saat ini candi Wat Rong Khun masih dalam menjalani proses renovasi dan perluasan bangunan.

Baca juga: 10 Candi Peninggalan Kerajaan Majapahit Yang Menarik Diketahui

Loading...

Add Comment