Inilah 10 Gurun Terluas Di Dunia

Umumnya orang mengartikan gurun sebagai daerah yang sedikit menerima curah hujan yaitu kurang dari 250mm per tahun. Padahal dalam kamus KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), gurun didefenisikan sebagai daerah yang luas, tandus dan gersang.

Memang kebanyakan orang mengartikan gurun adalah daerah yang berpasir dan batuan, tapi faktanya ada juga gurun yang berupa kumpulan es yaitu antartika sebagai Gurun Terluas Di Dunia. Fakta lain dari gurun yaitu sepertitiga dari daratan dibumi ternyata adalah gurun.

Berdasarkan letak geografis, gurun dibagi menjadi empat golongan, yaitu Gurun Pantai Dingin (Cool Coastal Deserts), Gurun Musim Dingin (Cold Winter Deserts), Gurun Kutub (Polar Deserts), dan Gurun Subtropis (Subtropical Deserts).

Berikut adalah 10 Gurun Terluas Di Dunia :

10. Gurun Great Basin – 492.000 km²

Gurun Terluas Di Dunia

Gurun Great Basin

Great Basin termasuk golongan Gurun Musim Dingin yang terletak di dataran tinggi Amerika Serikat dengan memiliki luas kurang lebih 492.000 km². Di ujung gurun Great Basin, terdapat perbatasan Amerika Serikat yang memisahkan Amerika dengan Meksiko.

9. Gurun Syrian – 520.000 km²

Gurun Terluas Di Dunia

Gurun Syrian

Gurun Syria termasuk golongan Gurun Subtropis yang juga dikenal dengan sebutan gurun Siro Arab. Memiliki luas kurang lebih 520.000 km², merupakan kombinas