7 Gunung Tertinggi di Asia Tenggara, dua di Antaranya berada di Indonesia

Asia Tenggara adalah salah satu region Asia yang berada di wilayah Semenanjung Malaya, Indochina, Kepulauan Indonesia dan Filipina. Wilayah Asia Tenggara juga di lintasi garis “Equator Bumi” yang membuatnya kaya akan hutan hujan tropis.

Selain itu, wilayah Asia Tenggara juga merupakan tempat bertemunya lempeng Eurasia dan lempeng Pasifik yang titik pertemuannya berada di wilayah Indonesia. Karena itulah, di Asia Tenggara, terutama di Indonesia terdapat banyak gunung api.

Untuk gunung tertinggi di Asia Tenggara dipegang oleh Gunung Hkakabo Razi di Myanmar. Tapi, selain Gunung Hkakabo Razi, ada beberapa gunung lain yang tidak kalah dalam hal ketinggiannya. Lantas, Gunung apa saja yang tertinggi di Asia Tenggara? berikut ulasannya

7. Gunung Ramelau (2.986 Meter)

Gunung Tertinggi di Asia Tenggara

Gunung Ramelau via wikipedia.org

Gunung Ramelau berada di negara pecahan negara Indonesia yaitu Timor Leste, tepatnya sekitar 70 km di sebelah selatan kota Dili. Gunung Ramelau adalah gunung tertinggi di Timor Leste dengan ketinggiannya mencapai 2.986 meter di atas permukaan air laut.

Bahkan, dulu saat wilayah Timor Leste masih menjadi bagian negara Kolonial Portugal, Gunung Ramelau tercatat sebagai gunung tertinggi di Portugal

Keunikan lain dari gunung ini selain tentang keindahannya, di puncak gunung ini, berdiri megah dan kokoh sebuah patung Bunda Maria. Makanya setiap bulan, banyak peziarah yang menuju patung Bunda Maria tersebut.

Jadi tidak heran, jika gunung yang terkadang disebut juga Gunung Tatamailau ini dianggap oleh penduduk Timor Leste sebagai situs budaya dan sejarah yang selalu dikunjungi dengan tujuan keagamaan dan budaya.

6. Gunung Fansipan (3.143 Meter)

Gunung Tertinggi di Asia Tenggara

Gunung Fansipan via wikipedia.org

Gunung tertinggi di Asia Tenggara selanjutnya yakni Gunung Fansipan yang berada di wilayah Indochina yaitu Vietnam, Laos, Kamboja, dengan ketinggiannya mencapai 3.143 meter di atas permukaan air laut.

Tepatnya gunung ini berada di wilayah Barat Laut Vietnam yaitu Lao Cai dan sebelah barat daya Sa Pa Township di pegunungan Hoang Lien Son.

5. Gunung Kerinci (3.805 Meter)

Gunung Tertinggi di Asia Tenggara

Gunung Kerinci via wikimedia.org

Gunung Kerinci adalah gunung api tertinggi kedua di Indonesia dan gunung tertinggi di Sumatera, serta gunung tertinggi di Asia Tenggara di urutan kelima dengan ketinggiannya mencapai 3.805 meter di atas permukaan air laut.

Gunung Kerinci juga termasuk salah satu gunung di Indonesia yang jarang didaki karena aksesnya yang masih sulit. Tapi gunung ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, terutama di puncak Indrapura.

Baca juga: 7 Gunung Tertinggi di Sumatera yang tak kalah indah dengan Gunung Indah di Jawa

4. Gunung Saramati (3.826 Meter)

Gunung Saramati berada di sebelah utara negara Myanmar dan berbatasan langsung dengan negara India, dengan puncak tertingginya mencapai 3.826 meter di atas pemukaan air laut. Selama ini memang Myanmar dikenal memiliki beberapa gunung tinggi salah satunya yaitu gunung Saramati ini.

3. Gunung Kinabalu (4.095 Meter)

Gunung Tertinggi di Asia Tenggara

Gunung Kinabalu via wikipedia.org

Gunung Kinabalu merupakan gunung tertinggi di Malaysia dengan ketinggiannya mencapai 4.095 meter di atas permukaan air laut. Gunung ini berada di pulau Kalimantan, tepatnya berada di Sabah, Malaysia.

Bagi orang Sabah, Gunung Kinabalu dianggap sebagai simbol atau lambang kebesaran yang dipercayai dan diyakini bisa memberikan semangat persatuan diantara mereka.

Selain itu, Gunung Kinabalu juga memiliki mitos yang dipercaya oleh suku Kadazan di Sabah, Gunung Kinabalu dipercaya sebagai tempat bersemedinya jiwa-jiwa orang yang sudah meninggal dunia.

Saat ini, Gunung Kinabalu termasuk salah satu gunung yang aman dan nyaman untuk didaki, karena sudah ada beberapa fasilitas mendukung untuk para wisatawan yang ingin menjajal ketinggian gunung tertinggi di Malaysia ini.

Baca juga: 7 Gunung Tertinggi Di Malaysia Yang Tidak Kalah Tinggi Dengan Gunung Di Indonesia

2. Puncak Jaya (4.884 Meter)

Gunung Tertinggi di Asia Tenggara

Puncak Jaya via wikimedia.org

Puncak Jaya adalah gunung tertinggi di Indonesia dan termasuk juga salah satu tujuh gunung tertinggi di Asia Tenggara, tepatnya di urutan kedua setelah Gunung Hkakabo Razi dengan ketinggian 4.884 meter di atas permukaan air laut.

Gunung ini merupakan bagian dari barisan sudirman yang berada di pulau Papua. Selain itu, di Gunung ini juga terdapat gletser Carstensz yaitu satu-satunya gletser tropika yang ada di Indonesia dan diperkirakan akan segera hilang akibat pemanasan global.

1. Gunung Hkakabo Razi (5.881 Meter)

Gunung Tertinggi di Asia Tenggara

Gunung Hkakabo Razi via nationalgeographic.com

Gunung Hkakabo Razi merupakan gunung tertinggi di Asia Tenggara, walaupun secara geografis Gunung Hkakabo Razi juga masuk ke dalam barisan pegunungan Himalaya. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 5.881 di atas permukaan air laut.

Gunung yang merupakan bagian dari Taman Nasional Hkakabo Razi ini berada di provinsi Kachin, Myanmar. Sedangkan pendaki yang pertama menaklukan gunung ini yaitu pendaki asal jepang yang bernama Takahashi Ozaki.

Selain itu, Gunung ini juga merupakan jadi pembatas antara tiga negara sekaligus yaitu China (Tibet), India, dan Myanmar.

Nah, itulah tujuh gunung tertinggi di Asia Tenggara.  Mungkin mereka hobi mendaki gunung bisa bersyukur bisa hidup di Indonesia, sebab di Indonesia terdapat banyak sekali gunung-gunung indah yang menarik untuk didaki.

Baca juga: 10 Gunung Tertinggi Di Benua Afrika

Loading...

Add Comment