7 Gunung Tertinggi Di Malaysia Yang Tidak Kalah Tinggi Dengan Gunung Di Indonesia

Sebagai pecinta alam, terutama yang suka naik gunung belum puas rasanya jika belum menaklukan Gunung Tertinggi di Dunia, yaitu gunung Everest. Tapi menaklukan Gunung Tertinggi ini harus punya persiapan yang matang terutama soal pengalaman.

Nah, untuk menambah pengalaman, cobalah taklukan dulu gunung tinggi di daerah kita dulu. Tapi kalau mau merasakan sensasi menaklukan gunung di luar negeri bisa mencoba di salah satu negara tetangga kita, misalnya Malaysia.

Meskipun keindah gunung-gunung di Indonesia susah untuk diungkapkan dengan kata-kata, tapi kita tidak boleh meremehkan keindahan gunung di Malaysia. Dan yang terpenting ketinggian gunung di Malaysia cukup menantang. Nah, berikut beberapa Gunung Tertinggi Di Malaysia.

1. Gunung Kinabalu

Gunung Tertinggi Di Malaysia

Gunung Kinabalu

Gunung Kinabalu adalah Gunung Tertinggi di Malaysia, dan merupakan Gunung Tertinggi ketiga Di Asia dengan ketinggian mencapai 4.095 meter diatas permukaan laut.

Gunung ini terletak di pulau kalimantan, tepatnya di daerah Sabah, Malaysia. Gunung ini dianggap sebagai lambang kebesaran oleh warga Sabah yang dipercaya memberi semangat persatuan mereka.

Gunung Kinabalu juga menyimpan beberapa mitos, salah satunya yang terkenal adalah menurut orang Kadazan Sabah ( salah satu suku di daerah tersebut), Gunung Kinabalu dipercaya tempat bersemedinya jiwa mereka setelah meninggal.

2. Gunung Trusmadi

Gunung Tertinggi Di Malaysia

Gunung Trusmadi

Gunung Trusmada terletak tidak jauh dari Gunung Kinabalu yang merupakan Gunung Tertinggi Di Malaysia. Meskipun letak tidak jauh dari Gunung Kinabalu, tapi soal ketinggian kedua gunung ini berbeda jauh dimana Gunung Kinabalu (4.095 meter) sedangan Gunung Trusmada memiliki ketinggian hanya 2.642 meter diatas permukaan laut.

Tapi, tetap saja setiap Gunung memiliki kelebihannya masing-masing. Untuk gunung ini, salah satu kelebihannya adalah terdapat beraneka ragam jenis fauna yang tinggal di hutan Gunung Trusmadi.

3. Gunung Tambuyukon

Gunung Tertinggi Di Malaysia

Gunung Tambuyukon

Gunung Tambuyukon adalah salah satu gunung yang terbentuk di atas pegunungan Crocer yang merupakan dataran tinggi negeri Sabah, Malaysia. Gunung ini memiliki ketinggi 2.579 meter diatas permukaan air laut.

Jika dilihat letak geografisnya, maka kita akan mendapati pegunungan croser, dimana di dalamnya ada gunung Tambuyukon, Trusmadi, dan kinabalu. Ya ketiga gunung ini sebenar masih satu pegunungan yang dinamakan Kinabalu Park.

4. Gunung Murud

Gunung Tertinggi Di Malaysia

Gunung Murud

Gunung Murud juga masih terletak di pulau kalimantan, tepatnya di daerah Serawak, Malaysia. Gunung Murud juga dikenal dengan sebutan Gunung Muru, memiliki ketinggian 2.423 meter diatas permukaan laut.

Gunung ini terkenal dengan Batu Lawi nya dan di dalam hutan gunung ini juga menyimpan beraneka macam jenis buah-buahan yang bisa dimakan.

5. Gunung Mulu

Gunung Tertinggi Di Malaysia

Gunung Mulu

Gunung Mulu terletak di daerah Serawak dengan ketinggian 2.376 meter diatas permukaan laut. namun begitu yang terkenal di gunung ini adalah susunan batu-batu cantik yang menjulang dengan ketinggian kurang lebih 700 meter.

Selain susunan batu cantik tersebut, disini juga banyak terdapat gua-gua bersejarah, bahkan kawasan Gunung Mulu National Park sudah tercatat di UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia.

6. Gunung Tahan

Gunung Tertinggi Di Malaysia

Gunung Tahan

Kalau gunung ini terletak di semenanjung Malaysia, tepatnya di Taman Negara Pahang dan memiliki ketinggian 2.187 meter diatas permukaan laut.

Walaupun gunung ini tidak tinggi, tapi medan untuk pergi ke puncak Gunung Tahan cukup sulit, minimal 3 hari perjalanan baru bisa mencapai puncak. Walaupun banyak pendaki selama 3 hari tersebut baru setengah perjalanan.

7. Gunung Korbu

Gunung Tertinggi Di Malaysia

Gunung Korbu

Gunung Korbu terletak di daerah Perak Darul Ridzuan, Malaysia yang memiliki ketinggian 2.183 meter diatas permukaan laut. Puncak tertingginya disebut Titiwangsa. Gunung ini merupakan gunung paling mudah di daki dan cocok untuk pemula.

Baca juga: 7 Gunung Tertinggi di Asia Tenggara, dua di Antaranya berada di Indonesia

Loading...

Add Comment