10 Film Survival Terbaik Yang Akan Mengajarkanmu Cara Bertahan Hidup

Film Survival adalah film yang bercerita tentang perjuangan hidup seseorang atau sekolompok orang dari sesuatu yang mengancam hidup mereka, dalam kondisi dan situasi tertentu seperti tersesat di hutan, medan perang, dan bencana alam.

Ada banyak pelajaran dan hikmah yang bisa dipetik dari jenis film ini, salah satunya yaitu mengajarkan kita agar tidak mudah menyerah dalam menghadapi masalah, karena seberat apapun masalahnya pasti ada jalan keluar yang terbaik.

Dari banyaknya film bertemakan Survival yang pernah dibuat, hanya beberapa yang berkualitas bagus, baik dari segi cerita maupun akting para aktor dan artisnya. Lantas, film Survival apa saja yang terbaik? berikut ulasannya

1. The Revenant

Film Survival Terbaik

The Revenant

Film Survival terbaik yang pertama adalah The Revenant, dimana lewat film yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama ini, untuk pertama kalinya aktor terkenal Leonardo Dicaprio akhirnya bisa mendapatkan piala Oscar.

Film ini bercerita tentang seorang pemburu yang bernama Hugh Glass yang diperankan dengan baik oleh Leonardo Dicaprio. Dimana pada tahun 1820-an, dia diserang seekor beruang besar di hutan saat sedang berburu.

Disaat Hugh Glass berjuang untuk bertahan hidup, teman-temannya yang lain malah meninggalkannya dan membiarkannya untuk mati. Akhirnya dengan penuh perjuangan, dia mampu bertahan hidup dan membalas dendam terhadap teman-temannya yang menghianatinya.

2. The Way Back

Film Survival Terbaik

The Way Back

Film Survival terbaik selanjutnya yaitu The Way Back. Film ini bercerita tentang perjuangan hidup dalam pelarian dari kamp Uni Soviet dengan melewati alam liar seperti pegunungan bersalju sampai gurun pasir sejauh berkilo-kilo meter.

Film ini bersetting perang dunia kedua, dimana selama invasi Uni Soviet terhadap Polandia , seorang tentara muda bernama Janusz Wiszczek yang dituduk sebagai mata-mata dan kemudian di interogasi oleh para tentara Uni Soviet.

Karena, pihak Uni Soviet tidak bisa membuat Janusz Wiszczek mengaku sebagai mata-mata, maka dia divonis penjara selama 20 tahun di Siberia. Disana Janusz Wiszczek bertemu dengan beberapa orang lainnya yang kemudian mereka merencanakan sebuah pelarian.

3. Life of Pi

Film Survival Terbaik

Life of Pi

Selanjutnya adalah film berjudul Life of Pi. Film ini menceritakan seorang pemuda asal India yang harus berjuang bertahan hidup di sebuah sekoci bersama seekor harimau dilautan setelah kapal yang ditumpanginya tenggelam.

Ceritanya berawal saat seorang pemuda asal India bernama Pi bersama keluarganya ingin pindah ke Kanada. Mereka pergi mengunakan kapal bernama Tsimtsum, tapi ditengah perjalanan kapal tersebut dihantam badai yang akhirnya tenggelam.

Pi berusaha menemukan keluarganya, tapi kru kapal malah melemparnya ke sebuah perahu darurat (sekoci) sebelum akhirnya kapal Tsimtsum tenggelam. Tapi saat badai reda, Pi menemukan dirinya bersama seekor harimau di sekoci tersebut.

4. Everest

Film Survival Terbaik

Everest

Film berjudul Everest ini menceritakan tentang perjuangan bertahan hidup para pendaki gunung Everest dari badai yang menerjang gunung Everest.

Cerita film ini berdasarkan kisah nyata yang terjadi pada tahun 1996. Dimana saat itu terjadi badai salju yang menerjang gunung Everest dan menewaskan beberapa pendaki yang sedang melakukan ekspedisi di gunung tersebut.

Film ini termasuk salah satu film yang banyak mengajarkan kepada para petualang, terutama pendaki gunung, bahwa dalam setiap pendakian gunung akan selalu ada bahaya yang siap mengancam kapan saja.

Selain itu, lewat film ini mengajarkan kepada para pendaki gunung, bahwa puncak bukanlah segala-galanya, tapi keselamatan nyawa harus lebih dulu diutamakan.

5. Cast Away

Film Survival Terbaik

Cast Away

Film Survival terbaik selanjutnya yaitu Cast Away. Film yang dirilis pada tahun 2000 ini menceritakan sebuah kecelakaan pesawat yang akhirnya membuat Chuck Nolan yang diperankan dengan baik oleh Tom Hanks harus terdampar dipulau terpencil.

Ceritanya berawal saat Chuck Nolan ditugaskan oleh bosnya untuk meninjau salah satu cabang perusahaan tempatnya bekerja di wilayah bagian selatan Pasifik dan tanpa pikir panjang dia langsung menerima tugas tersebut.

Entah karena apa, tiba-tiba pesawat yang dia tumpangi tiba-tiba mengalami kecelakaan dan terdampar disebuah pulau asing yang tidak berpenghuni dan terpencil. Hingga tidak terasa 4 tahun dijalani hidup di pulau ini.

Baca juga: Seru dan Menegangkan, Inilah 11 Film Zombie Terbaik di Dunia

6. 127 Hours

Film Survival Terbaik

127 Hours

Film ini menceritakan perjuangan bertahan hidup seorang pendaki bernama Aron Ralston dalam menyelamatkan hidupnya dari jepitan batu besar yang mengunci tangannya di Blue John Canyon.

Ceritanya berawal dari Aron Ralston yang merupakan seorang Insiyur mencoba mengeksplorasi dan mendaki di Blue John Canyon. Tapi sayang, saat melakukan pendakian tersebut dia terpeleset dan jatuh, kemudian batu besar jatuh yang membuat tangannya terjepit.

Survival yang dilakukan oleh Aron Ralston dalam film ini sangat layak jadi tontonan, dimana kehebatannya saat kecelakaan yang menimpanya di tempat terpencil dan tanpa bantuan ini banyak memberikan pelajaran tentang berharganya hidup kita.

7. Buried

Film Survival Terbaik

Buried

Film ini menceritakan seorang supir truk asal Amerika Serikat yang bekerja di Irak. Entah bagaimana cerita awalnya tiba-tiba dia terperangkap di dalam sebuah peti mati, dimana dia hanya punya handphone dan korek api.

Kemudian supir truk yang diketahui bernama Paul Conroy mulai mengingat-ingat kejadian sebelumnya, hingga dia mengingat bahwa dia dan teman-temannya disergap oleh teroris dan dipukul sampai pingsan.

Kemudian dia mendapatkan panggilan melalui handphone tersebut dan ternyata para teroris tersebut minta tebusan sebesar 5 juta dolar sebelum jam 9 malam atau dia akan ditinggalkan mati terkubur dalam peti mati tersebut.

8. Gravity

Film Survival Terbaik

Gravity

Film ini menceritakan tentang seorang insiyur biomedis bernama Dr. Ryan Stone yang diperan dengan baik oleh Sandra Bullock pergi ke luar angkasa yang dipimpin oleh Astronot veteran bernama Matt Kowalski yang diperan oleh George Clooney.

Ceritanya berlanjut saat tim mereka diperingatkan tentang adanya tentang missil milik Russia yang menyerang satelit yang sudah mati, dimana hal tersebut akan menimbulkan reaksi berkelanjutan di luar angkasa.

Sampai akhirnya puing satelit milik Russia tersebut dengan cepat menyerang mereka yang membuat banyak dari mereka akhirnya meninggal.

9. Rescue Dawn

Film Survival Terbaik

Rescue Dawn

Film Survival terbaik selanjutnya yaitu Rescue Dawn, dimana film ini menceritakan tentang seorang pilot tentara Amerika lahir di Jerman bernama Dieter Dengler yang pesawat yang dibawanya ditembak jatuh oleh pasukan gerilya di Laos.

Untungnya dia selamat dalam insiden tersebut, tapi dia tertangkap dan harus jadi tahanan perang. Di dalam penjara tersebut, dia bertemu dengan tentara Amerika Serikat lainnya yang lebih dulu tertangkap beberapa tahun yang lalu.

Kemudian mereka membuat sebuah rencana pelarian. Saat berhasil lolos dari penjara tersebut, ternyata mereka harus menghadapi penjara lainnya yaitu ganasnya hutan belantara Laos.

10. Sanctum

Film Survival Terbaik

Sanctum

Film Survival terbaik yang terakhirnya yaitu Sanctum. Film ini menceritakan tentang perjelajahan gua Esa’ala di Papua New Guinea, dimana secara tiba-tiba badai datang dan air dengan cepat memenuhi gua tersebut.

Nah, itulah beberapa film Survival terbaik yang akan mengajarkanmu cara bertahan hidup. Dengan alasan yang disebut diatas daftar film ini sangat bagus ditonton.

Baca juga:  11 Film Perang Terbaik Berdasarkan Kisah Nyata Paling Mengharukan

Loading...

Add Comment