Inilah 13 Film Tentang Perjuangan Indonesia Dalam Meraih Kemerdekaan!!

Follow +WowasiknyaDotcom

72 tahun yang lalu, Indonesia mendeklarasikan kemerdekaannya. Mulai harta, keluarga, bahkan nyawa harus dikorbankan oleh para pejuang Indonesia untuk meraih kemerdekaan Republik Indonesia tercinta ini.

Indonesia yang sekarang adalah warisan para pejuang Indonesia tersebut, karena kita yang hidup di jaman sekarang tidak akan mungkin pernah merasakan betapa sulitnya para pejuang di masa itu memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Tugas kita sekarang adalah menumbuhkan rasa Nasionalisme untuk generasi selanjutnya, salah satu caranya lewat media film, seperti beberapa film tentang perjuangan Indonesia berikut ini. Mari simak ulasannya

1. Battle of Surabaya (2015)

Film Tentang Perjuangan Indonesia

Battle of Surabaya

Film tentang perjuangan Indonesia dalam meraih kemerdekaannya yang pertama yaitu Battle of Surabaya. Film yang rilis pada tahun 2015 ini disutradarai oleh Aryanto Yuniawan dalam bentuk animasi.

Film ini katanya mendapat dukungan Walt Disney Pictures. Walaupun begitu, baik dari animasi, cerita, dan soundtracknya tetap melibatkan orang-orang asli Indonesia. Dalam posternya, tertulis bahwa ada 5 penyanyi Indonesia yang menjadi pengisi suara di film ini.

Film Battle of Surabaya ini terinspirasi dari salah satu peristiwa sejarah kemerdekaan Indonesia yang terjadi pada tanggal 10 November 1945 di kota Surabaya. Ceritanya sendiri berpusat kepada seorang remaja bernama Musa.

Awalnya Musa berkerja sebagai penyemir sepatu, kemudian dia diberi tugas untuk menjalankan misi dalam mengantar surat-surat rahasia Republik Indonesia kepada para pejuangnya. Istimewanya, film ” Battle of Surabaya “ ini adalah film animasi bertemakan perjuangan kemerdekaan pertama di Indonesia.

2. Jenderal Soedirman (2015)

Film Tentang Perjuangan Indonesia

Jenderal Soedirman

Film tentang perjuangan Indonesia dalam meraih kemerdekaannya selanjutnya yaitu film berjudul Jenderal Soedirman. Film yang rilis pada tahun 2015 ini disutradarai oleh Viva Westi, dan dibintangi oleh Adipati Dolken.

Seperti judulnya, film ini mengisahkan tentang salah satu sosok tokoh bangsa Indonesia yaitu Jenderal Soedirman, dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia dari penjajahan negara Belanda.

Film ini bersetting saat negara Belanda secara sepihak menyatakan sudah tidak terikat lagi dengan perjanjian Renville dan menghentikan genjatan senjata dengan negara Indonesia yang baru tiga tahun berdiri.

3. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

Film Tentang Perjuangan Indonesia

Guru Bangsa: Tjokroaminoto

Film ini bercerita tentang perjuangan salah satu bangsawan Jawa asal Ponorogo bernama Oemar Said Tjokroaminoto untuk kemerdekaan Republik Indonesia dengan organisasi Islam yang didirikannya pada tahun 1800-an.

Film yang rilis pada tahun 2015 ini disutradarai oleh Garin Nugroho, dan dibintangi oleh Reza Rahadian yang berperan sebagai sang tokoh Nasional tersebut. Dimana dia rela meninggalkan status kebangsawannya demi memperjuangkan kesetaraan antar penduduk Indonesia.

Karena pada masa itu, masih terlihat jelas kesenjangan sosial antar etnis, banyak penduduk pribumi yang belum mengenyam pendidikan, dan kemiskinan semakin parah.

4. Soekarno (2013)

Film Tentang Perjuangan Indonesia

Poster Film Soekarno

Seperti judulnya, film ini mengisahkan perjalanan sang tokoh proklamator Republik Indonesia yaitu Soekarno. Film yang rilis pada tahun 2013 ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo, dan dibintangi oleh Ario Bayu.

Film ini berlatarbelakang tahun 1920-an hingga Indonesia merdeka. Selain itu, cerita romantis antara Soekarno dengan kedua istrinya saat itu yaitu Inggit dan Fatmawati juga mewarnai film yang pernah memenangi ajang ASEAN Intertanional Film Festival and Awards pada tahun 2015 ini.

5. Soegija (2012)

Film Tentang Perjuangan Indonesia

Soegija

Mungkin tidak banyak yang tahu tentang salah satu pahlawan nasional bernama Albertus Soegijapranata, tapi sutradara Garin Nugroho berhasil mengemasnya menjadi sebuah salah satu film tentang perjuangan Indonesia yang cukup menginspirasi.

Film ini dibintang oleh Nirwan Dewanto yang berperan sebagai Albertus Soegijapranata. Latarbelakang film ini yaitu saat perang kemerdekaan Indonesia dan pendirian Republik Indonesia Serikat pada tahun 1940 hingga tahun 1949.

6. Sang Pencerah (2010)

Film Tentang Perjuangan Indonesia

Sang Pencerah

Film tentang perjuang Indonesia selanjutnya yaitu Sang Pencerah. Film yang rilis pada tahun 2010 ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo, dan dibintangi oleh Lukman Sardi, Muhammad Ihsan Tarore, dan Zaskia Adya Mecca.

Film ini bercerita tentang pendiri Muhammadiyah yaitu Ahmad Dahlan, dalam upayanya meluruskan ajaran agama islam yang banyak melengceng (sesat) di Indonesia pada tahun 1800-an. Bersama 5 murid setianya, Ahmad Dahlan berhasil mendirikan Organisasi Islam bernama Muhammadiyah.

Film ini banyak menunjukan sisi lain dari Ahmad Dahlan yang tidak banyak diketahui oleh publik. Dimana lewat film ini, Ahmad Dahlan mengajarkan nilai-nilai toleransi yang tinggi. Selain itu, film Sang Pencerah juga termasuk salah satu film religi Indonesia terbaik saat ini.

7. Merah Putih (2009)

Film Tentang Perjuangan Indonesia

Merah Putih

Film berjudul ” Merah Putih “ adalah salah satu film fiksi terbaik yang bertemakan perjuangan Indonesia dalam meraih kemerdekaan. Film yang rilis pada tahun 2009 ini merupakan kolaborasi rumah film produksi Indonesia dengan rumah film internasional.

Film yang disutradarai oleh Yadi Sugandi ini bercerita tentang Agresi Militer Belanda I yang terjadi pada tahun 1947 di Indonesia. Cerita film ini berpusat kepada 5 sekawan (karakter fiktif) yang selamat dari pembantaian Belanda.

Kemudian, mereka ikut berperang melawan Belanda secara Gerilya di pedalaman dengan sedikit diwarnai konflik antar 5 sekawan tersebut seperti perbedaan sifat, status sosial, entis, budaya, hingga agama.

8. Darah Garuda (2010)

Film Tentang Perjuangan Indonesia

Darah Garuda

Film tentang perjuangan Indonesia melawan Belanda berjudul ” Darah Garuda “ adalah film lanjutan (sekuel) dari film berjudul ” Merah Putih “ yang rilis pada tahun 2009. Film ini disutradarai oleh Yadi Sugandi dan Conor Allyn.

Ceritanya pun masih berpusat kepada karakter fiktif 5 sekawan yang selamat dari pembantaian Belanda, kemudian mereka ikut berperang melawan Belanda secara Gerilya di pedalaman hutan yang lebat.

9. Hati Merdeka (2011)

Film Tentang Perjuangan Indonesia

Hati Merdeka

Film tentang perjuangan Indonesia berjudul ” Hati Merdeka “ ini merupakan film terakhir dari trilogi Merdeka atau kelajutan dari film Merah Putih (2009 dan film Darah Garuda (2010). Film yang rilis pada tahun 2011 ini masih disutradarai oleh Yadi Sugandi dan Conor Allyn.

Ceritanya pun masih berpusat kepada karakter fiktif 5 sekawan yang lolos dari pembantaian Belanda, kemudian ikut berperang melawan Belanda secara Gerilya. Bedanya, di film ini terjadi pada tahun 1948 atau awal masa Revolusi Indonesia.

Mau lihat film perjuangan Indonesia yang lebih seru, untuk melanjutkan klik NEXT.

Loading...

Add Comment