Inilah 7 Fakta Putri Duyung! Benarkah Manusia Setengah Ikan Ini Ada?

Fakta Putri Duyung

Ilustrasi Putri Duyung

Putri Duyung adalah salah satu makhluk mitos atau makhluk legenda yang cukup terkenal di dunia. Secara umum, makhluk ini berbadan dari bawah sampai pinggang mirip ikan, sedangkan dari pinggang sampai kepala berwujud manusia.

Ada banyak versi cerita tentang wanita berbadan separuh ikan ini, dimana hampir setiap negara memiliki cerita versinya sendiri. Ada yang menceritakan bahwa makhluk ini adalah makhluk baik, sementara cerita lainnya menyebutkan makhluk yang jahat.

Tanpa Operasi Plastik, Inilah 10 Pria Tercantik Di Dunia

Sejauh ini belum ada bukti yang diyakini keasliannya tentang keberadaan makhluk ini. Tapi, terlepas benar atau tidak cerita tentang Putri Duyung ini, berikut ada beberapa fakta Putri Duyung yang cukup menarik diketahui. Simak yuk ulasannya

1. Asal Usul Legenda Putri Duyung

Berdasarkan wikipedia, cerita legenda Putri Duyung pertama kali muncul di kawasan Syria kuno. Diceritakan, ada seorang Dewi yang bernama Atargatis yang merasa bersalah karena sudah membunuh kekasih yang merupakan seorang manusia.

Karena merasa bersalah, kemudian dia melompat ke dalam sebuah danau, dan berubah menjadi ikan. Tapi dia tidak menjadi seekor ikan secara utuh, hanya bagian bawah tubuhnya saja, sedang bagian atas masih berwujud manusia.

2. Putri Duyung Dianggap Sebagai Nenek Moyang Manusia

Fakta Putri Duyung selanjutnya ini cukup aneh kalau dibahas di jaman sekarang yaitu ada sebuah kebudayaan yang menganggap bahwa manusia adalah keturunan dari makhluk setengah ikan tersebut.

Berdasarkan cerita mitologi orang Mangaian yang tinggal di kepulauan Pasifik menyebutkan bahwa laki-laki dan para dewa adalah keturunan Vatea. Vatea sendiri digambarkan berwujud setengah ikan setengah manusia.

Cuma gambaran Vatea dan Putri Duyung ini sedikit berbeda, dimana bagian tubuh Vatea yang berwujud ikan adalah bagian kiri tubuhnya.

3. Aquamarine Diyakini Terbentuk dari Air Mata Putri Duyung

Aquamarine merupakan salah satu jenis gemstone (batu berharga) yang memiliki warna biru laut. Nah, ada mitos yang menyebutkan bahwa batu ini terbentuk dari air mata Putri Duyung, walaupun secara ilmu pasti, batu ini terdapat di dalam tanah.

4. Cerita Putri Duyung Versi Eropa, Ternyata Bukan Makhluk Yang Baik

Berdasarkan cerita mitos yang beredar di kawasan Eropa, Putri Duyung yang juga sering disebut Siren ini adalah seorang wanita cantik dengan suara yang merdu tapi berwujud setengah ikan dan setengah manusia.

Suara merdunya tersebut bisa menghipnotis para pelaut agar mengarahkan kapal mereka ke batuan karang, hingga akhirnya tenggelam. Terkadang, Siren juga tidak malu-malu mendatangi dan merayu para pelaut, kemudian membawanya ke dalam air.

5. Hampir Semua Penampakan Putri Duyung Yang Banyak Beredar adalah Hoax

Hampir semua kasus penampakan Putri Duyung yang banyak beredar di dunia adalah Hoax. Tidak hanya di jaman sekarang, di jaman kuno pun sudah ada yang mengklaim pernah melihat penampakan makhluk mitos ini.

Kalau di jaman sekarang sudah ada beberapa foto atau video yang diklaim sebagai penampakan asli Putri Duyung, tapi hampir semua foto dan video tersebut dipastikan hanyalah Hoax belaka (berita bohong).

6. Banyak Memiliki Nama di Berbagai Negara

Legenda Putri Duyung ini cukup terkenal di dunia, dimana hampir semua kebudayaan punya cerita versinya sendiri. Dan namanya pun berbeda tiap kebudayaan, seperti di Eropa sering disebut Siren atau Melusine.

Di jepang, ada juga makhluk mitologi yang mirip dengan Putri Duyung yaitu Ningyo, di Afrika di sebut Mami Wata, di Rusia dinamakan Russalki atau Rusalka, sedangkan di Irlandia disebut Merrow, dan masih banyak lagi.

7. Banyak Orang Menduga, Putri Duyung Yang di Lihat Oleh Orang Jaman Dulu adalah Sapi Laut

Cerita legenda Putri Duyung sudah populer sejak jaman keemasan bajak laut di Eropa pada abad pertengahan. Banyak orang menduga, kemungkinan besar Putri Duyung dimaksud oleh orang jaman dulu adalah Sapi Laut.

Apalagi banyak para pelaut yang melihatnya pada jaman itu adalah saat malam hari yang hanya diterangi sinar bulan. Perlu diketahui, Sapi Laut (Hydrodamalis gigas) adalah mamalia sirenia terbesar yang sudah punah dan pernah ditemukan di pantai laut Bering di Asia.

Nah, itulah beberapa fakta Putri Duyung yang cukup menarik diketahui. Terlepas benar atau tidak, cerita legenda tentang Putri Duyung memang begitu melegenda di dunia.

Baca Juga: 4 Penampakan Putri Duyung Yang Katanya Asli. Kamu Percaya atau Tidak?

Loading...

Add Comment