11 Film Perang Terbaik Berdasarkan Kisah Nyata Paling Mengharukan

Sejarah mencatat, dimasa lalu pernah terjadi beberapa perperangan yang memakan banyak korban jiwa. Yang paling terkenal yaitu perang vietnam dan yang paling besar yaitu perang dunia kedua yang melibatkan banyak negara.

Di jaman sekarang, banyak sineas film yang membuat film bertemakan perang, ada yang cuma fiksi saja dan ada beberapa diantaranya yang diangkat berdasarkan kisah nyata perperangan yang pernah terjadi di masa lalu.

Selain itu, banyak hikmah yang dapat ambil dari film yang berdasarkan kisah nyata, apalagi film yang ada unsur sejarahnya seperti perperangan di masa lalu. Lantas, film apa saja yang masuk film perang perang terbaik berdasarkan kisah nyata? berikut ulasannya

1. Hamburger Hill

Film Perang Terbaik Berdasarkan Kisah Nyata

Hamburger Hill

Film ini merupakan film perang yang diangkat dari kisah nyata mengenai pertempuran pasukan Amerika Serikat dengan pasukan Vietnam di bukit 937, Vietnam. Dimana diketahui dalam pertempuran ini banyak prajurit yang tewas.

Film yang disutradarai oleh john irvin ini termasuk salah satu film bertemakan perang yang sukses dimana diketahui, film ini pernah menduduki 5 besar film box office saat itu.

2. Jarhead

Film Perang Terbaik Berdasarkan Kisah Nyata

Jarhead

Jarhead merupakan salah satu film perang terbaik berdasarkan kisah nyata yang menceritakan mengenai kehidupan seorang marinir Amerika Serikat yang bernama Anthony Swoffrod yang pergi ke timur tengah dalam rangka perang teluk pertama.

Film ini sangat mencerminkan kejadian yang sebenarnya saat di medan perang seperti marinir yang depresi karena dikirim jauh dari rumah. Selain itu, tokoh utamanya tidak pernah menembakan senjatanya ke arah musuh.

3. Flag our father

Film Perang Terbaik Berdasarkan Kisah Nyata

Flag our father

Film berjudul “Flag our father” ini menceritakan mengenai 3 prajurit veteran perang dunia kedua yang berhasil pulang dengan selamat setelah berperang di pulau Iwojima. Alur cerita film ini memiliki flashback yang menceritakan awal penyerbuan.

Saat pasukan Amerika Serikat hampir berhasil menguasai pulau Iwojima, maka diputuskan ketiga marinir tersebut dipulangkan untuk membantu kampanye perang sebagai pahlawan perang karena dianggap sudah membantu perperangan di Iwojima.

4. We were soldier

Film Perang Terbaik Berdasarkan Kisah Nyata

We were soldier

Film perang yang berjudul “We were soldier” ini terinspirasi dari pertempuran “La Drang Valley” di Vietnam. Film yang masuk film perang terbaik berdasarkan kisah nyata ini menceritakan Lt.General Hal Moore (7th Calvary Regiment) dan Joseph L galloway (Reporter).

Dalam film ini menceritakan pasukan Amerika Serikat yang harus bertahan saat melawan pasukan North vietnamse Army yang memiliki sekitar 4000 pasukan.

5. Saving Private Ryan

Film Perang Terbaik Berdasarkan Kisah Nyata

Saving Private Ryan

Film ini menceritakan mengenai sebuah penyelamatan prajurit penerjun payung yang terjebak di wilayah Jerman. Kapten John Miller diberi tugas untuk mencari dan membawa pulang prajurit tersebut.

Dalam pencarian tersebut, mereka harus berhenti di sebuah kota kecil yang sedang dipertahankan oleh sekelompok pasukan. Yang mengejutkan salah satu pasukan kecil tersebut adalah prajurit yang sedang dicari oleh kapten John Miller.

Baca juga: Penuh Haru dan Menegangkan, Inilah 6 Film Perang Vietnam Terbaik

6. Pearl Harbor

Film Perang Terbaik Berdasarkan Kisah Nyata

Pearl Harbor

Film perang yang dibumbui dengan kisah romantis ini menceritakan mengenai penyerbuan pangkalan militer milik Amerika Serikat di Pearl Harbor, Hawaii oleh pasukan Jepang awal perang dunia kedua di mulai.

Film yang rilis pada tahun 2001 silam dan disutradarai oleh Michael Bay, serta dibintangi beberapa bintang film terkenal seperti Kate Beckinsale, Ben Affleck dan Josh Hartnett, akhirnya membuat film ini sukses dengan memuncaki box office waktu itu.

7. Enemy at the Gates

Film Perang Terbaik Berdasarkan Kisah Nyata

Enemy at the Gates

Film yang rilis pada tahun 2001 silam ini diadaptasi dari buku karya “William Craig” yang menceritakan kejadian dan peristiwa saat perang dunia kedua. Film ini disudradarai oleh Jean-Jacques Annaud.

Film menceritakan dua penembak yaitu Vasily Zaitsev (Uni Soviet) dan rivalnya Mayor Heinz Thorvald (Jerman) saat perang Stalingrad pada tahun 1942. Film ini mengambarkan propaganda yang memperalat penembak jitu.

8. Brave Heart

Film Perang Terbaik Berdasarkan Kisah Nyata

Brave Heart

Film perang terbaik berdasarkan kisah nyata selanjutnya adalah “Brave Heart”. Film ini menceritakan mengenai perjuangan rakyat Skotlandia dalam meraih kemerdekaan dari jajahan negara Inggris pada saat itu.

Pemicunya adalah seorang anak petani yang bernama “Wallace”. Kemarahan Wallace dimulai saat kekasihnya di bunuh karena dianggap sudah melawan pasukan Inggris. Disinilah cerita klimaknya di mulai.

9. Black Hawk Down

Film Perang Terbaik Berdasarkan Kisah Nyata

Black Hawk Down

Film ini juga mengangkat kisah nyata mengenai sebuah misi pasukan Amerika Serikat di Somalia pada tanggal 13 Oktober 1993. Misi itu adalah untuk menangkap panglima perang Somalia paling dicari saat itu yaitu Mohamed Farrah Aidid.

Misi ini menyulut pertempuran besar yang berlarut-larut antara pasukan Amerika Serikat dengan ratusan orang Somalia, seperti saat mereka berusaha menjatuhkan helikopter yang membawa pasukan Amerika Serikat dan masih banyak adegan perang lainnya.

10. Red Cliff

Film Perang Terbaik Berdasarkan Kisah Nyata

Red Cliff

Saya pribadi menganggap film ini adalah film perang terbaik berdasarkan kisah nyata dalam hal adu strategi. Film yang rilis pada tahun 2008 ini menceritakan tentang seorang ahli strategi yang bernama Zhuge Liang.

Dalam film ini Zhuge Liang harus membuat strategi untuk melawan musuh yang memiliki kekuatan lebih besar dari kekuatan pasukan yang dimiliki. Sampai akhirnya mereka harus berhadapan di jurang Chi Bi (Red Cliff).

11. Letters from Iwojima

Film Perang Terbaik Berdasarkan Kisah Nyata

Letters from Iwojima

Film “Letters from Iwojima” garapan sutradara Clint Eatwood ini menceritakan seorang prajurit Jepang dalam menghadapi perang di Iwojima. Film merupakan sekuel film “Flag our father” dalam versi Hollywood.

Film ini memiliki kisah yang sangat mengharukan saat di mulainya invasi pasukan Amerika Serikat ke Iwojima sampai kekalahan Jepang.

Nah, itulah beberapa film perang terbaik berdasarkan kisah nyata. List film perang terbaik ini bukan cuma menyuguhkan adegan pertempuran yang penuh dengan ledakan dan berdarah-darah, tapi juga kita bisa melihat sisi kemanusiaan yang terjadi saat perperangan tersebut.

Baca juga: Hati-Hati, Inilah 10 Film Tersadis Yang di Cekal Banyak Negara

Loading...

Add Comment