WOW Sangat Langka! Inilah 35 Hewan Aneh di Dunia!!

Alam memiliki beragam keunikan yang bisa membuat siapa saja takjub dan kagum, salah satu contohnya adalah banyaknya makhluk hidup di dunia dengan berbagai jenis, bentuk, dan ukuran yang sangat luar biasa.

Dari banyaknya makhluk hidup tersebut, ada beberapa di antaranya merupakan jenis hewan yang memiliki bentuk dan rupa yang sangat aneh dan ganjil. Sejumlah hewan aneh ini tersebar hampir disegala penjuru dunia.

Hewan-hewan ini pasti sangat jarang kamu lihat disekitarmu, atau bahkan mungkin belum pernah kamu lihat sebelumnya. Lantas, seperti apa saja bentuk dan rupa hewan aneh tersebut? berikut ulasannya

1. Aye-aye

Hewan Aneh

Aye-aye

Hewan aneh pertama yaitu Aye-aye, dimana hewan yang berasal dari pulau Madagaskar ini memiliki rupa dan wajah yang cukup menyeramkan. Padahal, sebenarnya hewan ini adalah salah satu jenis Primata yang masih ada di dunia.

Aye-aye adalah salah satu jenis hewan di dunia yang menjalani hidup secara nokturnal, yaitu hewan yang tidur pada siang hari, dan beraktivitas pada malam hari, atau kebalikan dari perilaku manusia (diurnal).

2. Jerboa

Hewan Aneh

Jerboa

Hewan aneh selanjutnya yaitu Jerboa. Sekilas, penampakan hewan pengerat ini terlihat unik menyerupai hewan khas negara Australia yaitu Kangguru. Hewan ini bisa ditemukan di kawasan negara-negara Afrika Utara dan Asia Timur.

Jerboa terkenal sebagai salah satu hewan yang memiliki pendengaran yang sangat tajam. Selain itu, walaupun tubuhnya termasuk kecil, tapi hewan yang satu ini bisa berlari sangat cepat yaitu bisa mencapai 24 km/jam.

3. Semut Panda

Hewan Aneh

Semut Panda

Semut Panda adalah salah satu serangga berbulu dengan ciri khas corak berwarna hitam putih seperti Panda. Walaupun penampakannya sangat mirip seperti semut, tapi hewan aneh ini sejatinya adalah lebah bernama ” Mutillidae “.

4. Naked-mole Rat

Hewan Aneh

Naked-mole Rat

Naked-mole Rat adalah salah satu jenis tikus tanah. Bedanya Naked-mole Rat tidak memiliki memiliki bulu ditubuhnya seperti tikus tanah pada umumnya, sehingga penampakannya cukup menyeramkan.

Keunikannya lainnya, ternyata kulit Naked-mole Rat menyimpan khasiat atau kekuatan yang sangat hebat yaitu bisa membuat Naked-mole Rat kebal terhadap berbagai penyakit, khususnya penyakit jenis kanker. Wow…

5. Kelelawar Putih Honduras

Hewan Aneh

Kelelawar Putih Honduras

Sesuai dengan namanya ” Kelelawar Putih Honduras “¬†adalah jenis kelelawar berukuran kecil sekitar 4 cm ini bisa ditemukan di negara-negara Amerika Latin seperti Honduras.

6. Glass Frog

Hewan Aneh

Glass Frog

Jenis katak yang satu ini sangat unik sekali, karena memiliki kulit yang transparan, sehingga bisa kelihatan organ-organ katak tersebut. Hewan aneh ini juga hanya bisa ditemukan di kawasan negara-negara Amerika Latin.

7. Hiu Goblin

Hewan Aneh

Hiu Goblin

Hiu Goblin adalah salah satu jenis ikan purba yang masih hidup sampai sekarang, dan termasuk salah satu ikan paling langka di dunia. Ikan ini juga sering disebut ” fosil hidup “, karena termasuk jenis ikan tertua di dunia.

8. Lamprey

Hewan Aneh

Lamprey

Hewan aneh selanjutnya yaitu Lamprey, yaitu hewan laut yang memiliki mulut yang dipenuhi dengan gigi-gigi menyeramkan dengan bentuk melingkar. Lamprey juga termasuk salah satu hewan purba yang masih hidup sampai sekarang.

9. Ikan Blobfish

Hewan Aneh

Ikan Blobfish

Ikan Blobfish adalah jenis ikan yang mempunyai banyak lendir dibadannya, dan wajahnya mirip sekali dengan wajah manusia, makanya ikan ini sering dijuluki ” hewan paling jelek di dunia “. Ikan Blobfish bisa ditemukan di laut dalam saja.

10. Atretochoana eiselti

Hewan Aneh

Atretochoana eiselti

Kalau melihat hewan aneh yang satu ini, jangan pernah berpikiran jorok dulu! karena sekilas hewan yang satu ini mirip sekali dengan alat kelamin pria. Tapi, sejatinya hewan yang juga mirip ular ini sebenarnya sejenis hewan Amfibi yang ditemukan di Brasil pada tahun 2011 lalu.

11. Burung Shoebill

Hewan Aneh

Burung Shoebill

Burung Shoebill bisa ditemukan di kawasan negara-negara di Afrika Timur seperti Sudan dan Zambia. Keanehan burung setinggi antara 110 – 150 cm ini terletak pada bulu-bulunya yang berwarna biru.

12. Okapi

Hewan Aneh

Okapi

Walaupun Okapi ini bentuk dan rupanya mirip seperti Kuda, tapi hewan mamalia yang satu ini masih satu keluarga dengan Jerapah. Hewan ini bisa ditemukan di kawasan negara-negara Afrika Tengah, khususnya di Republik Demokratik Kongo.

13. Ikan Kelelawar Bibir Merah

Hewan Aneh

Ikan Kelelawar Bibir Merah

Ikan Kelelawar Bibir Merah ini bisa ditemukan di dasar laut dekat kepulauan Galapagos di Ekuador. Ikan aneh dengan wajah menyeramkan ini termasuk bukan ikan perenang, dimana ikan ini hidup di dasar laut dengan bentuk siripnya yang aneh.

14. Hummingbird Hawk-Moth

Hewan Aneh

Hummingbird Hawk-Moth

Sekilas, Hummingbird Hawk-Moth seperti kombinasi antara burung dan ngengat, padahal hewan ini adalah salah satu serangga lucu pemakan sari bunga sejenis kupu-kupu.

15. Naga Biru

Hewan Aneh

Naga Biru

Walaupun namanya Naga Biru, tapi sebenarnya hewan laut ini adalah salah satu jenis siput yang biasa hidup di perairan yang hangat. Hewan berwarna biru ini, bisa ditemukan di dasar laut, dan terkadang bisa ditemukan mengambang dipermukaan air.

16. Udang Mantis

Hewan Aneh

Udang Mantis

Hewan aneh selanjutnya yaitu Udang Mantis atau kadang juga disebut ” Belalang Laut “. Hewan ini biasanya memberikan pukulan dengan cakar yang berada dibagian depannya, sebagai bentuk perlindungan diri dari berbagai ancaman.

17. Poodle

Hewan Aneh

Poodle

Poodle adalah sejenis ngengat yang mirip seperti anjing puudle. Serangga berbulu agak tebal ini ditemukan pada tahun 2009 di kawasan Venezuela, makanya kadang juga ngengat ini sering disebut juga ” Ngengat Poodle Venezuela “.

18. Ular Bush Viper

Hewan Aneh

Ular Bush Viper

Ular Bush Viper biasa hidup di pohon-pohon di kawasan hutan benua Afrika. Ular unik dengan ukuran tidak terlalu besar yaitu cuma sekitar 78 cm ini sering berburu mangsanya di malam hari.

19. Ikan Beo Biru

Hewan Aneh

Ikan Beo Biru

Kalau jenis ikan yang satu ini bentuknya sangat unik, dimana ukuran normalnya sekitar 30 hingga 75 cm, tapi ada juga yang bisa tumbuh hingga 1,2 meter. Ikan Beo Biru ini menghabiskan 80 persen hidupnya untuk mencari makan saja.

20. Kodok Ungu India

Hewan Aneh

Kodok Ungu India

Kodok Ungu India termasuk salah satu kodok paling langka di dunia. Ukuran kodok ini lebih besar dibanding ukuran kodok pada umumnya, dengan ciri khasnya yaitu kepala kecil dan moncong yang agak berbeda dengan jenis kodok lainnya di dunia.

Masih penasaran hewan aneh dan langka lainnya? Untuk melanjutkan klik NEXT.

Loading...

Add Comment