7 Film Tentang Bisnis Yang Bisa Menginspirasi Para Calon Entrepreneur

Berdasarkan definisinya, Bisnis adalah sebuah kegiatan ekonomi yang melibatkan beberapa pihak dalam menyediakan dan mengunakan jasa atau barang demi mendapatkan keuntungan bersama, misalnya seperti dagang, jual-beli, dan sejenisnya.

Film juga termasuk salah satu dunia bisnis dibidang hiburan yang cukup berpengaruh di dunia, jadi tidak heran, jika banyak sineas-sineas film yang membidik tema bisnis dalam film garapan mereka.

Inilah 7 Kejadian Memalukan Wanita Kejepit Sesuatu Paling Langka

Film tentang bisnis tidak melulu berkisah tentang perjalanan seseorang dalam mencapai kesuksesan, banyak ragam tentang bisnis yang menarik dijadikan film. Lantas, film tentang bisnis apa saja yang bisa menginspirasi para calon Entrepreneur? berikut ulasannya

1. The Big Short (2015)

Film Tentang Bisnis

The Big Short

Film tentang bisnis yang pertama yaitu The Big Short. Film yang rilis pada tahun 2015 ini di sutradarai oleh Adam McKay dan dibintangi oleh Ryan Gosling, Christian Bale, Steve Carell, Brad Pitt, dan Marisa Tomei.

Pondasi cerita dalam film yang diadaptasi dari buku ” The Big Short: Inside The Doomsday Machine “ ini yaitu krisis finansial Amerika Serikat pada tahun 2007-2008 yang diakibatkan kredit perumahan yang menjulang tinggi.

Film ini bercerita tentang para pelaku bisnis yang nekat bertaruh dalam melakukan investasi secara besar-besaran dengan harapan bisa mendapatkan keuntungan yang besar ketika negara mengalami finansial.

Dalam film ini banyak istilah rumit yang berhubungan tentang dunia bisnis dijelaskan dengan cerdas oleh para aktor dan artisnya sehingga dengan mudah kita memahami tentang aktivitas bisnis dalam film tersebut.

2. The Wolf Of Wall Street (2013)

Film Tentang Bisnis

The Wolf Of Wall Street

Selanjutnya yaitu The Wolf Of Wall Street yang rilis pada tahun 2013 silam. Film ini di sutradarai oleh Martin Scorsese dan dibintangi oleh Leonardo DiCaprio, Margot Robbie, Jordan Belfort, dan Jonah Hill.

Film ini bercerita tentang kesuksesan sekaligus kebangkrutan seorang broker Wall Street dengan segala trik, keahlian dan penipuan serta pesta dengan gaya glamor sepanjang jalan kehidupan yang dijalaninya.

Film ini juga dimasukan dalam salah satu film yang banyak mengandung kontroversial, seperti ada beberapa adegan yang mengunakan kata kasar, pesta dengan mengunakan narkoba dan seksualitas, sampai mendapatkan pendanaan secara ilegal.

Meskipun begitu, film ini dianggap salah satu film terbaik bertemakan bisnis yang banyak menyajikan seluk beluk dunia bisnis. Selain itu, dari segi kualitas dan finansial, film ini termasuk sukses dipasaran.

3. Up In The Air (2009)

Film Tentang Bisnis

Up In The Air

Film tentang bisnis selanjutnya yaitu Up In The Air. Film yang rilis pada tahun 2009 silam ini di sutradarai oleh Jason Reitman dan dibintangi oleh George Clooney, Anna Kendrick, Vera Farmiga, dan Jason Bateman.

Cerita film yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Walter Kirn ini berpusat kepada Ryan Bingham yang diperan dengan baik oleh George Clooney dalam menjalankan tugasnya untuk melakukan pemecatan di berbagai perusahaan.

Kisah dalam film ini cukup unik yaitu menghadirkan karakter dengan profesi yang unik, dimana sangat dibutuhkan keahlian negosiasi dan komunikasi yang baik dalam proses pemutusan hubungan kerja.

Baca Juga: 11 Film Komedi Terbaik Yang Pasti Bisa Membuatmu Ketawa Sampai Ngakak

4. Sunshine Cleaning (2008)

Film Tentang Bisnis

Sunshine Cleaning

Film berjudul ” Sunshine Cleaning “ ini di sutradarai Christine Jeffs oleh dan dibintangi oleh Amy Adams, Emily Blunt, Alan Arkin, Steve Zahn, dan Jason Spevack. Film ini rilis pada tanggal 7 Maret 2009 silam.

Film ini bercerita tentang sebuah perusahaan bernama Sunshine Cleaning yang dijalankan oleh Rose Lorkowski yang diperankan dengan baik oleh Amy Adams , dimana perusahaan ini bergerak dibidang yang cukup unik yaitu jasa pembersihan lokasi bekas pembunuhan.

Hal ini dilakukan Rose Lorkowski demi menghidupi dirinya selaku single parent yang ditinggal pergi oleh suaminya. Dalam menjalankan perusahaannya, dia dibantu oleh adiknya sendiri yang hidupnya cendrung lebih glamour.

5. The Pursuit of Happyness (2006)

Film Tentang Bisnis

The Pursuit of Happyness

Kalau film tentang bisnis yang satu ini bercerita tentang keberhasilan seorang salesman menjadi salah satu pialang saham terkaya di dunia. Film ini rilis pada tahun 2006 yang lalu dan dibintangi oleh Will Smith yang berperan sebagai Chris Gardner.

Cerita film ini diawali pada tahun 1981, dimana Chris Gardner dan istrinya bersama anak mereka bernama Christopher hidup disebuah apartemen kecil. Sampai kemudian, keluarga ini mulai terpecah saat menyadari mereka tidak akan mampu membayar sewa rumah dan tagihan lainnya dan puncaknya, istrinya meninggalkan Chris Gardner ke New York City.

Dalam keputusasaannya, Chris Gardner tidak sengaja bertemu dengan seseorang yang membawa mobil mewah, kemudian dia bertanya kepada orang itu, apa pekerjaannya sehingga mampu beli mobil mewah tersebut, dan orang tersebut mengatakan bahwa dia adalah pialang saham.

Sejak saat itulah, Chris Gardner ingin berkarier sebagai pialang saham. Banyak kisah inspiratif yang dilalui oleh Chris Gardner dalam film ini yang mengambarkan bahwa hidup itu tidak mudah dan perlu biaya yang besar.

Sampai akhirnya, dia berhasil menjadi salah satu pilang saham terkaya di dunia. Salah satu bukti kesuksesannya adalah saat dia berhasil mendirikan perusahaan pialang sahamnya sendiri yaitu Gardner Rich, dimana pada tahun 2006 silam sebagian sahamnya dia jual dan mendapatkan jutaan dolar.

6. The Social Network (2010)

Film Tentang Bisnis

The Social Network

Di jaman sekarang siapa yang tidak kenal dengan Facebook yaitu salah satu jejaringan sosial media paling populer di dunia, dimana pengunanya sudah mencapai miliaran orang yang tersebar di seluruh dunia.

Nah, film yang berjudul ” The Social Network “ ini merupakan film yang menceritakan cikal bakal Facebook tersebut. Film yang rilis pada tahun 2010 ini diadaptasi dari buku ” The Founding of Facebook, A Tale of Sex, Money, Genius, and Betrayal “ karya Ben Mezrich.

Dalam film ini tidak satupun pendiri Facebook atau karyawan Facebook yang ikut andil dalam pembuatan film yang di sutradarai oleh David Fincher. Sedangkan karakter Mark Zuckerberg diperankan dengan baik oleh Jesse Eisenberg.

Cerita film ini ditulis oleh Aaron Sorkin, berdasarkan konsultasinya pada teman Mark Zuckerberg yang juga ikut andil dalam mendirikan Facebook yaitu Eduardo Saverin.

7. Jobs (2013)

Film Tentang Bisnis

Jobs

Cerita film tentang bisnis yang terakhir ini kurang lebih sama dengan cerita film ” The Social Network “ yaitu tentang keberhasilan seseorang dalam membangun suatu bisnis yang dia mulai dari nol.

Bedanya, kalau film ” The Social Network “ tentang jejaring sosial media yang sedang populer sekarang, sedang film ” Jobs “ tentang keberhasilan Steve Jobs dalam membangun bisnisnya dibidang teknologi dengan merek ” Apple “.

Film ini dirilis pada tanggal 15 Agustus 2013 dan di sutradarai oleh Joshua Michael Stern, sedangkan karakter Steve Jobs diperankan dengan baik oleh Ashton Kutcher. Selain Ashton Kutcher, ada beberapa bintang Hollywood yang terlibat di antaranya Josh Gad, Dermot Mulroney, Matthew Modine, dan Lukas Haas.

Nah, itulah beberapa film tentang bisnis terbaik yang bisa menginspirasi para calon Entrepreneur. Jadi sudah pernah menonton filmnya?

Baca Juga: Penuh Inspirasi, Inilah 7 Film Biografi Terbaik di Dunia

Loading...

Add Comment