Melihat 10 Gua Terdalam Di Dunia Yang Penuh Misteri

Kata gua berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Guha yang artinya lubang di dalam tanah. Tapi beberapa peneliti mendefinisikan gua adalah ruangan cukup besar di dalam tanah atau batuan dan tidak menerima sinar matahari selain dari itu bukan gua.

Gua berbeda dengan tempat lainnya, karena hanya sedikit orang yang pernah pergi kesana. Hal ini disebabkan, selain gelap juga medan yang dilalui juga sangat sulit dan ditambah lagi kita tidak tahu makhluk apa saja yang ada di dalamnya.

Berbagai rekor gua terdalam di dunia telah ditemukan, salah satunya yaitu gua Krubera atau yang disebut juga gua Voronja di Abkhazia, Georgia dengan kedalaman mencapai lebih dari 2 km. Selain itu, ditemukan juga gua lain yang kedalamannya tidak kalah dibanding dengan gua Krubera. Gua apa saja itu? berikut ulasannya

10. Gua Sima de la Cornisa – 1506 meter

Gua Terdalam Di Dunia

Gua Sima de la Cornisa

Gua ini terletak di Spanyol, tepatnya di pegunungan Picos de Europa. Menurut hasil observasi para spelunker (orang yang hobi mengeksplor gua), kedalaman gua ini lumayan menakjubkan yang mencapai hingga 1.506 meter

9. Gua Shakta Vjacheslav Pantjukhina – 1508 meter

Gua Terdalam Di Dunia

Gua Shakta Vjacheslav Pantjukhina

Di Georgia, ada kurang lebih 400 gua dengan ukuran luar biasa. Salah satu yang terletak di Caucasus barat yaitu Shakta Vjacheslav Pantjukhina dengan kedalaman kurang lebih 1.508 meter.

8. Gua Cehi – 1518 meter

Gua Terdalam Di Dunia

Gua Cehi

Kalau gua ini berada di Slovenia. Gua Cehi merupakan gua terdalam di negara tersebut dengan kedalaman mencapai sekitar 1.518 meter.

7. Gua Sarma – 1542 meter

Gua Terdalam Di Dunia

Gua Sarma

Gua ini juga berada di Georgia. Mereka yang pernah mengobservasi gua tersebut mengatakan kedalaman gua Sarma sekitar 1.452 meter. Tapi para Spelunker masih terus menjelajahi gua tersebut, siapa yang tahu, ukuran yang sudah ditetapkan sekarang bisa bertambah seiring dilakukannaya eksplorasi tersebut.

6. Gua Torca del Cerro del Cuevon – 1.589 Meter

Gua Terdalam Di Dunia

Gua Torca del Cerro del Cuevon

T-33 merupakan nama lain dari gua Torca del Cerro del Cuevon yang merupakan gua terdalam di negara Spanyol dengan kedalaman mencapai 1.589 meter. Gua ini sangat cocok untuk para pencinta petualangan, karena untuk mencapai gua ini cukup sulit.

5. Gua Reseau Jean Bernard – 1602 meter

Gua Terdalam Di Dunia

Gua Reseau Jean Bernard

Gua Reseau Jean Bernard berada di Samoens, Perancis, tepatnya di pengunungan Alpen dengan kedalaman mencapai 1.604 meter. Gua ini pertama kali ditemukan pada tahun 1959, sedangkan nama gua tersebut diambil dari dua nama peneliti gua tersebut yaitu Jean Dupont and Bernard Raffy.

Gua ini memiliki 8 pintu masuk, yang hingga sekarang masih terus ditelusuri. Gua ini juga pernah memegang gua terdalam di dunia hingga pada tahun 1980.

4. Gua Vogelshacht and the Lamprechtsofen – 1631 meter

Gua Terdalam Di Dunia

Gua Vogelshacht and the Lamprechtsofen

Gua yang sudah diketahui beberapa abad silam ini berada di Austria, menghubungkan antara Lamprechtsofen dan Vogelschacht dengan kedalaman mencapai 1631 meter. Tapi dalamnya masih berpeluang untuk bertambah karena belum dijelajahi secara keseluruhan.

Selain kedalaman gua tersebut yang luar biasa, disini juga dipercaya oleh penduduk setempat sebagai tempat harta karun dari seorang ksatria bernama Lamprecht. Oleh karena itu, untuk mengurangi kerusakan akibat pencarian harta karun tersebut, akhirnya gua ini ditutup untuk sementara.

3. Gua Gouffre Mirolda – 1733 meter

Gua Terdalam Di Dunia

Gua Gouffre Mirolda

Gua ini juga berada di Perancis dengan kedalaman mencapai 1.733 meter. Pada tahun 2003 dilakukan sebuah ekspedisi untuk mengetahui kedalaman gua ini. Hingga ditemukan sebuah jalur yang terhubung dengan Lucien Coudlier. Gua ini juga diketahui sebagai gua pertama yang pernah dijelajahi sejauh 1 km ke bawahnya.

2. Gua Illuzia-Snezhnaja Mezhonnogo – 1752 meter

Gua Terdalam Di Dunia

Gua Illuzia-Snezhnaja Mezhonnogo

Gua ini juga terletak di Caucasus barat, Georgia. sesuai dengan namanya, gua ini memang dua gua yang jadi satu, yang pertama Illuzia dan yang kedua snezhnaja. Dengan kedalaman mencapai hingga 1752 meter.

1. Gua Krubera – 2190 Meter

Gua Terdalam Di Dunia

Gua Krubera

Gua Krubera atau yang disebut juga gua Voronja merupakan gua terdalam di dunia dengan kedalamannya mencapai 2190 meter. Gua ini juga terletak di Caucasus barat, Georgia dan sampai sekarang terus dilakukan eksplorasi dalam rangka untuk mengetahui kondisi dalam gua.

Nama Krubera diambil dari nama seorang ahli gua yaitu Alexander Kruber yang mendapat gelar geografis Rusia. Sedangkan Voronja artinya burung gagak dalam bahasa Rusia, karena di pintu masuk gua banyak ditemukan sarang burung tersebut.

Baca juga: 5 Sungai Terpanjang Di Benua Asia

Loading...

Add Comment