Ini Dia 10 Gunung Terangker di Indonesia! Berani Mendakinya?

Gunung Terangker di Indonesia

Salah Satu Gunung Terangker di Indonesia yaitu Gunung Cikuray

Kalau kamu suka naik gunung, tentunya kamu sudah terbiasa dengan kondisi gunung yang sangat berat. Karena mendaki gunung itu memerlukan fisik yang kuat dan keteguhan hati agar bisa mencapai puncaknya.

Selain itu, dibalik bentuknya yang gagah dan menjulang tinggi, gunung juga menyimpan berbagai macam kisah mengerikan. Kisah mengerikan tentang gunung tersebut, biasanya dibenarkan oleh warga setempat atau orang yang pernah mendaki gunung tersebut.

Tanpa Operasi Plastik, Inilah 10 Pria Tercantik Di Dunia

Percaya atau tidak, di Indonesia pun memiliki beberapa gunung yang memiliki kisah mengerikan dan angker. Lantas, dimana saja gunung terangker di Indonesia tersebut? berikut ulasannya

1. Gunung Cikuray di Jawa Barat

Gunung terangker di Indonesia yang pertama yaitu Gunung Cikuray. Gunung yang berada di kabupaten Garut ini merupakan salah satu gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggiannya yang mencapai 2.818 meter diatas permukaan air laut.

Di gunung ini dipercaya, saat menjelang petang, ada sosok perempuan misterius berbaju putih dengan wajah gelap, yang katanya sering mengamati dengan tajam para pendaki yang sedang mendaki maupun yang sedang istirahat. Hii…

Di gunung ini juga terdapat makam keramat yang dipercaya sebagai sesepuh Cikuray. Selain itu, di salah satu puncak gunung Cikuray yaitu puncak bayangna, katanya sering terjadi kejadian aneh yang dialami para pendaki.

2. Gunung Salak di Jawa Barat

Gunung terangker di Indonesia selanjutnya yaitu Gunung Salak. Gunung ini juga berada di Jawa Barat dengan beberapa puncak seperti Puncak Salak I dan Puncak Salak II.

Yang membuat gunung ini jadi angker yaitu adanya makam Mbah Gunung Salak. Makam angker ini berada di puncak tertinggi Gunung Salak yakni Puncak Salak I dengan ketinggiannya sekitar 2.211 meter diatas permukaan air laut.

Di makam tersebut terdapat sebuah tulisan peringatan yang mengunakan bahasa Jawa kasar agar para pendaki harus berlaku dan bersikap sopan dan perempuan sangat dilarang mendekati makam tersebut.

3. Gunung Halimun di Jawa Barat

Masih di Jawa Barat yakni Gunung Halimun. Gunung ini berdiri sangat gagah diantara kabupaten Lebak, Sukabumi, dan Bogor dengan ketinggian sekitar 1.925 meter diatas permukaan air laut. Gunung Halimun ini sangat erat hubungan dengan kisah Prabu Siliwangi.

Dikatakan, di Gunung Halimun ini berdiri benteng-benteng milik Prabu Siliwangi, yang konon katanya tidak terlihat. Selain itu, sisa-sisa pasukan Prabu Siliwangi yang diserang kerajaan Banten dalam Perang Bubat dikatakan juga melari diri di gunung ini.

Gunung Halimun dan Gunung Salak juga dianggap sebagai segitiga bogor yang banyak membuat pesawat terbang dan hellikopter kecelakaan. Hmm… kamu percaya?

4. Gunung Lawu di Jawa Timur

Berikutnya yaitu Gunung Lawu yang berada di perbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 3.265 meter diatas permukaan air laut ini memiliki tiga puncak yaitu Puncak Hargo Dumilah, Puncak Hargo Dumiling, dan Puncak Hargo Dalem.

Banyak orang di tanah Jawa, terutama di sekitar Gunung Lawu memiliki keyakinan mistis bahwa ketiga puncak di Gunung Lawu ini adalah salah satu tempat paling sakral di pulau Jawa.

Puncak Hargo Delam dipercaya sebagai tempat pemoksaan Prabu Bhrawijaya Pamungkas, dan Puncak Hargo Dumiling dipercaya sebagai tempat pemoksaan Ki Sabdopalon, sedangkan Puncak Hargo Dumilah sering dijadikan tempat olah kemampuan batin dan meditasi.

Dengan kisah sejarah seperti itu, jadi tidak heran jika Gunung Lawu sangat angker dan seram. Selain itu, konon katanya di gunung ini juga terdapat pasar setan yang hanya bisa dilihat dan didengar oleh orang-orang tertentu saja. Hii…

Kalau kamu masih penasaran dan ingin mendaki Gunung Lawu, kamu wajib baca beberapa mitos Gunung Lawu dan Pantangan yang tidak boleh dilanggar oleh siapapun yang pernah ditulis oleh wowasiknya.com sebelumnya.

5. Gunung Merapi di Yogyakarta

Gunung terangker di Indonesia selanjutnya yaitu Gunung Merapi yang ada di Yogyakarta. Gunung Merapi adalah salah satu gunung api paling aktif di Indonesia yang terkenal memiliki beberapa kisah misteri.

Salah satu kisah misteri Gunung Merapi yaitu konon katanya di Kawah Merapi ada istana makhluk gaib, dimana diceritakan dulu kerajaan gaib ini pernah membantu kerajaan Mataram meraih kemenangan dalam perang dengan kerajaan Pajang.

Selain itu, di Puncak Merapi terdapat sebuah tempat berpasir dan bebatuan yang bernama Pasar Bubrah. Dimana, Pasar Bubrah ini dipercaya sebagai tempat berkumpulnya makhluk halus di Gunung Merapi ini.

6. Gunung Arjuno di Jawa Timur

Selain Gunung Lawu, ada satu lagi gunung terangker di Indonesia yang berada di Jawa Timur yaitu Gunung Arjuna. Di gunung ini banyak sekali terdapat petilasan-petilasan bekas kerajaan Majapahit yang pernah berjaya di bumi Nusantara.

Banyak orang yang percaya, jika mendaki gunung ini dengan niat tidak baik dan sembrono, maka bisa saja pendaki tersebut akan tersesat dan tidak bisa pulang lagi. Salah satu tempat yang terkenal yaitu Alas Lali Jiwo atau hutan lupa diri.

Tidak jauh dari Alas Lali Jiwo ada Pasar Dieng atau pasar hantu. Selain itu, di Gunung Arjuno ini memiliki beberapa pantangan seperti tidak boleh mendaki dengan jumlah ganjil, atau tidak memakai baju berwarna merah dominan.

7. Gunung Ciremai di Jawa Barat

Tidak hanya terkenal dengan pemandangannya yang eksotis, Gunung Ciremai juga memiliki beberapa kisah seram dan angker. Salah satu tempat yang memiliki kisah seram di Gunung Ciremai yaitu Lintasan Kuburan Kuda.

Di Lintasan Kuburan Kuda ini sering terdengar suara derap kuda, walaupun sebenarnya tidak ada seekorpun kuda yang melintas di daerah tersebut. Konon katanya, suara tersebut berasal dari arwah kuda Jepang yang mati di jaman penjajahan dulu.

Selain itu, di gunung ini juga ada beberapa mitos dan pantangan yang tidak boleh dilanggar oleh siapapun. Untuk lebih lengkapnya bisa kamu baca di 5 Mitos Gunung Ciremai Jawa Barat yang pernah wowasiknya.com tulis sebelumnya.

8. Gunung Semeru di Jawa Timur

Sama seperti Gunung Lawu dan Gunung Arjuno, Gunung Semeru juga berada di Jawa Timur. Gunung ini sangat populer dikalangan pendaki, khususnya setelah adanya film ” 5cm “ yang mengeksplor tentang keindahan gunung ini.

Walaupun sangat populer dan didaki banyak orang setiap tahunnya, tapi sisi mistis dari gunung ini tidak akan hilang. Salah satunya yang cukup terkenal yaitu Arcapada atau arca kembar, yang konon katanya hanya bisa dilihat oleh orang tertentu saja.

Kisah misteri Gunung Semeru lainnya yaitu tentang hantu wanita dan Ikan Mas gaib di Danau Ranu Kumbolo, dimana hantu wanita tersebut sering menampakan diri, sedangkan Ikan Mas gaib tersebut tidak diketahui asal usulnya.

Gunung Terangker di Indonesia Selain di Pulau Jawa

Selain di Pulau Jawa, gunung dengan cerita seram dan mengerikan juga ada, misalnya Gunung Latimojong dengan Hantu Poppo di Sulawesi Selatan atau Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat. Kalau tidak percaya, simak ulasanya berikut ini

9. Gunung Latimojong di Sulawesi Selatan

Tidak ada yang meragukan keindahan gunung yang berada di kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan ini. Tapi, dibalik keindahannya tersebut, gunung ini menyimpan kisah menakutkan dan mengerikan yaitu tentang Hantu Poppo.

Konon katanya, Hantu Poppo ini tinggal dan bersemayam di Gunung Latimojong ini. Bentuknya digambarkan seperti mirip manusia tapi bisa terbang dengan warna matanya yang merah menyala, dan sering mencari mangsa di malam hari.

Makanya, para pendaki sangat dianjurkan harus berhati-hati dan waspada, khususnya ketika mendengar suara ” Pok … Pok … Pok “ secara berulang-ulang. Suara itu diyakini adalah suara Hantu Poppo. Bagaimana, berani mendaki gunung ini?

10. Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat

Gunung terangker di Indonesia yang terakhir yaitu Gunung Rinjani. Tidak ada seorang pun yang bisa membantah soal keindahan Gunung yang berada di Nusa Tenggara Barat. Saking indahnya, gunung ini sering diibaratkan syurga yang jatuh ke bumi.

Tapi dibalik keindahannya tersebut, ada satu tempat di Gunung Rinjani yang memiliki kisah yang cukup seram yaitu danau Segara Anak. Konon katanya, di danau ini dihuni oleh bangsa jin yang dipimpin oleh Ratu Enjeni.

Makanya, para pendaki sangat dilarang melakukan hal-hal negatif selama berada di tempat ini seperti bikin gaduh, ataupun sekedar berbicara kotor. Kalau tidak, bisa membuat para penghuni gaib tersebut marah dan bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Hii, seram ya!

Nah, itulah beberapa gunung terangker di Indonesia. Artikel ini bukan untuk menakuti-nakuti para pendaki pemula yang ingin mendaki gunung-gunung angker diatas, selama kita berlaku baik dan tidak berbuat hal-hal yang negatif, pasti aman.

Loading...

Add Comment