Inilah 10 Ikan Hiu Terbesar Di Dunia, Bahkan Ada Yang Sebesar Kapal Pesiar

Jika ditanya hewan predator terganas di laut, pasti salah satu jawabannya adalah Ikan Hiu. Ya dengan bentuk yang halus dan dilengkap sirip yang kuat membuat ikan hiu bisa berenang dan mengejar mangsa dengan cepat. Ditambah lagi kebanyakan Ikan Hiu memiliki gigi yang runcing dan rahang yang kuat.

Walaupun umumnya orang bilang Ikan Hiu adalah salah ikan terganas tapi pada kenyataannya ada juga beberapa jenis ikan hiu yang tidak berbahaya pada manusia. Salah satunya adalah Whale Shark, yang memang cuma memakan planton.

Selain itu Ikan Hiu juga dikenal dengan ukuran yang rata-rata besar. Ikan Hiu terbesar yang pernah hidup di dunia ini adalah Megalodon Shark yang diperkirakan hidup antara 20 sampai 1.2 juta tahun yang lalu. Nah, berikut adalah beberapa Ikan Hiu Terbesar Di Dunia :

10. Bluntnose Sixgill Shark

Ikan Hiu Terbesar Di Dunia

Bluntnose Sixgill Shark

Ikan hiu ini yang juga dinamakan sebagai ikan hiu sapi masuk keluarga hexanchidae, dimana kebanyakan jenis keluarga ikan hiu ini sudah punah. Jenis ikan hiu ini dapat tumbuh hingga 16 kaki (4.8 meter).

Warna Ikan Hiu ini bervariasi mulai cokelat hingga mendekati ke hitam dan mempunyai garis terang berwarna kuning dibagian samping tubuhnya.

9. Thresher Shark

Ikan Hiu Terbesar Di Dunia

Thresher Shark

Populasi ikan hiu ini diperkirakan di laut Khatulistiwa. Ikan ini dapat tumbuh mencapai 18 kaki dan bobot yang mencapai kurang lebih 500 kg.

8. Great Hammerhead Shark

Ikan Hiu Terbesar Di Dunia

Great Hammerhead Shark

Jenis hiu yang dalam keluarga Sphyrnidae ini terkenal dengan nama Hiu Martil karena kepalanya yang menyerupai martil. Panjang jenis ikan hiu ini bisa mencapai 20 kaki dan bisa ditemukan hampir di semua perairan di dunia.

Pada 23 Mei 2006 lalu, pernah ditangkap hiu martil yang sedang hamil di Boca Grande dengan bobot 580 kg.

7. Greenland Shark

Ikan Hiu Terbesar Di Dunia

Greenland Shark

Greenland Shark merupakan ikan hiu paling lambat diantara jenis ikan hiu lainnya, kecepatan renangnya hanya 2.7 km/jam. Panjang ikan hiu ini bisa mencapai 21 kaki dan usia hidupnya kurang lebih 200 tahun yang membuat masuk salah satu hewan dengan umur terpanjang di dunia. Umumnya hiu ini hidup di kedalaman 6600 kaki dipermukaan laut.

6. Pacific Sleeper Shark

Ikan Hiu Terbesar Di Dunia

Pacific Sleeper Shark

Pacific Sleeper Shark atau Somniosus pacificus merupakan salah satu hiu terbesar.Panjang hiu ini dapat mencapai hingga 23 kaki dan memiliki bobot hingga kurang lebih 350 kg. Jenis hiu ini umumnya hidup didaerah laut dalam dengan kedalaman hingga 6500 kaki dibawah permukaan laut.

Baca juga: 10 Jenis Ikan Paus Terbesar di Dunia Yang Pasti Membuatmu Terkejut

5. Tiger Shark

Ikan Hiu Terbesar Di Dunia

Tiger Shark

Tiger Shark atau Galeocerdo Cuvier bisa memiliki panjang hingga 24 kaki dan bobot kurang lebih 900 kg. Hiu ini termasuk hiu terganas di dunia, mereka hidup seperti predator karena mereka tidak hanya menyerang ikan lain di laut tapi dalam beberapa kasus pernah menyerang manusia di pantai.

Seperti namanya hiu ini memiliki corak seperti harimau. Umumnya mereka hidup diperairan khatulistiwa, tapi pernah juga ditemukan disekitar perairan pasifik.

4. Great White Shark

Ikan Hiu Terbesar Di Dunia

Great White Shark

Great White Shark atau dikenal juga sebagai Carcharodon Carcharias, adalah termasuk salah satu hiu terganas di dunia. mereka dapat hidup hingga memiliki panjang kurang lebih 26 kaki dan bobot hingga 2200 kg. Menurut kabar hiu ini bisa ditemukan di semua perairan.

3. Basking Shark

Ikan Hiu Terbesar Di Dunia

Basking Shark

Basking Shark (Cetorhinus maximus) atau umumnya disebut dengan Hiu Penjemur. Hiu ini merupakan spesies kosmopolitan yang dapat ditemui di sepanjang lautan hangat di seluruh dunia dengan panjang bisa mencapai 40 kaki (12 meter) dan bobot hingga 19 ton. Hiu basking lebih senang hidup pada suhu air 8-14,5 ° C (46-58 ° F).

2. Whale Shark

Ikan Hiu Terbesar Di Dunia

Whale Shark

Hiu ini dikenal juga dengan nama Hiu Paus merupakan jenis Ikan Hiu Terbesar Di Dunia yang masih hidup sampai sekarang. Ukurannya bisa mencapai kurang lebih 41 kaki dan bobotnya bisa mencapai hingga 15 ton.

1. Megalodon Shark

Ikan Hiu Terbesar Di Dunia

Megalodon Shark

Megalodon Shark merupakan ikan hiu purba yang diperkiraan hidup antara 20 sampai 1.2 juta tahun yang lalu. Hiu ini diperkiraan memiliki ukuran yang lebih besar dari kapal pesiar. Hiu megalodon merupakan ikan yang hidup diperairan dalam dan sangat jarang naik kepermukaan kecuali untuk mencari mangsa.

Menurut Wikipedia, Hiu Megalodon ini memiliki panjang antara 14 hingga 18 meter, dengan gigi runcing dengan diameter 120 milimeter.

Baca juga: Inilah 5 Fakta Ikan Hiu Megalodon, Hiu Terbesar di Dunia

Loading...

Add Comment