Inilah 13 Danau Terdalam di Dunia! Dua Diantaranya Ada di Indonesia!!

4. Vostok di Antartika (1.005 meter)

Vostok adalah danau glasial terbesar di dunia yang berada di benua Antartika. Beberapa ilmuan asal Russia terus mengali danau ini demi mengungkap rahasia dan sejarah iklim bumi 400.000 tahun yang lalu.

Diperkirakan, kedalaman Danau Vostok sekitar 1005,84 meter, dan air danau tersebut juga sudah terisolasi selama antara 15-125 juta tahun. Angka-angka ini masih berupa perkiraan saja, karena danau tersebut berada sekitar 3474,72 dibawah lapisan es.

3. Laut Kaspia (3.363 meter)

Danau Terdalam di Dunia

Laut Kaspia via wikimedia.org

Laut Kaspia adalah kawasan perairan yang terkurung diantara benua Eropa dan benua Asia, dimana wilayahnya mencakup lima negara sekaligus, yaitu Russia, Azerbaijan, Turkmenistan, Kazakhstan, dan Iran.

Walaupun tidak mengandung air tawar, tapi Laut Kaspia yang memiliki kedalaman sekitar 3.363 meter sering dianggap sebagai danau. Hal ini karena karakteristiknya sebagai kumpulan air dikelilingi daratan.

Selain itu, Laut Kaspia juga mempunyai banyak nama di antaranya Mazadaran di Iran, dai Darya ye Khazar di persia.

2. Tanganyika di Kongo dan Zambia (4.823 meter)

Danau Terdalam di Dunia

Danau Tanganyika di Kongo dan Zambia via wikimedia.org

Danau terdalam di dunia selanjutnya yaitu Tanganyika di Kongo dan Zambia, dengan kedalamannya mencapai sekitar 4.823 meter. Selain itu, danau ini juga termasuk danau air tawar terpanjang di dunia saat ini.

Danau Tanganyika membentang memanjang dari negara Zambia hingga ke negara Kongo di Afrika Tengah. Warga di sekitar danau ini banyak memamfaatkan danau ini untuk mencari nafkah, seperti menjadi nelayan, dan lainnya

1. Danau Baikal di Russia (5.336 meter)

Danau Terdalam di Dunia

Danau Baikal di Russia via wikimedia.org

Inilah danau terdalam di dunia saat ini, yaitu Danau Baikal di Russia, atau lebih tepatnya berada di kawasan selatan Siberia (dekat Oblast), dengan kedalamannya mencapai sekitar 5.336 meter. Selain itu, danau ini juga merupakan danau tertua di dunia, dimana sudah ada sejak 25 juta tahun lalu. Wow…

Danau Baikal ini juga termasuk danau yang memiliki volume air yang cukup besar, sehingga banyak kalangan yang menganggap danau ini sebagai danau paling produktif di dunia, dimana danau ini bisa menghasilkan 20% dari jumlah air tawar di bumi.

Danau Baikal ini terbentuk dari retakan lembah akibat dari pergerakan dan pergeseran tanah. Kini, danau ini sudah menjadi objek wisata yang sangat menarik, bahkan UNESCO juga sudah memasukannya sebagai salah satu warisan dunia yang harus dilindungi.

Nah, itulah beberapa danau terdalam di dunia. Bagaimana tertarik datang kesana?

Loading...

Add Comment