7 Film Tentang Penyanderaan Terbaik Yang Penuh Dengan Aksi Dramatis

Kejahatan yang dilakukan para pelaku kriminal itu banyak jenisnya, salah satunya yaitu penyanderaan, dimana berdasarkan definisinya, penyanderaan adalah menahan atau menculik orang atau beberapa orang dengan tujuan tertentu.

Motivasinya pun beragam, mulai dari yang disebabkan kepanikan hingga minta tebusan seperti uang dengan jumlah yang banyak, bahkan ada beberapa kasus penyanderaan yang disebabkan karena dendam terhadap orang yang disanderanya.

Inilah 7 Kejadian Memalukan Wanita Kejepit Sesuatu Paling Langka

Kini, kisah penyanderaan seperti itu banyak dijadikan kisah dalam suatu film, tentunya ditambah sedikit bumbu yang mendramalisir. Lantas, film tentang penyanderaan apa saja yang terbaik? berikut ulasannya

1. Inside Man (2006)

Film Tentang Penyanderaan

Inside Man

Film tentang penyanderaan yang pertama yaitu Inside Man. Film yang rilis pada tahun 2006 silam ini di sutradarai oleh Spike Lee dan dibintangi oleh Clive Owen, Denzel Washington, Jodie Foster, dan beberapa bintang Hollywood lainnya.

Film ini bercerita tentang beberapa penjahat yang mencoba merampok sebuah Bank. Demi memuluskan aksinya mereka menahan dan menyandera beberapa karyawan dan nasabah yang sedang berada di kantor bank tersebut.

Yang menarik dari cerita film ini yaitu bukan hanya ada dua pihak yang melakukan negosiasi yaitu penjahat dan polisi, tapi ada pihak ketiga yang juga mencoba melakukan negosiasi dengan penjahat yaitu orang yang tidak mau uangnya di ambil di bank tersebut.

Akhirnya semua negosiasi gagal dan para penjahat pun berhasil lolos dengan cara menyamar menjadi korban penyanderaan di antara kerumunan korban penyanderaan yang berhasil dibebaskan oleh pihak kepolisian.

Tapi, ada satu diantara penjahat tersebut yang masih tertinggal di dalam bank tersebut, dia juga berhasil lolos dengan barang curiannya yang diambilnya dalam brankas tersebut sesuai dengan rencananya.

2. Money Monster (2016)

Film Tentang Penyanderaan

Money Monster

Film tentang penyanderaan selanjutnya yaitu Money Monster. Film yang rilis pada tahun 2016 ini di sutradarai oleh Jodie Foster dan dibintangi oleh George Clooney, Julia Roberts, Jack O’Connell, Caitriona Balfe, dan masih banyak lagi.

Film ini bercerita tentang penyanderaan seorang wanita yang merupakan seorang presenter di sebuah acara finansial dimana penontonnya bisa menjadi investor. Penyanderaan pun ditayangkan secara Live sehingga bisa ditonton banyak orang melalui televisi.

Penyanderaan ini dilakukan oleh salah satu investor tersebut yang merasa sudah ditipu oleh acara tersebut, hingga dia memaksa presenter wanita tersebut memakai sebuah rompi yang sudah dipasangi bom.

Penyandera tersebut mengaku sudah menghabiskan semua uangnya untuk membeli sebuah saham perusahaan yang ternyata sedang mengalami masalah keuangan, makanya dia sampai nekat melakukan tindak kriminal ini.

Hingga akhirnya terkuak sebuah rahasia, dimana diketahui pimpinan perusahaan tersebut melakukan korupsi di perusahaaannya sendiri. Walaupun penyandera sudah mengetahui kebenaran, penyandera membuat sebuah gerakan mendadak yang membuatnya ditembak mati oleh polisi.

3. Hostage (2005)

Film Tentang Penyanderaan

Hostage

Selanjutnya adalah film berjudul Hostage yang rilis pada tahun 2005 silam. Film ini dibintangi oleh Bruce Willis bersama putri kandungnya yang berperan sebagai seorang anak yang sedang disandera oleh orang sudah mengenal baik keluarga yang sedang disanderanya.

Film ini bercerita tentang seorang mantan ahli negosiator S.W.A.T yang diperankan dengan baik oleh Bruce Willis dalam menghadapi sebuah kasus yang menimpa keluarganya, dimana anak dan istrinya disandera oleh orang yang sangat baik mengenalnya.

Sambil mencari informasi siapa dibalik orang sudah menyandera keluarga tersebut, dia juga harus cepat mencari cara untuk menyelamatkan anak dan istrinya dari cekraman tangan sang penyandera tersebut.

Film yang di sutradarai oleh Florent Siri ini memang sedikit beda dengan film tentang penyanderaan lainnya. Selain Bruce Willis, dan putrinya, film ini juga dibintangi oleh aktor muda seperti Marshall Allman dan Michelle Horn.

Baca Juga: Ini Dia 9 Film Misteri Terbaik Tentang Pembunuhan

4. John Q (2002)

Film Tentang Penyanderaan

John Q

Film tentang penyanderaan ini memang sangat mendramalisir, sebab film yang rilis pada tahun 2002 silam ini bercerita tentang penyanderaan yang dilakukan seorang ayah demi anaknya yang sedang sakit di sebuah rumah sakit.

Film yang di sutradarai oleh Nick Cassavetes ini mengisahkan sebuah keluarga yang sederhana, dimana sang ayah hanya bekerja sebagai buruh dan sang anak bermimpi menjadi seorang atlet suatu hari nanti.

Sampai akhirnya, sang anak didiagnosa mengalami pembengkakan jantung 3 kali lebih besar dari jantung manusia normal. Jika ingin tetap hidup, jantung sang anak harus dioperasi dan diganti dengan jantung baru.

Dari sinilah timbul masalah, karena ketidakmampuan orangtuanya dalam membayar biaya operasi dan mengobatan yang cukup besar hingga akhirnya pihak rumah sakit memutuskan memulangkan si anak tersebut.

Adegan selanjutnya, karena sudah putus asa, dia menyandera para dokter, perawat, sekuriti, dan beberapa pasien di rumah sakit tersebut dalam satu ruangan. Dia meminta pihak rumah sakit memasukan anaknya diurutan teratas sebagai penerima donor jantung.

5. Captain Phillips (2013)

Film Tentang Penyanderaan

Captain Phillips

Film tentang penyanderaan yang satu ini juga cukup mendramalisir sebab terinspirasi dari peristiwa nyata perompakan kapal Maersk Alabama yang terjadi pada tahun 2013 silam yang menyandra Kapten Richard Phillips di Samudera Hindia.

Film ini bercerita tentang perjuangan Kapten Richard Phillips yaitu Kapten dari kapal Maersk Alabama yang mengangkut kargo 17.000 ton dan 20 orang awak dalam menghadapi bajak laut yang mencoba membajak kapalnya.

Sampai akhirnya, kapal Maersk Alabama berhasil dibajak oleh kelompok bajak laut yang dipimpin oleh Abduwali Muse. Captain Phillips dan beberapa awak kapal lainnya berhasil mereka tawan, tapi ada beberapa awak lainnya yang berhasil bersembunyi.

Walaupun alur awal kisah datar saja, tapi seiring dengan lamanya alur ceritanya semakin menegangkan, jadi tidak heran jika film yang di sutradarai oleh Paul Greengrass berhasil masuk 6 nominasi Academy Award.

Selain itu, aktor pendukung yang diperankan dengan baik oleh Barkhad Abdi menjadi bumbu tersendiri dalam film ini. Bisa dikatakan dia berhasil menaikan tensi tegang para penontonnya dari awal sampai akhir film.

6. Olympus Has Fallen (2013)

Film Tentang Penyanderaan

Olympus Has Fallen

Apa jadinya jika seorang presiden berhasil dijadikan sandera oleh kelompok teroris? nah itulah yang terjadi dalam film yang berjudul ” Olympus Has Fallen “, dimana dalam film ini, presiden Amerika Serikat berhasil di sandera oleh kelompok teroris asal Korea Utara.

Film yang rilis pada tahun 2013 silam ini di sutradarai oleh Antoine Fuqua. Ceritanya tentang kelompok teroris asal Korea Utara yang berhasil menyandera presiden Amerika Serikat dan beberapa staffnya di Gedung Putih.

Film tentang penyanderaan ini cukup apik dengan aksi memukau Gerard Butler yang berperan sebagai Mike Banning yaitu seorang mantan ketua ajudan presiden yang diberhentikan dengan paksa karena insiden yang menimpa istri presiden.

Kini, dia seorang diri harus menghentikan aksi serangan gerilya kelompok teroris asal Korea Utara yang sedang menyandera presiden dan beberapa staff lainnya di sebuah banker di Gedung Putih.

7. The Town (2010)

Film Tentang Penyanderaan

The Town

Film tentang penyanderaan terbaik yang terakhir yaitu The Town. Film yang rilis pada tahun 2010 ini di sutradarai oleh Ben Affleck dan dibintangi oleh Jon Hamm, Rebecca Hall, Jeremy Renner, Blake Lively, dan masih banyak lagi.

Film yang berdasarkan novel ” Prince of thieves “ karya Chuck Hogan ini bercerita tentang sekelompok perampok yang dipimpin oleh Doug MacRay yang diperankan dengan baik oleh Ben Affleck sendiri.

Kisahnya berlanjut saat mereka merampok sebuah bank dan menyandera seorang manajer bank tersebut yaitu Claire Keesey. Intrik pun semakin menjadi saat Claire Keesey mengatakan bahwa dirinya jatuh cinta pada Doug MacRay.

Nah, itulah beberapa film tentang penyanderaan terbaik yang penuh dengan adegan aksi dramatis. Kamu sudah pernah menonton filmnya?

Baca Juga: 10 Film Survival Terbaik Yang Akan Mengajarkanmu Cara Bertahan Hidup

Loading...

Add Comment