Inilah 10 Gurun Terluas Di Dunia

Umumnya orang mengartikan gurun sebagai daerah yang sedikit menerima curah hujan yaitu kurang dari 250mm per tahun. Padahal dalam kamus KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), gurun didefenisikan sebagai daerah yang luas, tandus dan gersang.

Memang kebanyakan orang mengartikan gurun adalah daerah yang berpasir dan batuan, tapi faktanya ada juga gurun yang berupa kumpulan es yaitu antartika sebagai Gurun Terluas Di Dunia. Fakta lain dari gurun yaitu sepertitiga dari daratan dibumi ternyata adalah gurun.

Berdasarkan letak geografis, gurun dibagi menjadi empat golongan, yaitu Gurun Pantai Dingin (Cool Coastal Deserts), Gurun Musim Dingin (Cold Winter Deserts), Gurun Kutub (Polar Deserts), dan Gurun Subtropis (Subtropical Deserts).

Berikut adalah 10 Gurun Terluas Di Dunia :

10. Gurun Great Basin – 492.000 km²

Gurun Terluas Di Dunia

Gurun Great Basin

Great Basin termasuk golongan Gurun Musim Dingin yang terletak di dataran tinggi Amerika Serikat dengan memiliki luas kurang lebih 492.000 km². Di ujung gurun Great Basin, terdapat perbatasan Amerika Serikat yang memisahkan Amerika dengan Meksiko.

9. Gurun Syrian – 520.000 km²

Gurun Terluas Di Dunia

Gurun Syrian

Gurun Syria termasuk golongan Gurun Subtropis yang juga dikenal dengan sebutan gurun Siro Arab. Memiliki luas kurang lebih 520.000 km², merupakan kombinasi antara padang dan gurun yang terletak di utara semenanjung arab meliputi daerah Arab Saudi, Irak, Suriah, dan Yordania.

8. Gurun Great Victoria – 647.000 km²

Gurun Terluas Di Dunia

Gurun Great Victoria

Great Victoria termasuk golongan Gurun Subtropis dan merupakan Gurun Terluas di Australia yang terdiri dari banyak batu-batu kecil, danau garam, dan dataran padang rumput. Gurun ini memiliki luas kurang lebih 647.000 km². Suhu siang hari di gurun ini berkisar 32°-40°C sementara bila di musim dingin suhunya mencapai 18°-23°C

7. Gurun Patagonia – 670.000 km²

Gurun Terluas Di Dunia

Gurun Patagonia

Gurun ini merupakan Gurun Terluas di benua amerika yaitu kurang lebih 670.000 km². Di amerika sana, Gurun yang masuk golongan Gurun Musim Dingin ini juga dikenal dengan nama Stepa Patagonia.

6. Gurun Kalahari – 900.000 km²

Gurun Terluas Di Dunia

Gurun Kalahari

Gurun kaharai termasuk golongan Gurun Subtropis yang terletak di bagian selatan Afrika yang meilputi sebagian besar Bostwana dan beberapa bagian dari Afrika selatan terutama Namibia. Gurun ini memilik luas kurang lebih 900.000 km² dan curah hujan di gurun ini mencapai 3-7 inchi per tahun.

5. Gurun Gobi – 1.300.000 km²

Gurun Terluas Di Dunia

Gurun Gobi

Gurun Gobi termasuk golongan Gurun Musin Dingin dan gurun ini adalah gurun terluas di negara China yang terletak di bagian selatan Mongolia. Gurun ini memiliki luas kurang lebih 1.300.000 km². Gurun Gobi terdiri dari beberapa daerah geografis dan ekologis yang unik. Ini disebabkan perbedaan iklim dan topografi.

Gurun Gobi berbatasan langsung dengan dataran tinggi Tibet disebelah barat daya, sedangkan di sebelah utara dibatasi oleh pegunungan Altai juga padang rumput Mongolia, dan di sebelah tenggara oleh dataran Cina utara.

4. Gurun Arabia – 2.330.000 km²

Gurun Terluas Di Dunia

Gurun Arabia

Gurun Arabia termasuk golongan Gurun Subtropis yang sebagian besar terletak di semenanjung Arab dan memiliki luas kurang lebih 2.330.000 km². Gurun ini membentang dari NegaraYaman hingga Teluk Persia dan dari Oman hingga Irak.

3. Gurun Sahara – 9.100.000 km²

Gurun Terluas Di Dunia

Gurun Sahara

Gurun Sahara termasuk golongan gurun Gurun Subtropis yang terletak di utara benua afrika. Memiliki luas kurang lebih 9.100.000 km² .

Gurun ini membentang dari samudera Atlantik hingga laut merah, Dari Mauritania di sebelah barat hingga ke Mesir disebelah timur, Dari laut tengah di utara hingga ke Sahel yang berada di selatan. Gurun ini juga membagi benua Afrika utara dan Afrika selatan.

2. Gurun Arktik – 13.726.937 km²

Gurun Terluas Di Dunia

Gurun Arktik

Gurun Arktik termasuk golongan Gurun Kutub yang memilik luas wilayah kurang lebih 13,726,937 km². Gurun Arktik terletak di beberapa negara seperti Alaska, Rusia, Kanada, Islandia, Greenland, Norwegia dan Lapland.

1. Gurun Antartika – 14.000.000 km²

Gurun Terluas Di Dunia

Gurun Antartika

Gurun Antartika termasuk golongan gurun kutub dan terletak di benua antartika. Memiliki luas kurang lebih 14.000.000 km² (5,5 juta mil persegi) yang menjadikannya sebagai Gurun Terluas Di Dunia.

Gurun Antartika ini ditutupi oleh es yang sangat dingin dengan suhu yang bisa mencapai -85° hingga -90° celcius di musim dingin dan disaat dimusim panas akan lebih tinggi 30° dari musim dingin.

Baca juga: 10 Negara Terdingin Di Dunia, Bahkan Ada Yang Mencapai Suhu -45 Derajat Celcius

Loading...

Add Comment