5 Fakta Unik Danau Natron, Danau Yang Mengubah Hewan Jadi Batu

Tak selamanya danau itu menyuguhkan nuansa dan pemandangan yang menyenangkan, terkadang sebuah danau bisa jadi ancaman yang mematikan. Itulah yang ditawarkan oleh danau di utara Tanzania, yakni danau Natron.

Danau Natron merupakan danau garam yang terletak di utara Tanzania, dekat dengan perbatasan Kenya, dan disebelah utara timur dari kawah Ngorongoro, di Lembah Rift, Afrika. Terletak diantara bukit vulkanik dan kawah yang dalam.

Berbeda dari danau dengan danau kebanyakan, yang biasanya jadi pusat tempat tinggal dan berkembang biak bagi banyak spesies hewan dan tumbuhan, maka di danau ini justru sebaliknya adalah neraka bagi makhluk hidup.

Berikut adalah 5 Fakta Unik Danau Natron, Danau Yang Mengubah Hewan Jadi Batu :

1. Hewan Berubah Jadi Batu

Danau ini memiliki kandungan alkali (kebasaan) PH hingga mencapai 10,5 dengan suhu atau temperatur air mencapai 60 derajat celsius. karena hal itulah membuat semua hewan yang terendam di danau Natron akan berubah jadi seperti batu, seperti sebuah patung yang dicetak dalam adonan semen.

2.Memiliki Kandungan Senyawa Alami Yang Berbeda

Danau Natron memiliki kandungan garam dan soda yang sangat tinggi. tapi garam pada danau ini tak seperti garam masak yang terdapat di laut. Kandungan senyawa yang ada pada garam tersebut sama seperti senyawa yang terkandung dalam abu vulkanik. Sedangkan mineral yang ada di garam tersebut sama dengan yang dipakai orang Mesir kuno untuk membuat Mumi.

3. Terbentuk Karena Letusan Gunung Api

Senyawa kandungan pada danau yang berbeda itu dikarenakan ada campuran unsur yang berasal dari sebuah gunung api Ol Doinyo Lengai yang terletak di selatan danau Natron. Gunung api Ol Doinyo Lengai pernah meletus kurang lebih delapan kali dari tahun 1883, letusan terakhir pada 2007.

4. Gunung Api Ol Doinyo Lengai

Ol Doinyo Lengai merupakan satu-satunya gunung di Planet ini yang dalam letusannya memuntahkan “natrocarbonatite” yang kaya akan kalium karbonat, nyerereite, sodium,dan gregoryite. Pada umumnya gunung berapi lain akan memuntahkan kandungan silikat, sementara senyawa “natrocarbonatite” mempunyai kadar jauh lebih asin dari silikat.

5. Species Yang Dapat Hidup Di Danau Natron

Walaupun danau ini di klaim sebagai danau yang dapat mengubah struktur fisik hewan terlihat kering seperti masuk dalam adonan semen, tapi ada beberapa spesies seperti invertebrata, bakteri, alga dan ikan sejenis nila yang dapat bertahan hidup di sepanjang tepian danau yang kadar keasinannya rendah.

Baca juga: 9 Danau Terindah Sekaligus Berbahaya Di Dunia

Loading...

Add Comment