7 Fakta Menarik Tentang Ikan Blobfish, Ikan Paling Buruk Rupa di Dunia

Ikan Blobfish

Ikan Blobfish

Dalam dunia fauna terdapat beberapa hewan dengan bentuk yang unik dan semua fauna ini adalah makhluk hidup yang biar bagaimanapun juga harus kita jaga kelestariannya untuk mencegah kepunahannya.

Salah satu hewan dengan bentuk yang cukup unik yaitu Ikan Blobfish. Ikan ini terkenal dengan wajahnya yang buruk rupa, bahkan saking jeleknya ikan ini, sampai bentuknya tidak menyerupai ikan pada umumnya.

Meskipun begitu Ikan Blobfish banyak sekali menyimpan misteri, bahkan dalam dunia sains hanya sedikit yang bisa digali dari hewan buruk rupa ini. Oleh karena itu, berikut ada beberapa fakta menarik tentang Ikan Blobfish. Berikut ulasannya

1. Ikan Blobfish di Populerkan Oleh Seekor Ikan Bernama Mr. Blobby

Ikan buruk rupa ini terkenal di seluruh dunia berkat seekor ikan Blobfish yang bernama Mr. Blobby yang diangkat ke daratan oleh tim ekspedisi NORFANZ di daerah perairan Selandia Baru pada tahun 2003 silam.

Para Ilmuwan sangat tertarik dengan ikan yang habitatnya berada di kedalaman lebih 1 km di bawah laut dan mereka menamai ikan tersebut dengan nama Mr. Blobby. Kemungkinan kalau kamu mencari gambar Ikan Blobfish di Google maka yang muncul adalah Mr. Blobby ini.

Keunikan ikan ini, selain wajahnya yang buruk rupa, juga selalu terlihat sedih, dan dibagian sudut mulutnya ada semacam parasit yang mirip ingus yang seolah-olah ingin menetes seperti dia sedang lagi ngiler.

Kini, Mr. Blobby sudah diawetkan di Australian Museum, dan menurut museum tersebut karena proses pengawetan tersebut membuat hidungnya sedikit lebih kecil daripada sebelumnya yang membuatnya tidak seimut sebelumnya.

2. Ikan Blobfish Adalah Hewan Terjelek di Dunia

Sebuah komunitas yang bernama Ugly Animal Preservation Society yaitu sebuah komunitas yang mengangkat kesadaran manusia terhadap hewan yang tidak menarik dan kurang diperhatikan di dunia.

Dimana pada tahun 2013, mereka melakukan sebuah voting online untuk memilih maskot baru hewan terjelek di dunia, dan berdasarkan dari kurang lebih 3000 voting tersebut, Ikan Blobfish mendapat sekitar 800 voting.

Ikan buruk rupa ini berhasil mengalahkan hewan terjelek di dunia lainnya seperti Bekantan, Kodok yang bernama kodok testikel, penyu berhidung babi, dan kutu bulu kelamin.

3. Di Habitat Aslinya, Ternayata Ikan Blobfish Tidak Terlalu Jelek

Selama ini mungkin kita mengenal ikan ini hanya lewat internet saja, dan gambar yang kita lihat selama ini adalah seekor ikan yang mirip gumpalan lendir yang selalu mengeluarkan air liur dengan wajahnya yang selalu terlihat sedih.

Tapi, di habitat aslinya, ternyata ikan ini tidak sejelek waktu diangkat dipermukaan, karena di kedalaman antara 600 meter sampai 1, 2 km, tekanan air laut lebih tinggi, sehingga membuat otot-otot ikan ini tidak mengendor seperti waktu di darat.

Baca juga: Ngak Percaya, Inilah 5 Jenis Ikan Naga Yang Ada di Dunia

4. Tidak Mempunyai Gelembung Renang

Sebagian besar ikan di dunia ini mempunyai organ yang bernama Swim Bladder atau Gelembung Renang. Organ ini berupa kantong udara yang bisa membuat ikan tersebut bisa berenang dan bermanuver tanpa tenggelam.

Ikan Blobfish tidak mempunyai organ ini, sebab secara teori organ ini tidak akan mampu bertahan dan akan meledak saat berada di kedalaman laut yang merupakan habibat ikan buruk rupa ini berasal yaitu 1 km di bawah permukaaan laut.

Ikan ini mengunakan dagingnya yang bertekstur seperti gelatin dan memamfaatkan tekanan udara yang tinggi di dasar laut untuk tetap bisa berenang. Makanya saat ikan ini diangkat kepermukaan, dagingnya yang bisa membuatnya mengapung tersebut menjadi lembek.

5. Bukan Hewan Yang Aktif

Di dasar laut yang dalam, ternyata makanan tidak selalu tersedia dengan mudah, makanya Ikan Blobfish yang merupakan salah satu penghuninya berevolusi sebagai hewan laut yang memiliki banyak energi walaupun sedikit makan.

Oleh karena itulah, dalam kesehariannya, ikan ini kebanyakan hanya bersantai dengan gerakan-gerakan kecil. Ikan ini hanya membuka mulutnya saat ada sesuatu yang bisa dia makan, dan cara ini adalah cara paling efektif dalam berburu untuk sekelas hewan seperti ikan ini.

6. Banyak Jadi Referensi Pop Kultur

Walaupun memiliki bentuk yang dianggap jelek dengan wajahnya yang buruk rupa, ternyata tidak ada sama sekali yang jijik dengan ikan ini. Hal ini terbukti banyak karya yang berhasil tercipta karena terinspirasi dari ikan ini.

Karya-karya tersebut seperti lagu, puisi, boneka, dan pakaian. Bahkan kabarnya di London, Inggris ada Blobfish Cafe yang rencananya di buka pada tahun depan yaitu 2017. Cafe ini memiliki konsep kedai kopi dengan akuarium besar di dalamnya yang berisi tiga ekor blobfish hidup.

7. Menjadi Salah Satu Misteri Dalam Dunia Sains

Walaupun sudah banyak di eksplotasi di dunia, tapi dalam dunia sains, Ikan Blobfish masih merupakan salah satu misteri, sebab para Ilmuwan hanya sedikit mengetahui tentang hewan buruk rupa ini seperti berapa lama rata-rata ikan ini hidup, atau bagaimana ikan ini bereproduksi, dan masih banyak lagi.

Nah, itulah beberapa fakta menarik tentang Ikan Blobfish. Semoga postingan bisa meningkatkan kesadaran kita dengan hewan buruk rupa atau hewan yang kurang diperhatikan lainnya.

Baca juga: Inilah 5 Fakta Ikan Hiu Megalodon, Hiu Terbesar di Dunia

Loading...

Add Comment