Inilah 13 Danau Terdalam di Dunia! Dua Diantaranya Ada di Indonesia!!

Danau adalah sebuah cekungan besar di permukaan tanah yang digenangi air, bisa air tawar dan bisa juga air asin, dalam jumlah yang cukup banyak. Dimana, hampir disetiap sudut cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan.

Pembentukan danau pun ada bermacam-macam, ada yang terbentuk karena aktivitas vulkanik, ada juga yang terbentuk akibat penurunan, pergeseran, dan patahan permukaan bumi, dan ada juga danau yang sengaja dibuat (danau buatan).

Danau terdalam di dunia saat ini yaitu danau Baikal di Russia dengan kedalaman mencapai 1.637 meter. Tapi, selain danau Baikal, ada beberapa danau lainnya yang tidak kalah dalamnya. Lantas, danau apa saja yang terdalam di dunia? berikut ulasannya

13. Tahoe di Amerika Serikat (501 meter)

Danau Terdalam di Dunia

Danau Tahoe di Amerika Serikat via wikimedia.org

Tahoe adalah sebuah danau air tawar yang berada di pegunungan Sierra Nevada, perbatasan antara California dan Nevada di Amerika Serikat. Danau ini juga termasuk danau terdalam kedua di Amerika Serikat yaitu sekitar 501 meter.

12. Danau Toba di Indonesia (505 meter)

Danau Terdalam di Dunia

Danau Toba di Indonesia via wikimedia.org

Danau terdalam di dunia selanjutnya yaitu Danau Toba di Indonesia, yang kedalamannya mencapai sekitar 505 meter. Danau Toba terbentuk akibat dari aktivitas vulkanik yang terjadi berjuta-juta tahun yang lalu.

Selain itu, danau yang ditengahnya ada sebuah pulau bernama pulau Samosir ini termasuk danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, dengan panjangnya mencapai sekitar 100 km dan lebar sekitar 30 km.

11. Danau Matano di Indonesia (590 meter)

Danau Terdalam di Dunia

Danau Matano di Indonesia via wikipedia.org

Selain Danau Toba, ada satu lagi danau di Indonesia yang masuk daftar danau terdalam di dunia ini yaitu Danau Matano di Sulawesi Selatan. Danau yang memiliki kedalaman sekitar 590 meter ini terbentuk akibat aktivitas tektonik. Danau Matano juga merupakan danau terdalam di Indonesia dan danau terdalam kedua di Asia Tenggara.

10. Great Slave Lake di Kanada (614 meter)

Danau Terdalam di Dunia

Great Slave Lake di Kanada via wikimedia.org

Danau terdalam di dunia selanjutnya yaitu Great Slave Lake di Kanada, dengan kedalamannya sekitar 614, 17 meter dan luasnya sekitar 10.502 mil. Danau ini juga termasuk danau yang indah dengan panorama yang memukau.

Diketahui, penduduk pertama di danau ini adalah penduduk asli Amerika yang terkenal suka mendirikan kamp di sekitar danau tersebut. Salah satu kamp yang ada sampai sekarang adalah kamp bernama ” Dettah “.

Danau ini pertama kali ditemukan oleh seorang penjelajah asal Inggris bernama Samuel Hearne pada tahun 1771. Saat itu, dia menyeberangi danau ini masih dalam keadaan membeku, dan dia juga menamai danau ini dengan nama ” Athapuscow “. Tapi kini, danau ini lebih populer dengan nama ” Great Slave Lake “.

9. Crater Lake di Amerika Serikat (654 meter)

Danau Terdalam di Dunia

Crater Lake di Amerika Serikat via wikipedia.org

Danau yang berada di negara bagian Oregon, Amerika Serikat ini sudah terbentuk sekitar 8000 tahun yang lalu. Danau indah sedalam 654,7 meter ini adalah salah satu danau yang sering dikunjungi wisatawan di Amerika Serikat.

Hujan dan penguapan adalah siklus alam yang membuat danau indah ini tetap bertahan hingga sekarang ini. Dulunya, danau ini sering disebut ” Deep Blue Lake “ atau ” Old Man of the Lake “. Tapi kini, danau ini lebih populer dengan nama ” Crater Lake “.

8. Issyk Kull di Kirgistan (668 meter)

Issyk Kull adalah sebuah danau yang berada di arah timur negara Kirgistan, dimana danau ini memiliki kedalaman sekitar 668,12 meter, dan terdapat 118 sungai yang mengalir ke danau Issyk Kull ini.

Istimewanya, walaupun danau ini sering ditutupi salju, tapi danau ini tidak pernah membeku. Selain itu, danau Issyk Kull juga merupakan danau penghasil garam terbesar kedua setelah laut Kaspia yang terkurung di antara benua Asia dan benua Eropa.

7. Malawi di Malawi, Mozambique, dan Tanzania (720 meter)

Danau Terdalam di Dunia

Danau Malawi di Malawi, Mozambique, dan Tanzania via wikimedia.org

Danau Malawi atau kadang sering juga disebut ” Danau Nyassa “ adalah danau terbesar ketiga di benua Afrika, dan danau terdalam kedua di benua Afrika, dengan kedalamannya yang mencapai sekitar 720 meter.

Danau beriklim tropis ini merupakan rumah bagi beberapa spesies kehidupan laut dan karang-karang batu yang tersebar di setiap sudut danau ini, dengan membentuk lanskap indah yang sangat menawan dan mempesona.

6. Pinatubo di Filipina (792 meter)

Danau Terdalam di Dunia

Danau Pinatubo di Filipina via wikimedia.org

Danau Pinatubo adalah salah satu danau terdalam di dunia yang berada di negara Filipina, sekaligus danau terdalam di Asia Tenggara hingga saat ini, dengan kedalamannya mencapai sekitar 792,48 meter.

Menariknya, Danau Pinatubo ini termasuk danau yang baru terbentuk, akibat letusan Gunung Pinatubo pada tahun 1991 silam. Kini, Danau indah ini sudah menjadi salah satu tujuan wisata di negara Filipina.

5. San Martin di Chili dan Argentina (836 meter)

Danau Terdalam di Dunia

San Martin di Chili dan Argentina via wikimedia.org

Danau terdalam di dunia selanjutnya yaitu San Martin, yang berada di dua negara sekaligus yaitu Chili dan Argentina. Penduduk Argentina menamai danau ini dengan sebutan ” San Martin “, sedangkan penduduk Chili menamainya dengan ” OHiggins “.

Terlepas dari pembagian wilayah danau tersebut, danau yang mempunyai kedalaman sekitar 836 meter ini memiliki karakteristik warna air yang unik. Hal ini disebabkan oleh proses suspensi batu-batuan di danau ini.

Masih penasaran danau terdalam di dunia lainnya? Untuk melanjutkan klik NEXT.

Loading...

Add Comment