Fungsi dan Jenis Drone Paling Populer Saat Ini

Drone atau pesawat tanpa awak, kini menjadi salah satu teknologi yang banyak digunakan. Kalau dulu drone hanya digunakan dalam bidang militer, kini kita bisa memanfaatkannya untuk berbagai kepentingan lain dalam kehidupan sehari-hari. Drone juga semakin mudah ditemui, karena sudah bebas dijual secara komersial, baik itu secara offline maupun online. Fungsi drone yang berbeda-beda tentu saja ditunjang oleh jenis drone yang memiliki kemampuan berbeda-beda pula. Karena itu jika jika Anda hendak membeli perangkat ini, sebaiknya kenali dulu jenis dan fungsinya.

Fungsi Dari Berbagai Jenis Drone

Jika Anda melihat katalog produk drone dari sebuah toko online, terlihat ada berbagai jenis drone yang ditawarkan. Jenis-jenis tersebut memiliki spesifikasi maupun kemampuan yang berbeda-beda. Ada drone yang dilengkapi dengan kamera yang canggih, ada juga yang mampu mengangkat beban berat. Macam-macam drone dan harganya ditawarkan untuk kepentingan yang berbeda-beda. Anda bisa memilih drone mana yang paling sesuai dengan kebutuhan penggunaannya kemudian. Adapun beberapa fungsi drone yang saat ini banyak digunakan masyarakat adalah:

  1. Drone untuk keperluan fotografi
    Drone yang banyak dijual saat ini dilengkapi dengan fitur kamera yang canggih. Kamera yang digunakan memiliki sensor yang bagus sehingga dapat menghasilkan gambar ataupun video yang jernih. Jenis drone seperti ini banyak digunakan dalam bidang fotografi, maupun peliputan stasiun TV. Drone akan mengambil gambar dari udara yang tidak bisa diambil manusia secara langsung. Beberapa studio yang menyediakan jasa dokumentasi pernikahan juga sudah menggunakan drone. Mereka mengambil moment resepsi dari atas udara menggunakan drone.
  2. Drone untuk keperluan pertanian
    Di negara-negara maju, drone sudah sejak lama digunakan dalam bidang pertanian. Petani-petani modern yang memiliki luas lahan yang besar menganggap bahwa drone merupakan sebuah teknologi yang dapat membuat pekerjaan mereka menjadi lebih cepat dan efisien. Jenis drone yang digunakan dalam bidang pertanian adalah drone yang mampu mengangkut sekaligus menyebarkan pupuk serta pestisida dari udara. Dengan menggunakan drone, biaya produksi yang diperlukan terbukti lebih rendah daripada menggunakan teknologi lainnya ataupun menggunakan banyak tenaga kerja.
  3. Drone untuk pengiriman barang
    Kemacetan yang terjadi di kota-kota besar, membuat jasa pengiriman barang harus melakukan banyak inovasi dalam melayani konsumennya. Karena itu kini bermunculan layanan pengiriman barang yang memanfaatkan perangkat drone. Jenis drone yang digunakan tentu saja yang memiliki space untuk membawa barang. Drone ini akan mengirimkan surat, dokumen bahkan paket hingga seberat 1 kg. Walaupun berat beban yang dibawa sangat terbatas, tapi layanan ini terbukti sangat diminati oleh konsumen yang ingin mengirimkan barang dalam waktu singkat di tengah kemacetan.
  4. Drone sebagai pemancar jaringan wifi
    Salah satu fitur yang dimiliki jenis drone canggih saat ini adalah wifi. Pemancar wifi yang bergerak ini ternyata memberikan banyak manfaat untuk melakukan akses internet secara mobile di tempat-tempat yang memiliki keterbatasan jaringan. Drone yang memiliki wifi dan juga dilengkapi dengan kamera, kini banyak digunakan oleh stasiun TV atau media massa lainnya. Mereka dapat melakukan peliputan dan sekaligus menayangkannya secara live berkat perangkat ini. Beberapa drone murah berkualitas juga sudah dilengkapi dengan fitur tersebut.
  5. Drone untuk penelitian
    Tidak hanya dibidang fotografi, jasa atau media massa. Drone juga terbukti sangat bermanfaat dalam bidang ilmu pengetahuan atau science. Sebuah riset atau penelitian akan sangat terbantu dengan adanya teknologi drone. Pesawat tanpa awak ini sangat mudah dimodifikasi untuk disesuaikan dengan fungsi-fungsi yang diinginkan. Misalnya drone yang dimodifikasi agar dapat memonitor sebuah kawah gunung berapi ataupun tempat-tempat lain yang tidak bisa didekati manusia. Beberapa jenis drone juga dapat digunakan untuk mengambil sampel air, tanah dan lainnya dalam sebuah penelitian.

Fungsi atau manfaat drone memang semakin banyak dan terus berkembang. Manusia berusaha membuat berbagai jenis drone dengan kemampuan yang semakin canggih untuk dapat meningkatkan taraf hidup serta mempermudah pekerjaannya. Beberapa orang mampu merakit sendiri pesawat tanpa awak ini. Tetapi berbagai perusahaan terkemuka juga sudah menyediakan drone dengan berbagai kemampuan yang dibutuhkan. Konsumen tinggal memilih drone mana yang paling sesuai dengan fungsi yang diinginkan.

Jenis Drone Paling populer Saat Ini

Dari kelima fungsi drone yang telah dijelaskan diatas, drone fotografi menjadi yang paling populer saat ini. Berbagai keperluan media massa, seni footografi, bisnis di internet ataupun hanya untuk sekedar hobi menjadi alasan banyak orang menggunakan drone ini. Harga drone fotografi juga beragam, dari beberapa juta rupiah hingga diatas sepuluh juta. Beberapa jenis dari drone fotografi yang populer saat ini diantaranya adalah :

  1. DJI Phantom
    DJI Phantom menjadi jenis drone yang sangat populer karena memiliki banyak fitur yang canggih dan juga mewah. Salah satu fitur tersebut adalah GPS yang memungkinkan drone untuk terbang tinggi dan dalam jarak yang cukup jauh. Drone ini juga mampu kembali ketempat asal dengan otomatis. DJI Phnatom dari versi 2 hingga 4 telah memiliki kamera yang terintegrasi. Kualitas kameranya pun tidak sembarangan, tetapi sangat baik untuk digunakan mengambil foto maupun merekam video.
  2. Nine Eagle
    Kebutuhan akan drone murah berkualitas baik dijawab oleh produsen Nine Eagle. Drone yang memiliki harga terjangkau ini sangat populer dikalangan pengguna pemula. Selain harganya yang murah, kemudahan dalam menggunakan menjadi kelebihan lainnya. Dengan kemudahan tersebut, drone Nine Eagle banyak dipakai sebagai media pengenalan maupun pembelajaran fotografi udara. Fitur-fiturnya pun cukup lengkap dan tidak akan mengecewakan.
  3. Parrot
    Parrot menjadi salah satu jenis drone populer karena berbagai media yang bisa digunakan untuk melakukan kontrol. Media kontrol tersebut bisa berupa remote kontrol, smartphone, tablet, gelang bahkan kacamata. Semua media kontrol tersebut akan mempermudah dalam menerbangkan drone maupun melakukan pengambilan foto dan juga video dari udara. Parrot menjadi drone yang memiliki bentuk unik dengan berbagai tipe yang ditawarkannya. Ada tipe mini drone, ada juga yang dilengkapi dengan GPS dan kemampuan untuk ‘Return home’.
  4. Syma
    Drone murah dengan kamera menjadi jenis drone yang paling banyak dicari saat ini. Karena itu tidak mengherankan jika Syma menjadi salah satu merk yang semakin populer. Harganya yang sangat terjangkau dijadikan kelebihan untuk menghadang para pesaingnya. Tetapi walau hadir dengan harga murah, Syma tetap selalu konsisten untuk memaksimalkan potensi pengambilan gambar di udara. Hal ini terbukti dengan fitur Action Cam yang mereka kembangkan.

Berbagai jenis drone yang populer saat ini memang sangat menarik untuk dicoba. Kemampuan dan fitur-fitur canggihnya telah membuat berbagai hasil foto layak menjadi karya seni bernilai tinggi. Video yang direkamnyapun memiliki banyak manfaat bagi masyarakat, seperti untuk menampilkan kondisi kemacetan lalu lintas. Jika tertarik, Anda bisa memilih drone yang paling sesuai dengan kebutuhan dari beberapa jenis yang paling populer saat ini.

Loading...

Add Comment