Inilah 7 Film Tentang Hacker Terbaik Yang Wajib Kamu Tonton

Hacker atau yang kadang juga disebut Peretas adalah orang yang bisa menganalisis, memodifikasi, dan menerobos masuk ke dalam suatu jaringan virtual dengan tujuan mengambil alih jaringan virtual tersebut.

Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin maju, kejahatan pun ikut berkembang, ada beberapa orang yang memamfaatkan jaringan internet untuk melakukan aksi kejahatannya, salah satunya Hacking.

Nah, berikut ini adalah beberapa film tentang Hacker terbaik, ada beberapa di antaranya diangkat berdasarkan kisah nyata. Lantas, film tentang Hacker apa saja yang masuk kategori terbaik dan wajib kamu tonton? berikut ulasannya

7. Hacker – 1995

Film Tentang Hacker

Hacker

Dari judulnya saja kita sudah tahu film ini bertemakan apa? ya, ini adalah film tentang Hacker yang rilis pada tahun 1995 dan dibintangi Dade Murphy atau Zero Cool (Jonny Lee Miller), Kate atau Burn (Angelina Jolie).

Film ini menceritakan mengenai sekelompok anak SMA yang melakukan aksi Hacking terhadap perusahaan terkenal. Awalnya, aksi mereka ini hanya keisengan salah satu dari mereka yang memasukan virus ke dalam sistem perusahaan tersebut.

Ternyata, perusahaan tersebut juga memperkerjakan seorang Hacker yang bernama The Plague untuk melindungi sistem perusahaan tersebut. Tapi kemudian mereka menemukan sebuah kecurangan dilakukan oleh The Plague.

Hingga akhirnya mereka secara bersama-sama melakukan serangan demi mengungkap kecurangan yang dilakukan oleh The Plague tersebut.

6. Ghost aka Phantom – 2012

Film Tentang Hacker

Ghost aka Phantom

Film tentang Hacker yang rilis pada tahun 2012 silam ini berasal dari Asia, tepatnya Korea Selatan. Film ini menceritakan tentang penyidikan beberapa kasus yang dilakukan oleh Cyber Crime pemerintah terhadap kejahatan dunia maya.

Film ini dibintangi oleh So Ji Sub yang berperan sebagai polisi pandai dibidangnya, dia bersahabat dengan seorang yang mempunyai kemampuan yang kurang lebih sama dengannya, tapi memiliki jalan yang berbeda dengannya.

Sahabatnya ini adalah seorang Hacker terkenal dengan nama Phantom. Film tentang Hacker ini sangat menarik sebab penuh dengan intrik, cinta, dan dendam serta persahabatan dikemas secara apik dalam film ini.

5. Takedown – 2000

Film Tentang Hacker

Takedown

Kalau film tentang Hacker ini diangkat berdasarkan kisah nyata, ceritanya tentang Tsutomu Shimomura yaitu seorang Hacker pemerintah melawan Hacker kontroversial asal LA (Los Angeles) yaitu Kevin Mitnick.

Kevin Mitnick memang sudah lama menjadi buronan polisi, dengan mengunakan SAS (Switched Access System) dia berhasil lolos selama 1,5 tahun dari kejaran polisi, hingga akhirnya pihak berwajib meminta bantuan Tsutomu Shimomura.

Tsutomu Shimomura diminta oleh pihak berwajib membantu menangkap Kevin Mitnick, tapi dalam aksi pelacakannya, malah Tsutomu Shimomura yang kecolongan, dimana Kevin Mitnick berhasil mencuri data penting di komputer milik Tsutomu Shimomura.

Baca juga: 10 Film Detektif Terbaik Yang Bisa Menambah Wawasanmu

4. Antitrust – 2001

Film Tentang Hacker

Antitrust

Film ini rilis pada tahun 2001 silam. Film tentang Hacker ini menceritakan mengenai sebuah perusahaan bernama NURV yang sangat berambisi mendominasi dunia lewat teknologi. Salah satunya yaitu program bernama SYNAPSE.

Untuk membuat SYNAPSE inilah, perusahaan NURV yang dipimpin oleh Gary Winston (Tim Robbins) ini mencoba merekrut beberapa programer hebat dan handal dengan imbalan uang yang tidak sedikit.

Sampai akhrinya Gary mengenal Milo dan Teddy lewat perkumpulan yang bernama Skullbocks, kemudian mengajak mereka berdua untuk bergabung. Milo mau bergabung dan meninggalkan perkumpulannya, tapi tidak dengan Teddy.

Setelah itu, Teddy meninggal dunia karena dibunuh dengan kejam, yang membuat Milo jadi curiga terhadap Gary. Sampai akhirnya kecurigaan Milo bertambah kuat setelah Garry menunjukan sebuah kode baru yang sangat mirip dengan kode milik Teddy.

Dari sinilah cerita seru film ini, dimana dengan segala cara Milo berupaya menyelidiki perusahaan NURV yang dianggap memiliki keterlibatan dengan kematian temannya Teddy.

3. Swordfish – 2001

Film Tentang Hacker

Swordfish

Film tentang Hacker selanjutnya berjudul “Swordfish”, film ini rilis pada tahun 2001 dan dibintangi Hugh Jackman yang memerankan seseorang yang memiliki kemampuan Hacking yang hebat.

Film ini menceritakan mengenai seorang yang bernama Stanley Jobson yang memiliki kemampuan Hacking hebat, kemudian dia membobol sistem pemerintah yang membuatnya harus mendekam di dalam penjara selama 2 tahun.

Setelah kejadian tersebut, kehidupan Stanley Jobson semakin memburuk, dimana dia harus memutuskan bercerai dengan istrinya.

Disaat dia berada di pedesaan di Texas, dia didatangi seorang wanita yang bernama Ginger Knowles (Halle Berry). Kemudian wanita tersebut mengajaknya berkerja dengan bosnya yaitu Gabriel Shear (John Travolta).

Akhirnya, dia mau bekerja dengan Gabriel Shear, kemudian dia diminta untuk membobol sistem pemerintahan dalam waktu 60 detik saja. Stanley Jobson pun akhirnya berhasil membobolnya walaupun harus ditodong dengan pistol di kepalanya.

Melihat kemampuannya Stanley Jobson, Gabriel Shear pun berusaha memamfaatkan kemampuan Stanley Jobson untuk tujuan pribadinya. Dan disinilah permainan Gabriel Shear di mulai.

2. Blackhat – 2015

Film Tentang Hacker

Blackhat

Film tentang Hacker yang disutradarai oleh Michael Mann dan dibintangi oleh Chris Hemsworth yang memerankan seorang kriminal yang dipenjarakan dan kemudian diajak bekerjasama dengan agen rahasia Amerika Serikat.

Film ini menceritakan mengenai seorang yang bernama Nicholas Hathaway yang merupakan seseorang yang sedang mendekam dipenjara dan kemudian ditawari kerjasama dengan agen rahasia negara Amerika Serikat.

Tugasnya adalah menemukan jaringan kriminal dunia maya dan menangkap para penjahatnya yang dianggap membahayakan dunia.

Awalnya, pelaku kriminal mencoba menyerang reaktor nuklir di Tiongkok, sehingga Nicholas Hathaway diminta untuk bisa bekerjasama dengan agen rahasia Tiongkok, yang ternyata temannya sendiri yang bernama Chen Dawai (Leehom Wang).

Dari sinilah petualangan Nicholas Hathaway, bersama dengan Chen Dawai, mereka melacak dan melakukan pemburuan di beberapa negara yang merupakan tempat diduga sebagai tempat tinggal para pelaku kriminal tersebut.

Film yang berjudul “Blackhat” ini mengangkat kota Jakarta sebagai tempat berkumpulnya para pelaku kriminal, dan disini pula para pelaku kriminal ditangkap.

1. Who Am I – 2014

Film Tentang Hacker

Who Am I

Film tentang Hacker yang berjudul “Who Am I” ini dirilis pada September 2014. Di sutradarai oleh Baran bo Odar, dan dibintangi oleh Tom Schilling yang memerankan sebagai seorang ahli dalam bidang teknologi khususnya komputer.

Film ini menceritakan mengenai seorang pemuda yang bernama “Benjamin Engel” yang merupakan seorang ahli teknologi komputer. Karena keseriusannya mempelajari komputer membuatnya sering di bully dan dijauhi teman-temannya.

Hingga akhirnya dia bertemu dengan Max (Elyas M’Braek) yang ternyata juga mengidolakan Hacker yang sama yaitu Mister X. Kemudian Benjamin menceritakan kemampuannya, setelah itu Max mengajaknya bertemu dengan temannya yang lain.

Disana, Benjamin di suruh untuk bisa membuktikan kemampuannya tersebut dalam meretas untuk mematikan semua lampu yang ada di sekitar perumahan tersebut. Hingga akhirnya mereka membentuk tim Hacker bernama CLAY.

Dari semua aksi Hacking mereka, tim CLAY belum diakui kehebatan oleh dunia, karena itulah mereka mencoba meretas sistem pemerintahan yang lebih besar, tapi hal inilah yang membuat mereka jadi buronan Interpol.

Nah, itulah beberapa film tentang Hacker terbaik. Perlu diketahui juga, beberapa orang yang melakukan aksi Hacking atau peretasan suatu jaringan, terkadang bukan masalah uang saja, tapi lebih ketantangan.

Baca juga: 7 Film Tentang Agen Rahasia Terbaik Yang Penuh Aksi Menegangkan

Loading...

Add Comment