Inilah 5 Fakta Ikan Hiu Megalodon, Hiu Terbesar di Dunia

Ikan Hiu Megalodon

Ikan Hiu Megalodon

Ikan Hiu Megalodon merupakan jenis ikan hiu terbesar di dunia yang pernah hidup di jaman purba, dimana berdasarkan penelitian, ukuran Hiu Megalodon 10 kali lipat lebih besar dari ikan hiu yang ada saat ini.

Walaupun sudah dinyatakan punah oleh banyak ilmuwan, tapi ada beberapa orang yang percaya bahwa salah satu ikan predator terganas di dunia ini masih ada dan hidup diperairan yang dalam sehingga jarang ditemui.

Walaupun begitu, berdasarkan hasil penelitian dan temuan yang berhubungan dengan ikan hiu ini, terungkap beberapa fakta menarik tentang Ikan Hiu Megalodon. Lantas, apa saja faktanya? berikut ulasannya

1. Dianggap Sebagai Hewan Super Predator

Ikan Hiu Megalodon dianggap oleh para Ilmuwan sebagai hewan super predator di lautan, sebab dengan ukuran yang besar dan gerakannya yang sangat cepat membuat mangsa-mangsanya hanya memiliki peluang kecil untuk lolos.

Diyakini juga, ikan hiu ini menjadi hewan predator paling mendominasi di lautan selama jutaan tahun sampai akhirnya, jenis ikan hiu ini mengalami kepunahan yang tiba-tiba secara misterius.

2. Tidak Diketahui Alasan Kepunahannya

Sejauh ini tidak ada yang mengetahui secara pasti mengapa Ikan Hiu Megalodon bisa mengalami kepunahan. Teori yang paling masuk akal dan banyak dipercaya para Ilmuwan, yaitu ikan hiu ini punah saat puncak jaman es yang mengakibat banyak ikan besar mati.

3. Fosilnya Hampir Bisa ditemukan di Setiap Belahan Benua

Banyak Ilmuwan mengatakan bahwa Ikan Hiu Megalodon merupakan predator laut paling sukses di dunia, dimana kesuksesannya bisa di lihat dari penyebaran fosilnya yang bisa ditemukan di hampir semua perairan di dunia.

Ikan predator ini memang berbeda dengan predator laut lainnya di jaman prasejarah, dimana predator laut ini tidak hanya terbatas pada garis pantai, sungai atau danau saja, mereka menyebar di hampir semua perairan di dunia.

4. Great White Shark Merupakan Kerabat Terdekatnya

Secara garis keturunan, Ikan Hiu Megalodon dikenal sebagai Carcharadon Megalodon dari genus Carcharodon, sedangkan Great White Shark dikenal sebagai Carcharodon carcharias dari genus Carcharodon.

Karena berasal dari genus yang sama, maka Great White Shark dianggap masih satu nenek moyang dengan Ikan Hiu Megalodon. Tapi, banyak ahli paleonlotogi dan limuwan lainnya tidak setuju dengan teori ini.

5. Memiliki Gigitan Paling Kuat

Ikan Hiu Megalodon adalah predator laut terbaik yang pernah ada di dunia, dimana kekuatan gigitannya dipercaya bisa menghancurkan cangkang penyu dengan mudah.

Hal ini terbukti, pada tahun 2008 silam, sebuah tim penelitian gabungan antara Australia dengan Amerika Serikat mengunakan simulasi komputer untuk menghitung seberapa kuat gigitan ikan predator terganas di dunia ini.

Hasilnya dapat dibandingkan, kalau ikan hiu modern sekitar 1,8 ton sedangkan Ikan Hiu Megalodon bisa mencapai 18,2 ton, yang kalau digambarkan cukup untuk menghancurkan tengkorak ikan paus prasejarah semudah mengunyah anggur.

Nah, itulah beberapa fakta menarik tentang Ikan Hiu Megalodon, yang dianggap sebagai ikan hiu terbesar yang pernah hidup di jaman purba, walaupun, sejauh ini belum pernah ada yang melihat ataupun mendapatkannya dalam keadaan hidup.

Baca juga: Inilah 10 Ikan Hiu Terbesar Di Dunia, Bahkan Ada Yang Sebesar Kapal Pesiar

Loading...

Add Comment