Penuh Haru dan Menegangkan, Inilah 6 Film Perang Vietnam Terbaik

Semua orang tentunya tahu bahwa perang itu lebih banyak merugikan daripada untungnya, kecuali soal gengsi bagi si pemenang perang tersebut. Tapi lain ceritanya, kalau membahas soal film bertemakan perang, pasti seru.

Film perang yang bagus itu bukan hanya menyuguhkan adegan tembakan-tembakan saja, tapi yang bisa menunjukan sudut pandang yang berbeda tentang perang tersebut atau daerah yang menjadi tempat terjadi perang.

Contohnya film yang mengangkat tema perang di Vietnam, dimana diketahui, perang Vietnam adalah salah satu perang paling terkenal dalam sejarah dunia yang banyak diangkat jadi film. Lantas, film perang Vietnam apa saja yang terbaik? berikut ulasannya

1. Platoon

Film Perang Vietnam

Platoon

Film perang Vietnam yang pertama adalah Platoon. Film ini merupakan film Hollywood pertama yang disutradarai dan ditulis langsung oleh veteran perang Vietnam bernama Oliver Stone, dimana pengalamannya selama perang di Vietnam menjadi acuan sebagai jalan cerita dalam film ini.

Film ini menunjukan sudut pandang yang kontradiktif terhadap perang, dimana ceritanya tentang seorang pemuda berusia 19 tahun yang memutuskan ikut berperang di Vietnam dan meninggalkan bangku kuliahnya di Amerika Serikat.

Film yang dibintangi oleh Charlie Sheen bersama Willem dafoe dan Tom Berenger ini berhasil masuk nominasi piala Oscar di 8 kategori dan dengan sukses meraih 4 piala Oscar, termasuk salah satu sebagai film terbaik pada tahun 1986.

2. Full Metal Jacket

Film Perang Vietnam

Full Metal Jacket

Film perang Vietnam selanjutnya yaitu Full Metal Jacket. Film yang rilis pada tahun 1987 ini disutradarai oleh Stanley Kubrick dan ceritanya diangkat dari novel yang berjudul “The Short-Timers” karya Gustav Harford.

Cerita film ini dibagian menjadi 2 bagian, yang pertama tentang latihan calon tentara muda, dimana latihan ini benar-benar mengembleng fisik dan mental mereka secara habis-habisan yang dilakukan oleh seorang sersan Hartmant.

Dan yang kedua yaitu menuju medan perang yang sesungguh di Vietnam, dimana banyak tragedi, pertumpahan darah, dan tekanan-tekanan, baik itu tekanan fisik maupun psikis yang dialami oleh para tentara muda tersebut.

3. Rescue Dawn

Film Perang Vietnam

Rescue Dawn

Selanjutnya adalah film berjudul “Rescue Dawn” yang rilis pada tahun 2006 silam. Film ini menceritakan tentang salah satu pelarian tentara Amerika Serikat paling terkenal dalam sejarah perang di Vietnam.

Ceritanya terjadi pada tahun 1966, dimana sebuah pesawat milik Amerika Serikat ditembak dan jatuh di perbatasan antara Laos dan Vietnam. Pilot sekaligus letnan penerbangan bernama Dieter Dengler berhasil selamat, tapi dia tertangkap oleh kelompok gerilyawan.

Selama menjadi tahanan kelompok gerilyawan tersebut, Dieter Dengler bertemu dengan beberapa tahanan lainnya yang ditangkap beberapa tahun sebelumnya dan kemudian mereka merencanakan sebuah pelarian.

Tapi saat mereka sudah lolos dari penjara kelompok gerilyawan tersebut, ternyata mereka juga harus menghadapi penjara lainnya yaitu ganasnya hutan belantara.

Baca juga: 7 Film Tentang Agen Rahasia Terbaik Yang Penuh Aksi Menegangkan

4. Apocalypse Now

Film Perang Vietnam

Apocalypse Now

Menurut beberapa pengamat film, Film Apocalypse Now merupakan salah satu film perang Vietnam paling keren yang masih relevan ditonton sampai sekarang ini, dimana sepanjang film akan menghadirkan kolonel gila yang menganggap dirinya sebagai dewa bagi warga sipil.

Ceritanya, kolonel gila tersebut diduga membelot dari Amerika Serikat dan membentuk pasukannya sendiri di Kamboja. Karena hal inilah yang membuatnya jadi sasaran dan target operasi untuk dibunuh oleh pihak Amerika Serikat.

Kalau ingin menonton film perang yang tidak biasa, inilah film yang tepat, apalagi soundtracknya pun cukup ciamik yaitu The Doors yang dinyanyikan oleh The Rolling Stones dan para aktornya juga cukup keren.

5. The Deer Hunter

Film Perang Vietnam

The Deer Hunter

Film ini menceritakan tentang 6 orang yang bekerja sebagai buruk pabrik baja di kota Western, Pennsylvania, dimana dalam hidup mereka berenam sudah mempersiapkan dua hal yaitu pernikahan dan militer.

Dua diantara mereka berenam yaitu Michael dan Nick mencintai wanita yang sama yaitu Linda. Tapi semua rencana tersebut berubah menjadi kacau saat mereka terdaftar dalam infanteri udara untuk perang di Vietnam.

Film ini banyak mendapatkan penghargaan pada Academy Awards ke-51, di antaranya film terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Pendukung Terbaik, dan pada tahun 1966, film The Deer Hunter dimasukan ke National Film Registry Amerika Serikat.

6. We Were Soldiers

Film Perang Vietnam

We Were Soldiers

Film perang Vietnam yang terakhir yaitu We Were Soldiers. Film ini rilis pada tahun 2002 dan tokoh utamanya yaitu Mel Gibson yang berperan sebagai kolonel Hal G Moore yang merupakan komandan kedua dalam pasukan.

Film ini diangkat dari kisah nyata pertempuran Amerika Serikat dengan tentara komunis Vietnam utara pada tahun 1965 di sebuah lembah perbukitan yang terpencil di Vietnam.

Banyak momen dalam film ini yang bisa mengetarkan hati dan juga memperlihatkan reaksi para keluarga tentara Amerika Serikat yang dikirim untuk berperang di Vietnam, dimana ada yang menerima, tapi tidak sedikit yang menentangnya.

Nah, itulah beberapa film perang Vietnam terbaik yang penuh haru dan menegangkan. Kalau melihat kisah perang dalam film perang pada umumnya, ternyata perang tidak hanya terjadi di depan mata, tapi hati dan pikiran juga ikut bekecamuk bagi yang punya hati nurani.

Baca juga: 11 Film Perang Terbaik Berdasarkan Kisah Nyata Paling Mengharukan

Loading...

Add Comment