5 Perbedaan Gaya Pacaran Jaman Sekarang Dengan Gaya Pacaran Jaman Dulu

Gaya Pacaran Jaman Sekarang

Ilustrasi gaya pacaran jaman sekarang via brilio.net

Kamu tentunya pernah mendengar nenek dan kakek atau orangtuamu bercerita tentang kisah cinta mereka, sambil menyimak, kamu tentunya bisa mengimajinasikan bagaimana manisnya gaya pacaran pada jaman itu.

Seiring dengan berjalannya waktu, gaya pacaran pun ikut berubah. Banyak perbedaan gaya pacaran jaman sekarang dengan gaya pacaran jaman dulu, dimana semuanya serba terbatas, tapi kenangan manisnya membekas sampai sekarang.

Lalu bagaimana dengan gaya pacaran jaman sekarang? Sebelum menilainya terlalu jauh, ada baiknya menyimak beberapa ulasan perbedaan gaya pacaran jaman sekarang dengan gaya pacaran jaman dulu. Berikut ulasannya

1. Semakin modern, pacaran semakin di usia dini

Bukan rahasia umum lagi, bahwa di jaman sekarang anak di bawah umur 12 tahun sudah mulai mengenal dunia pacaran. Entah pengaruh lingkungan atau orangtua jaman sekarang yang membebaskan pergaulan anaknya.

Selain itu, di jaman sekarang lagu dan film yang bertemakan anak-anak sudah tergusur dengan lagu dan film yang bertemakan cinta. Mungkin hal inilah yang sedikit mempengaruhi banyak anak jaman sekarang dewasa sebelum waktunya.

Berbeda dengan anak generasi 90-an ke atas, mereka mengenal cinta monyet minimal saat menginjak bangku SMP, itupun masih sembunyi-sembunyi dan malu-malu, serta mengungkapkan perasaannya pun tidak secara langsung.

Kalaupun mereka pacaran, umumnya dilakukan secara sembunyi-sembunyi, sebab di jaman dulu kebanyakan para orang tua sangat melarang dan tidak mengizinkan anaknya pacaran selama masih sekolah.

2. Media Curhat

Jaman dulu belum ada yang namanya media sosial seperti facebook, twitter, dan media sosial lainnya, makanya teman dan buku harian adalah media curhat yang paling favorit pada jaman itu. Buku harian yang ditulis sebelum tidur atau disela-sela jam pelajaran akhirnya menjadi saksi kenang-kenangan terindah bersama gebetan atau pacar.

Berbeda dengan jaman sekarang yang serba digital, dimana segala sesuatunya bisa diakses dengan mudah via internet, makanya media curhat jaman sekarang lebih sering lewat media sosial seperti facebook. twitter, dan media sosial lainnya.

Yang khas cara curhat anak jaman sekarang adalah penuh dengan kode, sehingga curhat yang berupa status di facebook atau tweet di twitter bukan hanya ingin mengungkapan sesuatu tapi juga ditujukan kepada seseorang.

Baca juga: 10 Panggilan Sayang Untuk Pacar Khas Anak Muda Indonesia

3. Gaya Kencan

Gaya pacaran jaman dulu memang serba terbatas, uang terbatas, terkadang pacaran pun harus sembunyi-sembunyi, tapi tetap terasa indah karena dilakukan berdua seperti makan bakso semangkok berdua dan ketika sedang bokek biasanya pulang sekolah jalan kaki berdua atau naik sepeda.

Dan yang lebih menariknya lagi adalah perasaan deg-degan saat membalas atau menerima surat cinta yang kadang diselipkan sebagai pembatas buku atau sengaja ditinggal di bawah kolong meja setelah sekolah sudah selesai.

Beruntung anak jaman sekarang yang sangat dimudahkan dengan gadget canggih dan internet yang bisa diakses dimana saja dan gaya pacaran jaman sekarang pun ikut berubah, dimana hubungan LDR pun bisa dibatasi dengan ponsel.

Kalau mau kencan, tidak perlu naik sepeda atau jalan kaki, karena di jaman sekarang sudah banyak alat transpotasi yang modern. Selain itu, di jaman sekarang sudah banyak cafe-cafe modern yang bisa dijadikan tempat kencan.

Tapi ada harga ada rupa, semakin modern cintanya, maka bisa semakin mahal juga ongkos kencannya.

4. Modal Cinta

Di jaman dulu, komitmen dan kesungguhan dalam hubungan percintaan sangat sakral, dimana tidak perlu punya mobil dan rumah untuk menikah, selama pasangan kita bisa bertanggung jawab dan mengerti etika serta tata krama maka restu pernikahan akan datang dengan sendirinya.

Memang jaman dulu, memilih pasangan tidak harus yang memiliki materi yang lebih, yang penting mempunyai latar belakang yang baik atau pendidikan yang baik.

Tapi semakin modern dan tuntutan ekonomi semakin tinggi akhirnya turut juga mempengaruh gaya pacaran jaman sekarang, dimana pertimbangana materi dan kemapanan menjadi salah satu tolak ukur dalam memilih pasangan.

Apalagi jika ingin menikahi wanita modern, kalau belum punya rumah atau pekerjaan tetap dengan gaji yang cukup besar, rasanya sangat mustahil untuk bisa menikahi atau meminang gadis idaman.

5. Bagus Mana Gaya Pacaran Jaman Sekarang atau Gaya Pacaran Jaman Dulu?

Setiap jaman ada trendnya sendiri seperti gaya pacaran jaman dulu yang belum banyak gadget dan internet yang belum bisa diakses dengan mudah, tapi saat-saat yang dilalui bersama begitu terasa sangat romantis.

Berbeda dengan gaya pacaran jaman sekarang, dimana rasa romantis bisa diciptakan atau dibuat dengan cara yang lebih kreatif, hal ini tentunya tidak lepas dari peranan banyak fasilitas dan media yang dengan mudah bisa di akses.

Nah, itulah sedikit perbedaan gaya pacaran jaman sekarang dengan gaya pacaran jaman dulu. Perlu diingat bahwa kita memang tidak harus mengikuti apa yang terjadi di jaman dulu tapi kita harus melihatnya sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan untuk masa depan kita.

Baca juga: 5 Cara Membuat Pacar Kangen Bila Kamu Tidak Ada Disampingnya

Loading...

Add Comment