7 Gunung Tertinggi di Eropa Yang Menarik di Ketahui

Selama ini, gunung tertinggi di Eropa masih diperdebatkan, dimana sebagian pakar menganggap gunung Elbrus yang berada di wilayah Russia sebagai gunung dengan puncak tertinggi di Eropa.

Karena berdasarkan data, gunung Elbrus memang paling tinggi dibanding gunung lain di Eropa. Masalahnya, gunung Elbrus terletak jauh di timur wilayah Russia yang tidak lagi dianggap sebagai wilayah benua Eropa, melain sebagai wilayah benua Asia.

Oleh karena itulah, sebagian pakar lainnya tidak setuju bila gunung Elbrus di Russia disebut sebagai gunung dengan puncak tertinggi di Eropa. Lantas, gunung apa saja yang tertinggi di Eropa? berikut ulasannya

7. Weisshorn – 4.506 Meter

Gunung Tertinggi di Eropa

Weisshorn via wikipedia.org

Gunung Weisshorn terletak di negara Swiss dan merupakan puncak tertinggi dipegunungan Alpen yang terletak diantara lembah Anniviers dan Zermatt dengan ketinggian mencapai 4.506 meter di atas pemukaan air laut. Dalam bahasa Jerman, kata “Weisshorn” berarti “puncak gunung yang menyala putih”.

6. Liskamm – 4.527 Meter

Gunung Tertinggi di Eropa

Liskamm via wikipedia.org

Gunung tertinggi di Eropa selanjutnya yaitu Liskamm. Banyak yang bilang gunung ini adalah yang paling menantang di antara gunung lainnya di Eropa, sebab ada jalur yang cukup berbahaya sepanjang 5 km untuk menuju puncaknya.

Gunung Liskamm berada diantara negara Swiss dan Italia dengan ketinggian mencapai 4.527 meter diatas pemukaan air laut. Berdasarkan catatan, J. F. Hardy and party adalah orang pertama yang mendaki gunung ini pada tahun 1861.

5. Dom – 4.545 Meter

Sepertinya negara Swiss memang mempunyai banyak gunung-gunung tinggi, dimana gunung Dom ini juga berada di negara Swiss dengan ketinggiannya mencapai 4.545 meter diatas permukaan air laut.

Dibanding gunung lainnya, sepertinya gunung yang berada diantara Randa dan Saas-Fee di kanton Valais ini adalah yang paling mudah didaki, selain itu ada kereta gantung yang siap mengantarkan para pengunjung ke atas gunung.

Tapi tidak sedikit juga pengunjung yang memilih mendaki gunung ini lewat jalur yang dulunya pernah digunakan oleh Pendeta J L Davies, saat beliau pertama kali mendaki gunung ini pada tahun 1858.

Baca juga: 10 Gunung Tertinggi Di Benua Afrika

4. Signalkuppe – 4.554 Meter

Gunung Tertinggi di Eropa

Signalkuppe via wikipedia.org

Sama seperti gunung Liskamm, gunung Signalkuppe juga berada diantara negara Swiss dan Italia, lebih tepatnya terletak di barisan pegunungan Pennine Alpa dengan ketinggiannya mencapai 4.554 meter diatas permukaan air laut.

Lebih kerennya lagi, ternyata disini ada sebuah tempat pemondokan tertinggi di Eropa yaitu Margherita Hut yang dibuka secara resmi pada tahun 1893 dan Gunung ini pertama kali didaki pada tanggal 9 Agustus 1842.

3. Zumsteinspitze – 4.563 Meter

Gunung Tertinggi di Eropa

Zumsteinspitze via wikipedia.org

Gunung tertinggi di Eropa selanjutnya masih berada di negara Swiss dan namanya mungkin adalah nama gunung paling ribet untuk diucapkan oleh orang Indonesia yaitu Zumsteinspitze dengan ketinggiannya mencapai 4.563 meter diatas permukaan air laut.

2. Monte Rosa – 4.634 Meter

Gunung Tertinggi di Eropa

Monte Rosa via wikimedia.org

Gunung Monte Rosa berada di negara Swiss dengan ketinggian sekitar 4.634 meter diatas permukaan air laut dan gunung tertinggi di Eropa setelah gunung Mont Blanc ini didaki pertama kali oleh Christopher Smyth dan Johannes Zumtaugwald pada tanggal 1 Agustus 1855.

1. Mont Blanc – 4.810 Meter

Gunung Tertinggi di Eropa

Mont Blanc via wikimedia.org

Gunung Mont Blanc atau kadang juga disebut White Mountain yang artinya gunung putih kalau diartikan dalam bahasa Indonesia adalah gunung tertinggi di Eropa dengan ketinggiannya mencapai 4.810 meter diatas permukaan air laut.

Pendaki pertama gunung ini yaitu Jacques Balmat dan Michel Paccard pada tahun 1786 dan sampai sekarang gunung Mont Blanc masih sering didaki, dimana tercatat ada 20.000 orang yang berkunjung disini setiap tahunnya.

jalur Voie Des Cristalliers adalah jalur pendakian paling favorit untuk mendaki gunung yang berada diantara negara Italia dan Prancis ini. Selain itu, gunung ini juga sering dijadikan arena untuk bermain ski untuk para snowboarding.

Nah, itulah beberapa gunung tertinggi di Eropa. Semoga bermamfaat dan bisa menambah wawasanmu tentang dunia pergunungan di Eropa.

Baca juga: 7 Gunung Tertinggi di Asia Tenggara, dua di Antaranya berada di Indonesia

Loading...

Add Comment