13 Film Religi Indonesia Terbaik Yang Penuh Dengan Makna Islami

Biasanya, selama bulan Ramadhan, stasiun tv pasti dipenuhi dengan beragam program acara yang berbau religi. Mulai dari iklan, talkshow, sinetron religi musiman, sampai film layar lebar yang bertemakan religi.

Seperti yang kita ketahui, Indonesia memiliki lumayan banyak film yang bertemakan religi. Mulai dari yang diadaptasi dari novel religi sampai ada yang diangkat dari kisah nyata. Tentunya film-film ini banyak mengandung nilai-nilai agama yang bermamfaat.

Nah, biar puasamu lebih adem, ada baiknya kamu tahu atau menonton film religi Indonesia terbaik berikut ini, selain itu menonton film religi juga bisa memperdalam pengetahuanmu tentang agama Islam. Penasaran? berikut ulasannya

13. Sang Pencerah – 2010

Film Religi Indonesia Terbaik

Sang Pencerah

Film sang Pencerah menceritakan tentang kehidupan salah satu tokoh Islam Indonesia sekaligus Pahlawan nasional Indonesia yaitu K.H. Ahmad Dahlan. Ceritanya mengenai pergerakan nasional dan berdirinya organisasi Islam Indonesia yaitu Muhammadiyah.

Film hasil garapan Hanung Bramantyo yang rilis pada tahun 2010 ini dianggap sebagai pemicu munculnya film -film yang bertemakan sejarah pahlawan nasional Indonesia lainnya.

12. Sang Kiai – 2013

Film Religi Indonesia Terbaik

Sang Kiai

Film Sang Kiai adalah salah satu film Indonesia yang bertemakan perjuangan yang dibalut dengan nuansa Islam.

Film yang pernah masuk seleksi Oscar ke 86 untuk kategori Best Foreign Language ini menceritakan perjuangan K.H. Hasyim Asy’ari, K.H. Wahid Hasyim, dan para santrinya dalam menghadapi pasukan Jepang dan sekutu.

11. 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta – 2010

Film Religi Indonesia Terbaik

3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta

Cerita percintaan yang dibalut dengan masalah beda agama memang selalu menarik ditonton, karena pada kenyataan, permasalahan ini memang sering kita jumpai dikehidupan sehari-hari.

Jika kamu adalah salah satu orang yang sedang terjebak dalam kisah cinta beda agama, coba kamu tonton film “3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta” yang dibintangi Reza Rahardian, Laura Basuki dan Arumi Bachsin. Siapa tahu lewat film ini kamu bisa menemukan solusi dari masalahmu tersebut.

10. ? – 2011

Film Religi Indonesia Terbaik

? (tanda tanya)

Film ? (tanda tanya) hasil garapan Hanung Bramantyo ini juga mempunyai banyak sekali pengetahuan dan ilmu yang bisa kamu petik, terutama tentang pentingnya toleransi umat beragama yang memang harus dipupuk setiap hari.

9. Negeri 5 Menara – 2012

Film Religi Indonesia Terbaik

Negeri 5 Menara

Film Negeri 5 Menara bercerita mengenai tentang kehidupan remaja muslim di pondok pesantren. Film garapan Affandi Abdul Rachman diadaptasi dari novel best seller dengan judul yang sama karya A. Fuadi.

8. Mencari Hilal – 2015

Film Religi Indonesia Terbaik

Mencari Hilal

Film Mencari Hilal yang rilis pada tahun 2015 lalu ini mengambarkan perjalanan sepasang ayah dan anak yang berbeda pendapat, dimana mereka sering kali bertengkat masalah tradisi, agama, sampai pola pikir.

Dalam film karya Ismail Basbeth ini kamu akan menemukan karakter sang ayah yang sangat taat agama dan tradisi sedangkan si anak berwatak sangat keras kepala. Lewat film ini kamu akan melihat jelas bagaimana peran agama di kehidupan sosial dengan isu-isu terbaru.

Baca juga: Inilah 10 Film Romantis Yang Diangkat Dari Kisah Nyata

7. Ada Surga Di Rumahmu – 2015

Film Religi Indonesia Terbaik

Ada Surga Di Rumahmu

Film ini diadaptasi dari buku best seller yang berjudul sama karya Ustad Alhabsyi. Ceritanya mengenai seorang pemuda yang ada dipersimpangan hidupnya yaitu antara mengabdikan diri di pondok pesantren tempatnya menimba ilmu atau mengejar mimpi menjadi artis.

Lewat film ini kamu akan diajarkan tidak perlu mencari surga jauh-jauh sampai ke ujung dunia, karena “surgamu” sudah ada di rumah.

6. Assaalamualaikum Beijing – 2014

Film Religi Indonesia Terbaik

Assaalamualaikum Beijing

Film yang pertama kali rilis pada tahun 2014 silam ini merupakan hasil dari adaptasi dari novel karya Asma Nadia. Menceritakan mengenai perjuangan cinta yang sangat rumit.

Lewat “Assaalamualaikum Beijing” ini kamu bisa memetik lumayan banyak pengetahuan tentang agama, selain itu kamu juga akan disuguhi pemandangan indah di negeri China.

5. Surga yang Tak Dirindukan – 2015

Film Religi Indonesia Terbaik

Surga yang Tak Dirindukan

Film ini juga merupakan hasil dari adaptasi novel karya Asma Nadia yang sebelum sukses lewat “Assalamualaikum Beijing”. Film ini bercerita tentang poligami yang memang menjadi isu sosial yang lagi hangat-hangat di Indonesia.

4. Perempuan Berkalung Sorban – 2009

Film Religi Indonesia Terbaik

Perempuan Berkalung Sorban

Film yang rilis pada tahun 2009 ini merupakan salah satu film religi Indonesia terbaik yang banyak ditonton. Film “Perempuan Berkalung Sorban” ini berlatar belakang dunia pesantren dan berkisah tentang seorang perempuan yang mempertanyakan nilai-nilai konservatif yang dianggapnya terlalu membatasi perempuan.

3. 99 Cahaya Dilangit Eropa – 2013

Film Religi Indonesia Terbaik

99 Cahaya Dilangit Eropa

Film “99 Cahaya di Langit Eropa” ini menceritakan mengenai sejarah peninggalan Islam yang ada di Eropa. Lewat film ini kamu akan diajarkan bahwa Islam disebarkan tidak harus lewat kekerasan tapi melainkan lewat dahwah, pelajaran ataupun pengetahuan.

2. Ketika Cinta Bertasbih – 2009

Film Religi Indonesia Terbaik

Ketika Cinta Bertasbih

Film yang rilis pada tahun 2009 silam ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Habiburrahman El Shirazy. Kisahnya tentang perjalan hidup dan cinta seorang pemuda bernama Azzam yang menuntut ilmu di Mesir.

Syuting film ini pun dilakukan di negara Mesir, sesuai dengan novelnya. Film “Ketika Cinta Bertasbih” ini dianggap sebagai salah satu film religi Indonesia terbaik dengan penjualan tiketnya yang mencapai kurang lebih 3 juta.

1. Ayat-ayat Cinta – 2013

Film Religi Indonesia Terbaik

Ayat-ayat Cinta

Film “Ayat Ayat Cinta” merupakan salah satu film religi Indonesia terbaik dan paling fenomenal, dimana sejak kemunculannya pada tahun 2013 silam sukses mencuri perhatian penonton di Indonesia.

Film yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Habiburrahman El Shirazy ini mengangkat tema poligami dan film ini dianggap banyak orang sebagai pelopor film religi di Indonesia.

Nah, itulah beberapa film religi Indonesia terbaik yang penuh dengan makna islami. Lewat film ini kalian banyak mempelajari tentang makna-makna agama Islam.

Baca juga: 10 Film Komedi Romantis Thailand Yang Bisa Membuatmu Baper

Loading...

Add Comment