7 Film Tentang Robot Yang Menunjukan Betapa Canggihnya Teknologi

Perkembangan dunia teknologi saat ini sudah semakin pesat, dimana manusia semakin gigih dalam belajar untuk menciptakan segala sesuatu demi mempermudah pekerjaan manusia, termasuk juga menciptakan sebuah robot.

Bukan tidak mungkin, suatu saat nanti di masa depan, akan ada orang yang bisa menciptakan robot-robot seperti layaknya manusia yang bisa dimamfaatkan untuk mempermudah pekerjaan manusia agar lebih efesien.

Nah, berbicara tentang perkembangan dan kecanggihan teknologi robot, ternyata sudah ada beberapa yang mengangkatnya ke dalam sebuah film. Lantas, film apa saja yang menunjukan kecanggihan teknologi tentang robot? berikut ulasannya

1. Terminator Genesys (2015)

Film Tentang Robot

Terminator Genesys

Film tentang robot pertama yang menunjukan kecanggihan sebuah teknologi yaitu Terminator Genesys. Film yang rilis pada tahun 2015 silam ini disutradarai oleh Alan Taylor, dan dibintangi oleh Jai Courtney dan Emilia Clarke.

Film ini menunjukan tentang sebuah kecanggihan teknologi di masa depan, saking canggihnya justru berdampak buruk (negatif) bagi kelangsungan hidup manusia, dimana cerita dalam film ini robot-robot ingin memusnahkan manusia.

Film ini bercerita pada tahun 2029, dimana saat itu, dunia sudah hampir dikuasai oleh robot-robot canggih. Kemudian, robot-robot tersebut kembali ke masa lalu yaitu pada tahun 1984 untuk membunuh seseorang yang kelak di masa depan bisa menghalangi rencana mereka untuk menguasai dunia.

2. Big Hero 6 (2014)

Film Tentang Robot

Big Hero 6

Film tentang robot berikutnya yang juga menunjukan kecanggihan sebuah teknologi yaitu Big Hero 6. Walaupun judul film animasi yang rilis pada tahun 2014 ini ada angka 6, tapi film ini bukan termasuk film sekuel.

Film yang disutradarai oleh Don Hall dan Chris Williams ini bercerita tentang sebuah karya baru dalam sains dan teknologi di masa depan yang dikembangkan dan diciptakan oleh seorang anak muda bernama Hiro.

Hiro berhasil membuat kumpulan Microbot yang bisa dikendalikan lewat aplikasi dengan teknologi canggih bernama Neurotransmitter. Kalau belum paham dengan penjelasannya, mending nonton saja film, dijamin pasti seru.

3. Real Steel (2011)

Film Tentang Robot

Real Steel

Selanjutnya yaitu Real Steel yang rilis pada tahun 2011, film ini disutradarai oleh Shawn Levy, dan dibintangi oleh Hugh Jackman dan Dakota Goyo. Ceritanya berpusat tentang pertarungan antar robot diatas ring tinju.

Film ini berkisah tentang sebuah robot rongsokan dari generasi pertama yang berhasil ditemukan oleh seorang anak yang kemudian diberinya nama Atom. Setelah itu, robot rongsokan tersebut dipoles dengan suku cadang canggih pada masa itu sehingga robot tersebut menjadi lebih kuat.

Setelah itu, Atom diikutsertakan di kejuaraan gulat antar robot. Tanpa diduga, ternyata Atom mampu bersaing diatas ring, sampai-sampai karena ketangguhannya, ada beberapa lawannya yang ingin membeli Atom dengan harga yang tinggi.

Baca Juga: Penuh Dengan Ketegangan, Inilah 5 Film Monster Terbaik di Dunia

4. RoboCop (2014)

Film Tentang Robot

RoboCop

Film tentang robot yang satu merupakan remake dari film dengan judul sama yang rilis pada tahun 1987. Film yang rilis pada tahun 2014 ini disutradarai oleh José Padilha, dan bintang utamanya adalah Joel Kinnaman yang berperan sebagai RoboCop.

Film ini menceritakan tentang kisah awal mula seorang polisi jujur yang mengalami kecelakaan sampai akhirnya dia dirubah menjadi sebuah robot polisi atau lebih dikenal dengan sebutan RoboCop.

Tapi sayangnya, perusahaan yang membiayai pembuatan robot tersebut menginginkan keuntungan yang lebih. Kemudian dia diprogram agar bisa melupakan keluarganya, sehingga menimbulkan komplik batin dalam dirinya antara perasaan manusia dan program robot tersebut.

5. Wall-E (2008)

Film Tentang Robot

Wall-E

Kalau film robot animasi yang satu ini memiliki banyak sekali pesan moral di dalamnya, misalnya kemajuan teknologi yang terlalu pesat bisa berdampak buruk dan negatif bagi kelangsungan hidup manusia di planet bumi.

Film yang rilis pada tahun 2008 silam ini bercerita tentang sebuah robot pembersih sampah di bumi yang bernama Wall-E. Ceritanya berlanjut, Wall-E berhasil menemukan tanda-tanda kehidupan di bumi yang sudah rusak parah akibat sampah teknologi.

6. Ex Machina (2015)

Film Tentang Robot

Ex Machina

Kalau film tentang robot yang berjudul ” Ex Machina “ ini mengambil tema psikologi ilmiah. Film yang rilis pada tahun 2015 ini disutradarai oleh Alex Garland dan dibintangi oleh sejumlah bintang Hollywood seperti Alicia Vikander dan Oscar Isaac.

Film ini bercerita tentang robot pintar yang sudah mengalami perkembangan psikologi, sampai akhirnya robot pintar yang diberi nama Ava ini memiliki keinginan psikologi untuk bebas dari cengkraman manusia. Untuk bebas tersebut, Ava sampai harus membunuh penciptanya.

7. Chappie (2015)

Film Tentang Robot

Chappie

Film tentang robot yang terakhir yaitu Chappie. Film yang rilis pada tahun 2015 ini bercerita dimana pada jaman itu, manusia sudah berhasil membuat robot pintar dan tangguh yang bisa membantu tugas pihak berwajib dalam menangkap penjahat.

Kemudian, ada salah satu pencipta robot tersebut yang mengembangkan sebuah program kecerdesan buatan, setelah itu, dia menanamkan program tersebut ke sebuah robot polisi yang sudah tidak terpakai lagi. Sayangnya, ada kelompok orang jahat yang tahu informasi ini dan ingin memusnahkan robot tersebut.

Nah, itulah beberapa film tentang robot yang menunjukan bahwa teknologi tidak selamanya berdampak baik bagi manusia, tapi bisa juga berdampak buruk kalau salah digunakan, terutama buat lingkungan sekitar kita.

Baca Juga: Ini Dia 9 Film Misteri Terbaik Tentang Pembunuhan

Loading...

Add Comment