7 Gunung Tertinggi di Sumatera yang tak kalah indah dengan di Jawa

Seperti yang diketahui, wilayah Indonesia dikenal sebagai wilayah Cincin Api yaitu wilayah yang sering mengalami gempa bumi yang diakibatkan letusan gunung api, sehingga tidak heran jika di Indonesia terdapat banyak pegunungan, termasuk juga pulau Sumatera.

Selain itu, pulau Sumatera juga merupakan pulau terbesar ketiga di Indonesia setelah pulau Kalimantan dan Papua, dan juga merupakan pulau terbesar keenam di dunia dengan total luas yang mencapai 473.481 km persegi.

Makanya, tidak heran jika di Sumatera terdapat puluhan gunung api yang tinggi, baik itu yang masih aktif maupun yang sudah tidak aktif lagi. Nah, diantara puluhan gunung tinggi tersebut, berikut ini adalah 7 Gunung Tertinggi di Sumatera yang tak kalah indah dengan di Jawa

7. Gunung Geureudong – Nanggroe Aceh Darussalam (2.885 Meter)

Gunung Tertinggi di Sumatera

Gunung Geureudong via wikipedia.org

Gunung Geureudong atau kadang juga disebut Bur ni Geureudong atau Bur ni Telong merupakan gunung tertinggi ketiga di Aceh dan termasuk salah satu tujuh gunung tertinggi di Sumatera dengan ketinggian mencapai 2.885 meter diatas permukaan air laut.

Gunung ini terletak di Desa Bukit Mulie, Kabupaten Bener Meriah, Aceh. Sedangkan nama resmi komplek gunung ini masih diperdebatkan sebab posisi Bur ni Geureudong dan Bur ni Telong yang berdekatan.

Gunung Geureudong termasuk gunung api tipe stratovolcano atau gunung api komposit yaitu gunung api yang puncak tertingginya mengerucut sedangkan dibagian kaki gunungnya lebih landai.

6. Gunung Marapi – Sumatera Barat (2.891 Meter)

Gunung Tertinggi di Sumatera

Gunung Marapi via wikipedia.org

Gunung tertinggi di Sumatera selanjutnya adalah Gunung Marapi yang juga merupakan gunung tertinggi kedua di Sumatera Barat dengan ketinggian yang mencapai 2.891 meter diatas permukaan air laut.

Gunung Merapi ini termasuk gunung api yang masih aktif, selain itu gunung ini berdekatan dengan gunung Singgalang, hanya dipisahkan oleh jalan raya yang menghubungkan kota Padang Panjang dengan kota Bukittinggi.

Jadi, saat kalian mau mendaki gunung yang berada di kawasan administrasi Kabupaten Agam ini dan masih banyak waktu luang serta tenaga yang masih cukup fit, tidak ada salahnya juga mendaki gunung Singgalang yang tidak jauh dari gunung Merapi.

5. Gunung Talamau – Sumatera Barat (2982 Meter)

Gunung Tertinggi di Sumatera

Gunung Talamau via wikipedia.org

Gunung Talamau merupakan gunung tertinggi di Sumatera Barat dan gunung tertinggi kelima di Sumatera dengan ketinggian yang mencapai 2.982 meter diatas permukaan air laut. Gunung ini termasuk gunung api tidak aktif.

Gunung yang terletak di Kabupaten Pasaman Barat ini disebut juga Gunung Ophir. Selain itu, gunung ini juga salah satu gunung di Indonesia yang banyak menyimpan keindahan hutan yang masih perawan dan asri.

Di bawah puncak gunung ini terdapat juga 13 telaga, dimana nama-nama telaga tersebut diambil dari nama cerita rakyat atau cerita legenda yang dipercaya oleh penduduk disekitar gunung Talamau tersebut.

Baca juga: 7 Gunung Tertinggi di Jawa Barat, “Seven Summits”nya Jawa Barat

4. Gunung Bandahara – Nanggroe Aceh Darussalam (3.030 Meter)

Gunung Bandahara berada di Kabupaten Gayo Lues, Aceh, tepatnya 50 km disebelah tenggara timur dari ibukota Kabupaten Gayo Lues yaitu Blang Kejeran. Atau 35 km dari ibukota Kabupaten Aceh Tenggara yaitu kota Kutacane.

Gunung Bandahara adalah gunung tertinggi kedua di Aceh dan gunung tertinggi kelima di Sumatera dengan ketinggian yang mencapai 3.030 meter diatas permukaan air laut. Selain itu, ternyata gunung Bandahara bukan termasuk gunung berapi.

3. Gunung Dempo – Sumatera Selatan (3.159 Meter)

Gunung Tertinggi di Sumatera

Gunung Dempo via wikipedia.org

Gunung tertinggi di Sumatera selanjutnya adalah gunung Dempo. Gunung ini terletak perbatasan antara Sumatera Selatan dengan Bengkulu, tepatnya di kota yang terkenal sebagai penghasil kopi robusta yaitu kota Pagaralam.

Gunung Dempo adalah gunung tertinggi di Sumatera Selatan dengan ketinggian mencapai 3.159 meter diatas permukaan air laut. Selain itu gunung Dempo termasuk gunung berapi yang masih aktif dan bergelojak.

2. Gunung Leuser – Nanggroe Aceh Darussalam (3.445 Meter)

Di posisi kedua gunung tertinggi di Sumatera yaitu gunung Leuser. Gunung dengan ketinggian yang mencapai 3.445 meter diatas permukaan air laut ini dianggap sebagai surganya para pendaki gunung di Sumatera.

Selain itu, gunung Leuser ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, dimana di dalam Taman Nasional ini ada 132 spesies hewan seperti gajah, harimau, dan lainnya, termasuk juga 322 spesies burung.

Keanekaragaman inilah yang membuat Taman Nasional Gunung Leuser dinobatkan sebagai cagar biosfer dunia oleh UNESCO.

1. Gunung Kerinci – Sumatera Barat dan Jambi (3.805 Meter)

Gunung Tertinggi di Sumatera

Gunung Kerinci via wikipedia.org

Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi di Sumatera dan juga gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian yang mencapai 3.805 meter diatas permukaan air laut. Gunung ini termasuk gunung yang jarang didaki sebab aksesnya yang masih sulit.

Gunung yang terletak di dua provinsi (Sumatera Barat dan Jambi) ini memiliki puncak tertinggi yang terkenal dengan keindahannya yaitu puncak Indrapura. Puncak Indrapura inilah yang menjadi salah satu daya tarik gunung ini.

Nah, itulah 7 Gunung Tertinggi di Sumatera yang tak kalah indah dengan di Jawa. Sejauh ini, informasi tentang gunung-gunung di pulau Sumatera memang terbatas, hal ini disebabkan kebanyakan alam pegunungan disana masih liar yang merupakan tempat hidup hewan dan tumbuhan langka, sehingga belum banyak pendaki yang mencoba berpetualangan disana dan membagikan informasinya.

Baca juga: Inilah 7 Gunung Tertinggi Di Jawa Tengah Yang Selalu Menjadi Sasaran Para Pendaki

Loading...

Add Comment