Cantiknya, Inilah 7 Jenis Ikan Arwana Termahal di Dunia

Ikan Arwana sering juga disebut ikan naga (dragon fish) dengan nama latin Scleopages sp. Bagi beberapa orang ikan arwana dianggap bisa mendatangkan keberuntungan dan dipecaya bisa menjaga rumah dari gangguan makhluk halus.

Selain bentuknya yang unik, ikan Arwana juga mempunyai ciri khas sendiri yaitu dua buah sungut yang ada pada bawah bibirnya, dimana diketahui sungut tersebut berfungsi untuk mengetahui posisi mangsanya.

Ikan Arwana termasuk ikan hias yang mahal harganya, karena selain memiliki bentuk tubuh yang unik dengan sisik-sisik yang berkilauan, ikan Arwana juga termasuk hewan yang lumayan langka dan dilindungi. Lantas jenis ikan Arwana apa saja yang termasuk termahal? berikut ulasannya

1. Arwana Super Red

Ikan Arwana Termahal

Arwana Super Red

Jenis ikan Arwana yang satu ini berasal dari Indonesia, tepatnya di sungai Kapuas dan danau Sentarum, Kalimantan Barat. Jenis ikan Arwana ini terbagi lagi menjadi dua varian berdasarkan warnanya yaitu blood red dan chili red.

Jenis ikan Arwana ini sejak kecil sudah memiliki warna merah pada sirip, ekor, dayung, dan sungut yang kemudian disusul dibagian pipi dan pinggir insang. Sedangkan warna merah pada tubuh ikan akan muncul jika sudah berusia lebih 3-4 tahun.

Tapi, banyak para budidaya ikan hias mengunakan trik-trik khusus untuk membantu mempercepat proses perkembangan warna tersebut seperti pemberian pakan yang bagus atau menempatkan ikan tersebut dikolam yang terkena sinar matahari langsung.

2. Cross Black Golden Arwana (X Black Golden)

Ikan Arwana Termahal

Cross Black Golden Arwana (X Black Golden)

Jenis ikan Arwana yang ini berasal dari negara tetangga kita Malaysia, seperti di wilayah Perak, Johor, Bukit Merah, dan Trengganu. Jenis ikan Arwana ini merupakan salah satu varian Arwana Golden.

Disebut Cross Black, karena pada saat ikan ini sudah dewasa, ring pada sisik bisa melewati punggungnya. Sedangkan warna emas yang dimiliki jenis ikan Arwana ini cendrung lebih terang dan mengkilap.

Jenis ini termasuk ikan Arwana termahal, bahkan lebih mahal dari jenis Super Red, karena termasuk yang paling sulit didapatkan. Yang unik dari ikan Arwana jenis ini yaitu warna dasarnya yang beragam seperti blue base, purple base, silver base dan gold base.

3. Red Tail Golden Arwana

Ikan Arwana Termahal

Red Tail Golden Arwana

Jenis ikan Arwana ini juga termasuk salah satu varian Arwana Golden yang berasal dari Indonesia, tepatnya di Pekan Baru, Sumatera. Jika dibanding dengan Cross Black, ikan Arwana jenis ini lebih agresif serta mempunyai keragaman warna dasar seperti blue base, green base dan gold base.

Selain itu jenis ini bisa tumbuh lebih besar dari Cross Black. Mungkin kekurangan jenis ikan Arwana ini yaitu warna sisik yang tidak bisa sampai melewati punggungnya, hanya bisa mencapai level sisik 4 jika dihitung dari bawah ke atas.

Karena kekurangannya tersebut, harganya pun lebih murah dibanding jenis ikan Arwana Super Red. Tapi, biarpun begitu ikan Arwana jenis ini mempunyai kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya.

Baca juga: 10 Jenis Ikan Paus Terbesar di Dunia Yang Pasti Membuatmu Terkejut

4. Green Arwana (Arwana Pino)

Ikan Arwana Termahal

Green Arwana (Arwana Pino)

Kenapa disebut Green Arwana? karena warna dasar jenis ikan Arwana ini adalah hijau. Green Arwana mempunyai keindahan tersendiri, walaupun diketahui jenis ikan Arwana yang satu tidak memiliki ring (warna mengkilap di pinggir sisik) seperti Super Red, Red Tail Golden dan Cross Black Golden.

Varian ikan Arwana ini bisa ditemukan di Malayasia, Myanmar, Thailand, Kamboja, dan Indonesia. Dikalangan pencinta ikan hias, jenis ikan Arwana ini sering juga disebut Arwana Pino.

5. Banjar Red Arwana

Ikan Arwana Termahal

Banjar Red Arwana

Jenis ikan Arwana ini sering dianggap sebagai varian jenis ikan Arwana merah kelas dua. Biarpun begitu, jenis ikan Arwana yang satu ini tetap memiliki daya tariknya tersendiri, sehingga pencinta ikan hias tetap memburu ikan ini sebagai koleksinya.

Yang membuat jenis ikan Arwana ini menjadi unik yaitu sisiknya mempunyai warna dasar kehijauan dan membentuk mirip seperti tapal kuda serta sidikit berwarna merah muda jika sudah berusia dewasa.

Pada umumnya, saat masik kecil warna ikan Arwana jenis ini hampir mirip dengan jenis Super Red, tapi saat ukurannya sudah mencapai lebih 15-20 cm warnanya mulai berubah seperti ekor lebih terlihat orange.

Banjar Red Arwana termasuk salah satu ikan Arwana termahal, bahkan lebih mahal jika dibanding dengan jenis green arwana.

6. Jardini Arwana (Arwana Irian)

Ikan Arwana Termahal

Jardini Arwana (Arwana Irian)

Warna dasar yang dimiliki varian jenis ikan Arwana ini cukup unik yaitu hitam kecokelat-cokelatan dengan bintik kuning agak keemasan di bagian tengah sisik-sisiknya. Bahkan bintik-bintik kuning tersebut juga terdapat pada kepala, sirip dan ekor.

Meskipun jenis ikan Arwana ini sering ditemukan di pulau Irian, Indonesia, tapi sejatinya ikan Arwana jenis ini berasal dari Australia. Karena hal itulah varian ikan Arwana ini juga sering disebut Arwana Irian.

Jenis ikan Arwana ini dibagi lagi menjadi dua berdasarkan warnanya yaitu scleropages jardini adalah yang memiliki warna dasar lebih gelap dan scleropages leichharti adalah yang memiliki dasar lebih terang.

7. Silver Arwana (Arwana Brazil)

Ikan Arwana Termahal

Silver Arwana (Arwana Brazil)

Silver Arwana yang sering disebut juga dengan nama Arwana Brazil. Silver Arwana memiliki tubuh yang sedikit agak berbeda dengan jenis ikan Arwana lainnya dengan bentuk tubuh yang panjang dan sirip yang panjang juga.

Jenis ikan Arwana ini bisa tumbuh mencapai 50-60 cm. Jenis Arwana ini lebih murah jika dibanding dengan jenis Jardini Arwana, tapi jika ikan arwana ini sudah tumbuh besar, maka sangat indah dipandang mata.

Baca juga: 10 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah Yang Populer Dikalangan Pencinta Ikan Hias

Loading...

Add Comment