5 Hewan Terganas Di Hutan Amazon

Terletak di Negara Brazil. Hutan ini merupakan salah satu ekosistem alam paling besar di dunia yang menyimpan banyak habitat hewan yang terkenal besar dan ganas. Apa penyebab makhluk di amazon bisa jadi begitu besar dan berbahaya ?

Alasan pertama kemungkinan hutan yang masih tak terjamah oleh manusia dan alasan kedua mengenai dengan lokasinya yang tepat garis di khatulistiwa. Letaknya yang tepat berada di zona tropis di mana krang lebih dari 400/1016 centimeter hujan turun setiap tahunnya.

Dengan rata-rata kurang lebih dari 3 centimeter curah hujan setiap hari! Banyak air jatuh ke tanah di sekitar sungai yang membuat tumbuhan subur dan rantai makanan lancar.

Berikut adalah 5 Hewan Terganas Di Hutan Amazon :

1. Piranha Merah

Hewan Terganas Di Hutan Amazon

Piranha Merah (pixabay.com)

Ikan piranha terkenal sebagai hewan penyebar teror di sungai Amazon, maka banyak menginspirasi film-film hollywood. Piranha merah ini sebenarnya hewan pemakan bangkai. Tapi, ikan buas ini juga bisa menyerang mangsa hidup.

Ukuran piraha merah kurang lebih 30 centimeter dan berkeliaran secara bergerombol. Seperti ikan piranha lainnya, Piranha merah mempunyai gigi sangat tajam dan kuat, satu baris gigi pada masing-masing rahang atas dan bawah. Gigi-giginyanya ini saling tersambung maka sangat sempurna untuk merobek dan mencabik-cabik daging mangsanya.

Reputasi piranha terutama berasal dari sifat yang rakus makan, di mana secara bergerombol, piranha bisa menyerang makhluk lain dan menghabisinya sampai menyisakan tulang hanya dalam beberapa menit. Serangan piranha jarang terjadi kecuali diwaktu segerombolan piranha sedang kelaparan atau diprovokasi.

2. Buaya Hitam

Panjang Buaya Hitam dapat tumbuh sampai enam meter ,lebih besar dan lebih berat dari buaya sungai nil. Buaya hitam ini dapat dikatakan salah satu dari raja sungai amazon dan predator puncak di perairan Amazon.

Hampir semua hewan dimakan dengan giginya. Termasuk Juga memangsa piranha, monyet, rusa, dan bahkan anaconda. Buaya hitam pun tak segan-segan menyerang manusia.

3. Katak Beracun

Hewan Terganas Di Hutan Amazon

Katak beracun (nationalgeographic.co.id)

Katak ini beracun dikarenakan di sepanjang tubuhnya terdapat lendir beracun. Masyarakat setempat dengan sangat hati-hati memakai lendir beracun tersebut untuk dioles ke anak panah mereka. Bahkan, menurut warga setempat katak ini mampu membunuh manusia dengan hanya satu sentuhan saja!

4. Anaconda Hijau

Hewan Terganas Di Hutan Amazon

Anaconda Hijau (log.viva.co.id)

Anaconda adalah ular paling besar didunia yang hidup di sungai amazon. Anaconda hijau jauh lebih berat. Biasanya, yang betina lebih besar daripada yang jantan. Beratnya dapat mencapai 250 kilogram, panjang hingga sembilan meter dan diameter nya hingga 30 centimeter.

Reptil raksasa ini tidak memiliki bisa tetapi memakai kekuatan otot besarnya menekan dan membuat mati lemas mangsanya. Anaconda dapat memangsa rusa, buaya air tawar, bahkan hewan jaguar. Lebih senang hidup di anak sungai amazon, dengan perairannya yang dangkal maka anaconda bisa secara diam-diam menyelinap kearah mangsanya.

5. Payara

Hewan Terganas Di Hutan Amazon

Payara (youtube.com)

Payara merupakan predator ganas, dapat memangsa ikan dengan ukuran setengah dari tubuhnya. Panjangnya tumbuh bisa mencapai 1,2 meter. Sebagian besar makanannya adalah ikan Piranha, maka dapat dibayangkan susahnya menaklukan ikan bertaring seperti iblis ini.

Nama Payara diambil dari dua gading yang tumbuh 15cm di rahang bawahnya. Gading ini jadi senjata yang dipakai untuk menusuk mangsanya secara brutal. Lubang khusus yang ada di rahang atas berguna untuk menghindari tusukan dari gigi-giginya sendiri.

Baca juga: 5 Hewan Aneh Di Sungai Amazon

Loading...

Add Comment