Ini Dia 16 Hewan Purba Yang Masih Hidup Sampai Sekarang

Berdasarkan ilmu pengetahuan yang didapat dari fosil-fosil hewan purba yang pernah ditemukan, diketahui bahwa hewan prasejarah seperti Dinosaurus dan kawan-kawannya, pernah menghuni bumi sebelum manusia.

Tapi beberapa hewan purba tersebut, masih ada yang bisa bertahan hidup sampai sekarang, walaupun jumlahnya tidak terlalu banyak. Diketahui juga ternyata hewan purba tersebut bisa bertahan hidup karena memiliki mekanisme tubuh yang berbeda dengan hewan lainnya.

Bukti bahwa hewan-hewan ini pernah hidup di jaman purba, yaitu ditemukan beberapa fosil hewan tersebut yang diperkirakan berusia jutaan tahun. Lantas, hewan purba apa saja yang masih hidup sampai sekarang? berikut ulasannya

1. Sturgeon

Hewan Purba Yang Masih Hidup Sampai Sekarang

Sturgeon via dailymail.co.uk

Berdasarkan penelitian, Sturgeon termasuk salah satu hewan purba yang masih hidup sampai sekarang, dimana diketahui hewan ini sudah ada sejak 200 juta tahun yang lalu dan dipercaya sudah berevolusi dengan lambat.

Tapi sayang, Ikan yang termasuk dalam keluarga ikan bertulang belakang ini, secara bebas sangat jarang bisa ditemukan, karena keberadaannya terancam punah. Hal ini dikarenakan, Sturgeon menjadi objek utama banyak para pemancing di dunia.

2. Ummidia audouini

Hewan Purba Yang Masih Hidup Sampai Sekarang

Ummidia audouini via eoapreserve.blogspot.co.id

Ummidia audouini adalah salah satu jenis laba-laba yang diperkirakan sudah ada sejak 400 juta tahun yang lalu. Berdasarkan hasil penelitian, jenis laba-laba ini masih satu keturunan dengan kalajengking sebab dipunggung terdapat lapisan khusus yang mirip dengan kalajengking.

3. Buaya

Hewan Purba Yang Masih Hidup Sampai Sekarang

Buaya via pixabay.com

Secara garis besar, Buaya adalah salah satu jenis hewan purba yang masih hidup sampai sekarang, walaupun tidak sama persis dengan nenek moyangnya, tapi pada dasarnya, dari bentuk dan fisiknya masih sangat mirip dengan buaya yang pernah hidup 200 juta tahun yang lalu

Baca juga: 7 Jenis Buaya Zaman Purba Yang Menarik Untuk Diketahui

4. Martialis Heureka

Hewan Purba Yang Masih Hidup Sampai Sekarang

Martialis Heureka via wikimedia.org

Martialis Heureka merupakan salah hewan purba yang masih hidup sampai sekarang yang diperkirakan sudah ada sejak 120 tahun yang lalu. Semut ini ditemukan di hutan Amazon di Brasil pada tahun 2000 silam.

Hewan yang memiliki arti nama generic “berasal dari mars” ini digambarkan sebagai spesies semut baru dari keturunan Martialinae. Sedangkan habitat semut yang tidak memiliki mata ini adalah di bawah tanah.

5. Tadpole Shrimp

Hewan Purba Yang Masih Hidup Sampai Sekarang

Tadpole Shrimp via wikipedia.org

Tadpole Shrimp adalah hewan sejenis kecebong mirip udang yang diperkirakan sudah ada sejak 70 juta tahun yang lalu dan sudah masuk daftar hewan yang terancam kepunahan.

Berdasarkan hasil temuan fosilnya, ternyata hewan ini berasal dati periode Upper Triassic, selain itu, evolusi juga tidak berlaku terhadap hewan ini, dimana diketahui, hewan ini tidak secara drastis mengubah bentuknya secara keseluruhan.

6. Horseshoe crabs

Hewan Purba Yang Masih Hidup Sampai Sekarang

Horseshoe crabs via wikimedia.org

Horseshoe crabs atau kalau diartikan ke bahasa Indonesia yaitu kepiting tapal kuda adalah salah satu jenis hewan purba yang masih hidup sampai sekarang yang diperkirakan sudah ada sejak 450 juta tahun yang lalu.

Sampai sekarang, hewan ini masih ada, walaupun sudah banyak mengalami evolusi, tapi pada dasarnya, bentuk dan fisiknya tidak banyak mengalami perubahan, hal ini dapat dibuktikan dengan fosilnya yang pernah ditemukan.

7. Hiu Goblin

Hiu Goblin merupakan salah satu jenis hiu terlangka di dunia dan diyakini sebagai satu-satu jenis hiu yang pernah hidup di jaman 120 juta tahun yang lalu. Dinamakan Hiu Goblin karena bentuknya yang jelek, tapi hewan ini tidak berbahaya.

Baca juga: Inilah 10 Ikan Hiu Terbesar Di Dunia, Bahkan Ada Yang Sebesar Kapal Pesiar

8. Coelacanth

Hewan Purba Yang Masih Hidup Sampai Sekarang

Coelacanth via wikipedia.org

Coelacanth adalah salah satu jenis hewan purba yang masih hidup sampai sekarang yang pernah dianggap punah sebelum akhirnya ditemukan kembali pada tahun 1938 di lepas pantai Afrika Selatan.

Diperkirakan ikan ini sudah ada sejak 170 tahun yang lalu. Tapi sayangnya, hewan air ini sudah sangat jarang ditemukan dan sudah masuk daftar hewan yang akan segera punah.

9. Pelican

Hewan Purba Yang Masih Hidup Sampai Sekarang

Pelican via wikipedia.org

Kalau dipikir-pikir memang sedikit aneh, jika burung Pelican ini sudah ada sejak jaman Dinosurus menghuni bumi, dimana hewan ini diperkirakan sudah ada sejak 30 juta tahun yang lalu, hal ini dapat dibuktikan dengan fosilnya yang pernah ditemukan.

10. Lamprey

Hewan Purba Yang Masih Hidup Sampai Sekarang

Lamprey via flickr.com

Secara sekilas melihat hewan laut sejenis belut ini sangat mengerikan dengan gigi-gigi yang digunakannya untuk mengisap darah ikan di sekitarnya. Hewan ini diperkirakan sudah ada sejak 360 tahun yang lalu dan termasuk salah satu hewan purba yang masih hidup sampai sekarang.

Masih penasaran, Klik NEXT untuk melanjutkan

Loading...

Add Comment