10 Fakta Hormon Cinta, Yang Bukan Sekedar Memperkuat Ikatan Cinta

Hormon Cinta atau hormon oxytocin adalah zat kimia yang diproduksi oleh otak manusia, hormon ini dikeluarkan oleh kelenjar Pituitary yang berfungsi untuk memperkuat ikatan hubungan antar sesama agar menjadi lebih romantis.

Dinamakan hormon cinta, karena berperan besar dalam membangun hubungan antara seorang ibu dengan anaknya, dimana diketahui hormon cinta ini dapat membantu saat wanita melahirkan dan memproduksi ASI-nya.

Diketahui juga hormon ini tidak hanya dimiliki oleh wanita saja, tapi pria pun juga memiliki hormon ini, meskipun cara kerjanya sedikit agak berbeda. Meski begitu, faktanya hormon cinta tidak hanya mempengaruhi hubungan romantis saja. Apa saja faktanya? berikut ulasannya

1. Dapat Meredakan Stres dan Meningkatkan Proses Pencernaan

Bukan hal yang mengejutkan apabila hormon cinta bisa meredakan stres, bukan hanya itu, hormon ini juga bisa menurunkan tekanan darah dan meningkatkan proses percernaan.

Dimana diketahui di dalam sistem percernaan terdapat reseptor hormon cinta. Karena hal itulah, hormon oxytocin dapat mengontrol pergerakan usus, menurunkan peradangan pada usus dan meningkatkan proses percernaan.

2. Mencegah Depresi

Tingkat hormon oxytocin yang rendah sudah sejak lama selalu dikaitkan dengan timbulnya depresi dan kecemasan. Dipercaya kekurangan hormon cinta bisa memicu timbulnya depresi dan kecemasan yang berlebihan.

3. Meredakan Rasa Sakit

Hormon oxytocin memiliki zat anti peradangan yang berguna membantu meredakan rasa sakit dan dapat mempercepat penyembuhan luka. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa hormon ini bisa juga meredakan kram, sakit otot, migran dan sakit kepala.

4. Mengatasi Rasa Takut

Hormon oxytocin tidak hanya bermamfaat untuk masalah cinta saja, hormon cinta juga bisa membantu mengatasi rasa takut. Diketahui hormon oxytocin juga bisa meningkatkan rasa optimis dan kepercayaan. Hormon ini juga bisa membantu orang agar lebih mudah bersosialisasi dengan orang lainnya.

5. Menguatkan Ikatan Hubungan Antar Pasangan

Hormon ini berperan penting dalam membangun ikatan hubungan antar pasangan, seperti menguatkan kepercayaan, keintiman dan meningkatkan gairah seksual serta ketertarikan antar pasangan.

6. Ikatan Antara Ibu Dengan Seorang Anak

Seperti yang diketahui sebelumnya, hormon Oxytocin dapat menguatkan ikatan antar seorang ibu dengan anaknya dan hormon ini juga membantu saat proses melahirkan dengan cara mempercepat kotraksi, makanya terkadang hormon Oxytocin disuntikan dalam bentuk sintetis untuk membantu wanita melahirkan.

Karena dipengaruhi hormon ini, hanya dengan menyentuh dan mengendong bayinya, seorang ibu sudah membentuk kepercayaan, keintiman dan ikatan yang kuat dengan bayinya. Tidak hanya itu, hormon ini juga dibagi saat seorang ibu menyusui bayinya.

7. Selalu Siap Digunakan Kapan Saja

Pelukan, ciuman dan kontak fisik lainnya yang berhubungan dengan cinta akan membuat otak mengeluarkan hormon cinta dan efek jangka panjangnya adalah kepercayaan yang akan semakin meningkat.

8. Bisa Membuat Kamu Jadi Pembohong

Umumnya hormon Oxytocin akan semakin meningkat apabila berinteraksi dengan dunia di sekitar kita, misalnya pada saat kamu terdesak karna ketahuan selingkuh, maka hormon ini akan meningkat. Bila kamu tidak ingin mengakui perbuatanmu, akhirnya hormon inilah yang akan mendesak kamu untuk berbohong.

9. Bisa Membuat Seseorang Fanatik Terhadap Sesuatu

Hormon ini memang sangat erat hubungannya dengan rasa cinta, maka tidak heran apabila hormon ini bisa membuat seseorang fanatik terhadap sesuatu, misalnya kamu sudah lama tinggal dan menetap di Medan, maka kamu bangga jadi orang Medan.

10. Dapat Menyebab Kantuk

Ini berlaku untuk hormon Oxytocin buatan yang dihirup atau disuntikan, karena pada dasarnya hormon ini bisa meredakan kecemasan dan stres untuk menenangkan dengan cara membuat seseorang mengantuk.

Nah, itulah beberapa fakta Hormon Cinta. Sekarang kamu sudah mengetahui betapa menakjubkannya hormon cinta yang diproduksi oleh otak kita.

Baca juga: 6 Cara Menguji Kesetiaan Pacar, Untuk Menyakinkanmu Bahwa Dia Belahan Jiwamu

Loading...

Add Comment