9 Danau Terindah Sekaligus Berbahaya Di Dunia

Perasaan damai dan tenang serta rasa syukur apabila kita bisa mengunjungi danau yang masih belum disentuh oleh tangan nakal manusia. Air danau yang jernih dan tenang merupakan salah satu alasannya.

Sebuah danau dengan pemandangan yang indah, pastinya akan selalu menarik untuk dikunjungi, tapi bagaimana kalau danau-danau indah tersebut merupakan danau yang berbahaya untuk dikunjungi.

Ya, memang ada beberapa danau di dunia ini justru memberikan bahaya yang mematikan. Hal tersebut diakibatkan oleh unsur alamiah yang terkandung di danau tersebut seperti gas atau radiasi, dan ada beberapa juga disebabkan oleh tangan manusia.

Nah, berikut ini ada beberapa danau yang sebaiknya tidak kamu kunjungi dikarenakan bisa membahayakan diri kamu sendiri.

1. Boiling Lake

Danau Terindah Sekaligus Berbahaya Di Dunia

Boiling Lake via wikimedia.org

Boiling Lake atau Danau Mendidih, dari namanya saja danau ini sudah amat sangat mengerikan. Danau yang terletak di Pulau Karibia ini adalah danau air panas alami paling besar kedua di dunia. Suhu air berkisar antara 82-92 derajat Celcius. Walau begitu, belum ada penelitian yang mencari tahu berapa suhu air di tengah-tengah sumber air mendidih.

2. Mono Lake

Danau Terindah Sekaligus Berbahaya Di Dunia

Mono Lake via wikimedia.org

Danau ini terletak di kawasan Mono, California, Amerika Serikat. Danau yang mempunyai tingkat garam lumayan tinggi ini tak dihuni oleh ikan, melainkan udang dan lalat alkali.

Pada tahun 1941, perkembangan bisnis jadi penyebab beraneka ragam lalat alkali keracunan dengan karbonat, klorida, dan sulfat. Proyek restorasi dapat membutuhkan waktu puluhan tahun untuk kembali menjernihkan wilayah ini.

3. Lake Nyos

Danau Terindah Sekaligus Berbahaya Di Dunia

Lake Nyos via wikipedia.org

Pada tahun 1986, danau ini meledakkan karbon dioksida ke dalam air. Kandungan air pun berubah jadi asam karbonat. Peristiwa alam ini menewaskan ribuan orang dan hewan disekitar danau. Perihal ini dipicu lantaran kandungan karbon dioksida menyebabkan mereka kesulitan untuk bernapas.

Danau yang terletak di Nigeria ini juga menjadi ancaman kalau ledakan dapat meruntuhkan dinding dan air mengalir bebas ke semua desa. Perihal ini bisa jadi dapat menghancurkan sebagian penduduk Nigeria.

4. Ongeim’l Tketau

Danau Terindah Sekaligus Berbahaya Di Dunia

Ongeim’l Tketau via wikimedia.org

Danau Ubur ubur atau Ongeim’l Tketau merupakan sebuah danau laut yang terletak di pulau Eil Malk bagian dari Kepulauan Rock, diantara pulau tidak berpenghuni antara Koror dan Peleliu.

Tempat ini merupakan Danau Terindah Sekaligus Berbahaya Di Dunia di mana menjadi rumah bagi 20 juta ubur-ubur. Walaupun berbahaya danau ini tetap jadi surga bagi para penyelam untuk menyaksikan keindahannya.

Pada kedalaman 5 meter penyelam dihimbau berhati-hari sebab konsentrasi racun ubur-ubur yang sangat besar.

5. Berkeley Pit

Danau Terindah Sekaligus Berbahaya Di Dunia

Berkeley Pit via flickr.com

Dari kejauhan air permukaan danau di Butte, Montana ini kelihatan berwarna biru gelap dengan air yang tenang, indah dilihat mata. Namun warna itu sebenarnya cuma tipuan mata semata, karena air danau yang keruh memantulkan warna langit.

Danau ini dikenal sebagai danau paling mematikan di Amerika Serikat’. Menurut situs Ecoist, danau ini terkenal beracun. Sebenarnya Berkeley Pit bukanlah danau melainkan bekas sisa-sisa tambang yang menampung 40 milyar galon air asam dan kimia beracun, seperti tembaga, arsenik, kadmium, seng dan asam sulfat.

Danau ini telah dijadikan lokasi wisata, padahal hasil uji toksisitas memberi bukti tingkat kontaminasi yang cukup tinggi pada air danau tersebut.

6. Danau Natron

Danau Natron via wikipedia.org

Danau Natron adalah danau garam yang terletak di utara Tanzania, disekitar perbatasan Kenya. Air danau ini bersumber dari Sungai Ewaso Ng’iro dan mata ir panas mineral di dekatnya. Kedalamannya cuma kurang lebih tiga meter.

Yang menjadikannya unik yakni permukaan danau ini kelihatan seperti planet Mars yang kita bayangkan dalam cerita-cerita fiksi. Berwarna merah terang dengan permukaan penuh retakan. Kandungan garam di air danau ini jadi habitat sempurna dari halofili, mikro organisme yang bisa menghasilkan pigmen berwarna merah agar bisa berfotosintesis.

Tapi Sayang keadaan lingkungan didanau ini tidak baik untuk makhluk hidup lainnya. Wilayah didanau ini sangatlah gersang. tak ada hewan dapat bertahan hidup di danau natron. Kandungan alkalin yang tinggi dalam air danau menjadikan tubuh setiap makhluk hidup mengering seperti mumi.

7. Kawah hijau Dallol

Danau Terindah Sekaligus Berbahaya Di Dunia

Kawah hijau Dallol via pixabay.com

Dallol adalah kawah gunung api yang terletak di tengah gurun Danokil, Ethiopia. Sekilas kalau dipandang Dallol seperti danau yang airnya berwarna hijau menawan. Tidak Cuma itu pemandangan di sekitarnya pun sangat luar biasa, dengan batu-batu mirip karang yang berwarna kuning dan kuning menyala.

Warna hijau terang dan kuning menyala tersebut disebabkan karena adanya kandungan sulfur, besi, dan mineral yang tinggi. Dataran pun terdiri dari sumber air panas dengan kandungan asam tinggi, bukit belerang, gundukan garam, dan geyser yang sesekali menyemburkan gas.

Dallol disebut sebagai salah satu tempat terpanas di dunia. Suhunya bisa mencapai 94 derajat Fahrenheit. Suhu yang tinggi ditambah gas beracun yang siap menyembur dari salah satu geyser menjadikan Dallol sebagai Danau kawah indah sekaligus berbahaya.

8. Danau Karachay

Danau Terindah Sekaligus Berbahaya Di Dunia

Karachay via flickr.com

Karachay merupakan nama sebuah danau kecil yang terletak di selatan pegunungan Ural, Rusia. Sejak tahun 1951, Uni Soviet sudah memakai Karachay sebagai lokasi pembuangan limbah radioaktif. Sebab itulah danau tersebut dipenuhi bahan beracun berkonsentrasi tinggi.

Dikarenakan Danau Karachay sudah terkontaminasi cukup tinggi dengan limbah radioaktif, Worldwatch Institute di Washington, D.C. mengemukaan sebagai lokasi paling tercemar di dunia.

9. Danau Kivu

Danau Terindah Sekaligus Berbahaya Di Dunia

Danau Kivu via wikimedia.org

Kivu merupakan nama danau yang terletak di perbatasan Kongo dan Rwanda, Afrika. Danau ini pun sama berbahayanya dengan Danau Nyos. Tidak cuma mengeluarkan gas karbon yang sangat beracun, Danau Kivu pun mengandung metana yang gampang terbakar. Metana dan karbon ini menjadikan Danau Kivu sebagai satu Danau Terindah Sekaligus Berbahaya Di Dunia.

Baca juga: 5 Fakta Unik Danau Natron, Danau Yang Mengubah Hewan Jadi Batu

Loading...

Add Comment