Ini Dia 9 Film Samurai Terbaik Yang Seru dan Menegangkan

Negara Jepang memang dikenal dengan kualitas Anime dan Manganya yang sangat bagus. Dan cerita tentang petualangan seorang Samurai cukup banyak diangkat ke dalam film Anime maupun Manga Jepang.

Tapi cerita tentang Samurai tidak hanya ada di film Anime dan Manga Jepang saja, banyak juga film layar lebar yang mengangkat tema Samurai. Bahkan Hollywood pun pernah membuat film bertemakan Samurai.

Makanya, karakter ksatria perpedang tradisional asal negara bunga Sakura ini cukup dikenal luas di dunia. Lantas, film Samurai apa saja yang terbaik di dunia? berikut ulasannya

1. Hara-Kiri: Death Of A Samurai (2011)

Film Samurai Terbaik

Hara-Kiri: Death Of A Samurai

Film Samurai terbaik pertama yaitu Hara-Kiri: Death Of A Samurai. Film ini rilis pada tahun 2011 silam, di sutradarai oleh Takashi Miike, dan dibintangi oleh Ichikawa Ebizo XI, Eita, Hikari Mitsushima, dan Koji Yakusho.

Film ini bersetting antara tahun 1619 hingga tahun 1630 yaitu pada era Edo dan pemerintahan Shogun Tokugawa, ceritanya tentang seorang Samurai tanpa tuan (Ronin) bernama Hanshiro Tsugumo.

Film ini lebih banyak menampilkan dialog dan adegan drama khas Jepang daripada aksi heroik para Samurai, tapi justru itulah kelebihan film ini, karena bisa menambah pengetahuan kita tentang sejarah negara Jepang di masa lalu.

2. The Hidden Blade (2004)

Film Samurai Terbaik

The Hidden Blade

Film Samurai terbaik selanjutnya yaitu The Hidden Blade. Film ini rilis pada tahun 2004 silam, disutradarai oleh Yoji Yamada, dan dibintangi oleh Takako Matsu, Tomoko Tabata, Hidetaka Yoshioka, dan Yukiyoshi Ozawa.

Film Samurai ini bersetting pada masa Restorasi Meiji Jepang, dimana pada masa itu, semua Samurai tidak lagi diperbolehkan membawa pedang di tempat umum. Dan para Samurai dipaksa berperang dengan gaya barat.

Mulai cara memegang senjata sampai cara berlari pun harus mereka ubah seperti cara orang barat. Film Samurai ini sangat terkenal di Jepang, dan cukup dikenal luas di luar Jepang seperti di Indonesia.

3. The Last Samurai (2003)

Film Samurai Terbaik

The Last Samurai

Film ” The Last Samurai “ adalah salah satu film Samurai terbaik buatan Hollywood. Film ini rilis pada tahun 2003 silam, disutradarai oleh Edward Zwick, dan dibintangi oleh aktor terkenal Hollywood yaitu Tom Cruise.

Film ini bercerita tentang seorang perwira Amerika Serikat yang ditugaskan ke Jepang sebagai mentor pasukan bersenjata tentara kerajaan Jepang, sampai akhirnya dia ikut terlibat dalam membasmi para Samurai yang dianggap pemberontak oleh kerajaan Jepang.

Film sebenarnya diadaptasi dari kisah nyata tentang Pemberontakan Satsuma yang terjadi pada tahun 1877. Dimana idealisme para Samurai tentang kesetiaan, kehormatan, dan harga diri sampai akhirnya terjadi perang antara Samurai dan kerajaan Jepang.

4. 13 Assassins (2010)

Film Samurai Terbaik

13 Assassins

Film ini rilis pada tahun 2010, disutradarai oleh Takashi Miike, dan dibintangi oleh Kōji Yakusho, Takayuki Yamada, Yūsuke Iseya, dan Goro Inagaki. Sedangkan ceritanya bersetting pada tahun 1940-an yaitu pada masa Shogun Tokugawa.

Film ini mengisahkan tentang seorang Samurai yang bernama Shinzaemon berusaha merekrut beberapa Samurai lainnya untuk membunuh seseorang bernama Naritsugu yaitu seorang penjahat besar yang kebal hukum dan sering melakukan pembantaian.

Akhirnya dengan segala taktik dan strategi, beberapa Samurai ini mencoba membunuh Naritsugu yang ternyata juga seorang ahli pedang Samurai dan dilindungi oleh 200 pasukannya.

5. Azumi (2003)

Film Samurai Terbaik

Azumi

Film ini rilis pada tahun 2003 silam, dan sutradaranya adalah Ryuhei Kitamura, sedangkan Aya Ueto berperan sebagai Azumi yaitu seorang Samurai wanita yang memiliki skill lumayan tangguh dalam menghadapi musuhnya.

Film ini bercerita tentang sekelompok anak muda yang dididik dari kecil untuk menjadi pembunuh yang dilatih oleh seorang Samurai. Dan salah satu anak tersebut adalah Azumi yang merupakan satu-satu anak perempuan dalam kelompok tersebut.

Sampai akhirnya mereka diuji sebelum mendapatkan tugas yang sesungguhnya yaitu membunuh salah satu teman dalam kelompok tersebut. Hal ini dilakukan agar mereka bisa menjadi pembunuh berdarah dingin.

Baca Juga: Mengenal 14 Jenis Pedang Samurai Jepang yang Indah Tapi Mematikan

6. When the Last Sword Is Drawn (2003)

Film Samurai Terbaik

When the Last Sword Is Drawn

Film Samurai terbaik selanjutnya ini diangkat berdasarkan kisah nyata yang memang pernah terjadi di masa lalu. Film yang disutradarai oleh Yojiro Takita ini bersetting pada masa akhir pemerintahan shogun Tokugawa.

Ceritanya berpusat kepada dua orang Samurai yaitu Saito Hajime dan Yoshimura Kanichiro. Saito Hajime diambil dari tokoh nyata, sedangkan Yoshimura Kanichiro merupakan tokoh fiktif yang menghianati klannya sendiri demi mendapatkan uang untuk menghidupi keluarga.

7. 47 Ronin (2013)

Film Samurai Terbaik

47 Ronin

Selain ” The Last Samurai “ ada satu lagi film Samurai terbaik buatan Hollywood yaitu ” 47 Ronin “. Film ini rilis pada tahun 2013 silam, disutradarai oleh Carl Rinsch, dan dibintangi aktor terkenal Hollywood yaitu Keanu Reeves.

Dalam film ini, Keanu Reeves berperan sebagai Kai yaitu seorang Samurai keturunan Inggris. Dia bergabung dengan para Samurai lainnya untuk membalas dendam atas kematian pemimpin mereka yang telah difintah sampai akhirnya harus melakukan seppuku (bunuh diri khas Samurai Jepang).

Film ini diadaptasi dari sebuah kisah nyata yang sudah menjadi salah satu legenda paling populer di Jepang yaitu tentang keberanian 47 Samurai yang mengembalikan kehormatan tuannya dengan cara balas dendam.

8. Rurouni Kenshin (2012)

Film Samurai Terbaik

Rurouni Kenshin

Film Samurai terbaik selanjutnya adalah Rurouni Kenshin. Film Samurai yang rilis pada tahun 2012 silam ini diadaptasi dari Manga dan Anime tentang Samurai paling populer di dunia yaitu Rurouni Kenshin atau kalau di Indonesia lebih dikenal dengan nama ” Samurai X “.

Film yang disutradarai oleh Keishi Ohtomo ini bercerita tentang seorang Samurai bernama Himura Kenshin yang memiliki masa lalu kelam sebagai pembunuh bayaran paling ditakuti di seluruh Jepang yang dikenal dengan nama ” Battosai “.

Setelah ikut dalam perang Bakumatsu, Himura Kenshin memutuskan berhenti jadi seorang pembunuh dan lebih memilih mengembara untuk membantu sesama sebagai penebus dosa. Tapi justru hal ini membuat banyak Samurai lainnya yang ingin mengadu pedang dengannya untuk membuktikan siapa yang paling hebat.

9. Rurouni Kenshin: The Legend Ends (2014)

Film Samurai Terbaik

Rurouni Kenshin: The Legend Ends

Film Samurai terbaik ini merupakan sekuel film Samurai yang berjudul ” Rurouni Kenshin “. Film yang rilis pada tahun 2014 ini masih berpusat pada sosok Himura Kenshin dalam menghadapi ahli pedang lainnya yang jahat.

Sebenarnya, film ini dibagi menjadi dua bagian, yang pertama yaitu Rurouni Kenshin: Kyoto Inferno dan yang kedua yaitu Rurouni Kenshin: The Legend Ends. Keishi Ohtomo masih dipercaya sebagai Sutradaranya.

Ceritanya tentang Himura Kenshin berusaha menghentikan Shishio untuk menghancurkan Tokyo. Shishio adalah seorang Samurai yang merupakan mantan pembunuh bayaran yang kurang lebih sama dengan Himura Kenshin.

Nah, itulah beberapa film Samurai terbaik yang seru, menegangkan, dan bagus untuk ditonton. Bagaimana, apakah kamu sudah pernah menonton semua film diatas?

Baca Juga: 9 Film Horor Jepang Terseram Yang Bisa Membuat Tidurmu Tak Nyenyak

Loading...

Add Comment