Bukan Sekedar Bunga Tidur, Inilah 11 Fakta Tentang Mimpi

Semua orang pasti sudah pernah mengalami fenomena mimpi. Mimpi adalah hal yang sangat menakjubkan, dimana kita bisa melihat dan mengalami sesuatu hal di luar nalar, liar dan terkadang bisa menginspirasi.

Sebenarnya mimpi merupakan fenomena misterius sekaligus salah satu hal paling menarik yang terjadi pada manusia. Meski tidak nyata, terkadang mimpi digunakan untuk menafsirkan dan menjadi petunjuk untuk masa yang akan datang.

Tapi terlepas dari semua teori tentang mimpi yang menghiasi tidur setiap kita memejamkan mata, terdapat beberapa fakta tentang mimpi yang bukan hanya sekedar bunga tidur saja. Apa saja faktanya? berikut ulasannya

1. Sebenarnya Mimpi Bisa Di Kontrol

Lucid dream merupakan kondisi dimana seseorang yang merasa sadar dengan mimpi yang dia alami dan bisa mengontrol mimpi tersebut. Lucid dream adalah sebuah dunia dimana kamu bisa melakukan segala hal, tergantung imajinasimu.

Bahkan, ada orang-orang tertentu yang memiliki fokus yang kuat, bisa mempelajari keahlian-keahlian tertentu, misalnya belajar mengendarai pesawat, melakukan eksperimen dan lainnya. Dan kabarnya lucid dream itu bisa dilatih.

2. Banyak Penemuan Di Dunia Yang Terinspirasi Dari Mimpi

Seperti yang dikatakan sebelumnya, mimpi bisa menginspirasi seseorang. Bukan hanya hal yang tidak berguna, tapi sebuah penemuan yang bisa merubah cara hidup manusia jaman sekarang, misalnya ide Google yang digagas oleh Larry Page atau generator listrik AC oleh Nikola Tesla dan masih banyak lagi

3. Mimpi Bisa Menjadi Sebuah Firasat

Terdapat beberapa kasus dimana orang benar-benar mengalami kejadian yang sama seperti yang mereka alami di mimpi sebelumnya. Hal ini memang masih menjadi misteri dan perdebatan di kalangan para ilmuwan.

Hal ini mungkin karena belum ada bukti secara ilmiah, bahkan banyak diantara para ilmuwan tersebut menganggapnya hanya sebuah takhayul.

Contoh mimpi yang menjadi firasat terkenal yaitu mimpi Abraham Lincoln perihal pembunuhan yang akan menimpanya atau mimpi tentang ramalan tenggelamnya kapal Titanic, serta mimpi yang dialami korban 9/11. Kamu percaya?

4. Sleep Paralysis Adalah Hal Yang Normal

Pengalaman tindihan (Sleep Paralysis) memang sesuatu yang paling tidak menyenangkan saat kita tidur, dimana tubuh kita akan terasa lumpuh dan tidak jarang kita merasa ada “sesuatu” yang ada didekat kita. Hiii

Padahal, Sleep Paralysis sebenarnya hal yang normal saat kita tidur. Sebab saat tidur, saraf motorik memang dinonaktifkan agar tubuh tidak bergerak-gerak saat bermimpi, tapi terkadang tubuh akan tersadar walaupun saraf motorik sudah dinonaktifkan.

Akibatnya, karena tubuh tidak bisa bergerak, maka bagian otak yang disebut amygdala akan beraksi yang akan menimbulkan sebuah halusinasi yang menakutkan.

Jadi jika kamu mengalami Sleep Paralysis, tidak perlu panik, usahakan tetap tenang dan hitung sampai sepuluh, umumnya Sleep Paralysis hanya berlangsung beberapa detik saja.

5. REM (Rapid Eye Movement) Sleep Disorder Itu Nyata

Kalau ini berlawanan dengan gangguan tidur Sleep Paralysis, dimana disaat orang mencapai fase REM, mereka akan mengigau, memukul bahkan bisa menendang dinding kamar. Hal ini terjadi karena saraf motorik tidak/belum benar-benar dilumpuhkan.

6. Sleepwalking Adalah Gangguan Tidur Paling Berbahaya

Sleepwalking adalah bentuk ekstrim dari gangguan tidur REM, dimana tubuh tidak hanya bertingkah saat tidur, tapi ikut bertualang di malam hari seperti berjalan. Misalnya yang pernah dialami oleh Lee Hadwin seorang perawat yang berubah jadi pelukis di alam mimpinya, saat tidur dia melukis karya-karyanya.

7. Ternyata Ada Obat Untuk Bisa Bermimpi

Kalau kamu pernah menonton film karya sutradara Christoper Nolan yang dibintangi Leonardo DiCaprio yaitu “Inception”, ada satu adegan dimana mereka menyuntikan ramuan obat untuk bisa memasuki alam mimpi.

Ternyata, obat agar kita bisa mengalami mimpi itu benaran ada, namanya dimethyltryptamine. Obat ini adalah bentuk sintetis dari senyawa yang dihasilkan otak saat tubuh mengalami mimpi, dan obat ini merupakan obat halusinogen yang ilegal.

8. Tidak Semua Mimpu Bisa Di Ingat

Kalau kamu merasa bahwa disaat kamu tidur tidak mengalami mimpi apapun, itu salah. Karena kamu tetap bermimpi sekalipun kamu tidak pernah mengingatnya sama sekali.

Kalaupun ada yang kamu ingat, pasti kamu sudah lupa 50% mimpimu dan sepuluh menit setelah terbangun, 90% mimpimu akan terlupa begitu saja. Maka detail mimpi yang kamu ingat dengan kuat saat terbangun akan secara tiba-tiba bisa hilang.

Kecuali apabila kamu terbangun saat fase REM, maka kamu akan bisa mengingat lebih banyak tentang mimpimu.

9. Kita Hanya Akan Memimpikan Orang Yng Pernah Kita Lihat Sebelumnya

Dalam alam mimpi, kita tidak bisa memvisualisasikan wajah orang yang belum pernah kita lihat di kehidupan nyata. Mungkin pernah kita bermimpi dengan orang yang kita anggap asing, tapi sebenarnya kita pernah bertemu atau sekedar melihatnya, cuma kita tidak mampu mengingatnya lagi.

Hati-hati, jika pernah berpapasan atau melihat orang dengan wajah seram dan menakutkan, mungkin saja dia akan jadi tokoh antagonis di mimpimu selanjutnya.

10. Mimpi Lebih Cenderung Bernuansa Negatif

Coba kamu ingat, mimpi apa saja yang sering kamu alami, mungkin kamu akan menyadarinya bahwa kita lebih sering mengalami mimpi yang kurang enak dibandingkan yang menyenangkan. Ada 3 emosi yang paling sering kita rasakan saat bermimpi yaitu rasa takut, kemarahan, dan kesedihan.

11. Tidak semua orang mengalami mimpi yang berwarna

Jika kamu pernah mengalami mimpi yang tidak berwarna, itu masih wajar, karena ada sekitar 12% orang yang bermimpi dengan warna hitam putih saja. Selain itu, para generasi yang tumbuh di saat televisi monokrom mulai berkembang lebih sering bermimpi tanpa warna dibandingkan dengan mereka yang terbiasa menonton televisi berwarna.

Baca juga: Top List 20 Lagu Pengantar Tidur yang Bisa Mengatasi Insomnia

Loading...

Add Comment