10 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah Yang Populer Dikalangan Pencinta Ikan Hias

Umumnya hewan yang dipelihara adalah anjing dan kucing, memang kedua jenis hewan ini merupakan primadona sebagai hewan peliharaan. Tapi banyak orang tidak mau memelihara hewan karena perawatan yang ribet dan rumit.

Nah, salah satu hewan peliharaan yang mudah dipelihara adalah ikan. Dengan ruang gerak yang kecil, yang diperlukan hanya akuarium kecil dan bisa diletakan dimana saja sesuai dengan keinginanmu, ditambah lagi ikan hias memiliki jenis yang beragam.

Ikan hias yang banyak digemari adalah ikan hias air tawar, karena perawatannya yang lebih murah, budidayanya yang lebih gampang dibanding ikan hias air laut dan memiliki banyak pola dan varian warna yang indah. Lantas ikan hias air tawar apa yang memiliki warna paling indah? berikut ulasannya

1. Diskus

Ikan Hias Air Tawar Terindah

Diskus via pixabay.com

Ikan Diskus merupakan jenis dari Cichlids yang biasanya hidup di perairan sungai Amazon. Ikan hias ini sangat populer dengan pola warna yang cerah seperti warna merah, orange, cokelat, dan warna biru cerah.

Beberapa varian ikan hias ini ada yang mempunyai warna tunggal bahkan ada yang berwarna putih bersih. Sekarang ini banyak yang sudah membudidayakan ikan hias ini dengan banyak varian pola warna yang menarik.

2. Gold Fish

Ikan Hias Air Tawar Terindah

Gold Fish via pixabay.com

Ikan hias Gold Fish adalah jenis ikan hias paling mudah dipelihara. Ikan ini mempunyai banyak ukuran dan warna dengan ciri perut yang gemuk dan ekor lebar mirip kipas. Untuk memelihara ikan ini diperlukan suhu air antara 62-74 derajat Fahrenheit dan dikarenakan sifat ikan yang lincah maka pastikan selalu menganti 10% air setiap minggunya.

3. Fantail Guppy

Ikan Hias Air Tawar Terindah

Fantail Guppy via flickr.com

Fantail Guppy merupakan salah satu ikan hias yang memiliki warna menarik dengan harga yang murah. Pola warna ikan Fantail Guppy sangat beragam, ikan ini mempunyai ekor panjang mirip kipas.

Disaat berenang ekor ikan ini akan bergerak cantik yang merupakan salah satu daya tarik dari ikan Fantail Guppy ini. Inilah kenapa banyak orang memelihara ikan ini. Sekarang ini ada lebih 20 kombinasi warna di miliki jenis ikan ini, umumnya berwarna merah, biru, ungu dan kuning.

4. Peacock Cichlid

Ikan Hias Air Tawar Terindah

Peacock Cichlid via pixabay.com

Peacock Cichlid mempunyai bentuk karakteristik yang sangtat berbeda apabila dibandingkan dengan jenis ikan hias air tawar lainnya. Ikan Peacock Cichlid memiliki warna cerah, perpaduan antara warna biru, emas dan orange menyala dengan garis gelap vertikal di sekujur tubuhnya. Ikan ini juga termasuk ikan yang ramah terhadap ikan lain.

5. Gourami

Ikan Hias Air Tawar Terindah

Gourami via pixabay.com

Siapa sangka ikan yang sering kita makan di rumah makan ternyata memiliki beberapa jenis yang masuk Ikan Hias Air Tawar Terindah. Jenis ikan ini merupakan jenis ikan air tawar yang umumnya berasal di negara Asia, seperti Pakistan, India, dan Korea

Salah satu jenis ikan hias Gourami yang paling indah yaitu Red Fire Dwarf, Blue Gouramis, dan Banded Gouramis. Ikan ini termasuk ikan hias yang mudah diperlihara dengan varian warna seperti biru, emas, neon dan jingga.

Baca juga: Mengenal 12 Jenis Ubur Ubur Tercantik dan Paling Indah di Dunia

6. Boeseman’s Rainbowfish

Ikan Hias Air Tawar Terindah

Boeseman’s Rainbowfish via flickr.com

Boeseman’s Rainbowfish merupakan ikan hias endemik yang hidup di bagian timur perairan pulau New Guinea. Dengan kepribadian yang tenang dan pola warna yang unik membuat ikan hias ini sangat populer di kalangan pencinta ikan hias.

7. Endlers Livebearer

Ikan Hias Air Tawar Terindah

Endlers Livebearer via flickr.com

Endlers Livebearer merupakan jenis ikan hias air tawar yang sulit dicari apabila hanya mencarinya di toko-toko ikan hias biasa. Penampilan Ikan Endlers Livebearer mirip seperti ikan Guppy liar dan memiliki pola warna neon dengan gradasi warna orange, hitam, kuning, hijau dan biru.

Kepribadian ikan ini ramah dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru yang membuat ikan ini termasuk ikan hias mudah dipelihara.

8. German Blue Ram

Ikan Hias Air Tawar Terindah

German Blue Ram via flickr.com

German Blue Ram merupakan jenis dari Cichlids dengan ukuran kecil, tenang dan pola warna yang beragam. Umumnya ikan ini memiliki warna kuning dan hijau ditambah bintik kecil berwarna biru yang menutup sirip ikan German Blue Ram ini.

Ikan ini juga mempunyai tujuh garis vertikal gelap ditubuhnya dan satu garis dikepalanya yang membentang melewati mata ditambah dibagian perut, mata, bagian atas dan bawah sirip sampai ekor ada bercak warna merah.

9. Betta

Ikan Hias Air Tawar Terindah

Betta Fish via pixabay.com

Betta Fish dikenal sebagai ikan petarung (Siamese). Betta jantan memiliki varian warna yang lebih banyak dibanding Betta betina. Varian ikan Betta yaitu putih, hitam, merah kuning, ungu, dan biru dan kadang ada juga yang berwarna monokrom dengan dua atau lebih gradasi.

Ikan ini akan kelihatan indah bila mereka berenang dengan sirip panjang dan lebar menjuntai. Istimewanya ikan ini termasuk salah satu ikan hias yang bisa berumur panjang dan mudah dipelihara.

10. Killifish

Ikan Hias Air Tawar Terindah

Killifish via flickr.com

Jenis ikan Killifish menyebar di seluruh Asia, Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika dan sebagian di Eropa. Ikan ini termasuk ikan hias yang populer dikalangan pencinta ikan hias dengan beragam warna.

Ikan hias ini mempunyai varian warna merah, orange, dan biru dengan bintik orange ditambah garis di sekujur tubuhnya. Varian warna Killifish yang betina lebih sedikit dibanding Killifish jantan. Ikan ini juga termasuk ikan hias yang mudah dipelihara.

Baca juga: Cantiknya, Inilah 7 Jenis Ikan Arwana Termahal di Dunia

Loading...

Add Comment