Hutan kota dengan nuansa alami di BSD, Tangerang Selatan

Daerah perkotaan Jakarta yang penat dan penuh hiruk pikuk sering membuat orang bepergian ke daerah pegunungan atau daerah yang masih asri hanya sekedar mengusir kepenatan dan kejenuhan.

Sekarang banyak terdapat taman kota yang di bangun sehingga bagi anda yang ingin mendapatkan suasana alam yang fresh, maka anda bisa menuju ke taman kota. Salah satunya yang memiliki lahan cukup luas menyajikan hijau nya alam adalah taman kota di BSD.

Taman kota di bagian selatan Tangerang ini di bangun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan suasana asri, hijau dan teduh yang tidak bisa di dapat saat sehari-hari bekerja di ibukota yang penuh dengan kendaraan dan polusi.

Ada dua taman kota di daerah BSD, taman kota 1 tidak seluas taman kota 2 dan terletak di area tengah kota BSD/ untuk taman kota 2 atau yang disebut hutan kota 2 terletak di kawasan Tekno.

 

Hutan kota dengan nuansa alami di BSD, Tangerang Selatan

Sumber Gambar : Kotabsd.com

Taman kota yang didirikan pada tahun 2006 ini memiliki luas sekitar 9 hektar. Taman kota yang memiliki tanaman dan pepohonan rimbun ini lebih tepatnya disebut hutan kota. Pepohonan yang terdapat disana sekitar 7000 pohon seperti pohon beringin, pohon bintaro, pohon meranti, dan juga pohon pulai. Disana juga terdapat sekitar 60 jenis tanaman.

Saat anda memasuki area hutan kota ini maka anda akan melihat padang rumput yang cukup luas, anda bebas memarkir kendaraan dengan gratis dan juga untuk masuk ke hutan kota ini tidak dikenakan biaya. Dan anda dilarang untuk membawa kendaraan ke dalam area hutan kota.

Memasuki hutan kota maka harus melintasi jembatan gantung terlebih dahulu. Jembatan gantung ini terletak diatas anak sungai cisadane, dan sering disebut sebagai jembatan merah cinta. Karena dianggap sebagai jembatan yang romantis.

 

Hutan kota dengan nuansa alami di BSD, Tangerang Selatan

Sumber Gambar : WordPress.com

Saat anda berada hutan kota, anda akan merasakan suasana yang alami dengan suara – suara alam seperti layaknya di pegunungan. Suara hewan-hewan juga terdengar membuat suasana semakin terasa berada di alam terbuka. Kebisingan kota seperti tenggelam dalam hijaunya pepohonan, and tak perlu pergi keluar kota untuk mendapatkan suasana ini.

Anda bisa berlibur murah ke Taman kota ini bersama keluarga. Banyak fasilitas yang bisa di dapat disana. Seperti misalnya taman bermain anak-anak. Ditengah banyaknya pepohonan, tersedia fasilitas bermain bagi anak-anak. Sehingga bila anda berlibur bersama keluarga kesana, anak-anak pun bisa menikmati alam bebas dengan gembira.

Di Hutan kota tersebut juga terdapat jogging track yang bisa di gunakan pagi maupun sore hari. Disana juga ada jalan pendek bebatuan yang memang disiapkan untuk jalur refleksi bagi kaki. Bila anda datang pada pagi hari, maka anda bisa mengikuti senam taichi gratis yang diadakan setiap pagi hari.

Banyak hal yang harus diperhatikan bila anda masuk ke dalam hutan kota ini, antara lain; di taman kota ini pedagang asongan di larang masuk dengan bebas, hal ini untuk menjaga kebersihan dan keasrian hutan kota. Dilarang mencoret-coret di setiap bagian hutan kota. Hewan peliharaan pun tidak diperkenankan untuk masuk. Kebersihan hutan kota harus di jaga bersama.

Bagi anda yang ingin mengadakan kegiatan seperti foto pre-wedding, shooting film, kegiatan promosi, dan juga acara yang mungkin menimbulkan kebisingan maka anda harus meminta ijin dari pihak pengelola. Dan bila mendapatkan ijin , maka harus dalam bentuk tertulis.

Di dalam hutan kota ini terdapat danau buatan dan juga air terjun buatan yang membuat nuansa alami semakin terasa kental. Ada bangku-bangku taman yang bisa anda gunakan untuk duduk santai saat lelah menjelajah hutan kota.

 

Hutan kota dengan nuansa alami di BSD, Tangerang Selatan

Sumber Gambar : WordPress.com

Beberapa gazebo dan rumah pohon juga tersedia disana dan anda bisa menggunakannya dengan bebas. Banyak kios makanan yang bisa anda temui dari pagi hingga sore hari. Sehingga anda tak perlu takut kelaparan bila berada disana berlama-lama.

Selain digunakan sebagai paru-paru kota dan tempat refreshing bagi keluarga, hutan kota ini juga berfungsi sebagai laboratorium bagi tumbuh-tumbuhan yang ada disana. Sehingga kelestarian tanaman dan pepohonan disana tetap terjaga.

Jadi, untuk Anda yang sedang berkunjung ke BSD jangan lupa untuk datang ke hutan kota yang ada disini ya, tidak perlu khawatir juga jika Anda kebingungan mencari penginapan di lokasi Anda bisa kunjungi situs traveloka saja, selain akan mempermudah proses pemesanannyapun sangatlah cepat.

Loading...

Add Comment