Ngak Percaya, Inilah 5 Jenis Ikan Naga Yang Ada di Dunia

Sering kali orang memberikan nama hewan itu berdasarkan ciri fisiknya, atau tingkah lakunya. Misalnya ikan yang memiliki ciri fisik seperti Naga maka akan diberi nama Ikan Naga dan sebagainya.

Di dunia, ada beberapa jenis ikan yang disebut juga Ikan Naga, karena memang ikan tersebut memiliki beberapa ciri fisik seperti Naga, entah itu kepalanya, siripnya, atau bagian tubuh lainnya yang mirip seperti ciri fisik Naga.

Tapi kebanyakan Ikan Naga tersebut adalah ikan hias yang terkenal dengan kecantikannya dan sangat populer dikalangan pencinta ikan hias. Lantas, jenis ikan apa saja masuk jenis Ikan Naga? berikut ulasannya

1. Ikan Palmas

Ikan Naga yang pertama adalah Ikan Palmas, ikan yang masuk dalam jenis Bichir (Family Polypteridae) yaitu ikan yang memiliki banyak sirip ini dianggap mirip dengan karakteristik Ular Naga dalam legenda.

Ikan yang disebut juga “snake like fish” ini termasuk salah satu jenis ikan purba yang masih hidup sampai sekarang. Penyebaran ikan ini ada di Afrika Barat, selain itu Ikan Palmas termasuk ikan pemangsa (predator).

Ikan ini termasuk unik, karena selain mampu mengambil udara dengan alat tubuhnya yang menyerupai paru-paru, Ikan ini juga bisa merayap di atas tanah mengunakan sirip di dadanya yang kuat.

2. Ikan Hamster

Ikan Naga

Ikan Hamster via tokopedia.com

Kalau Ikan Naga selanjutnya ini sebenarnya bukan ikan melainkan sejenis Salamander yang menghabiskan sisa hidupnya dalam bentuk larva. Hewan eksotis ini terkadang disebut juga “Ikan Berjalan Meksiko”.

Hewan ini bisa ditemukan di Meksiko City, dan panjangnya bisa mencapai 30 cm, tapi ukuran rata-rata hewan ini yaitu 15 cm dan warnanya kebanyakan albino dengan warna merah muda, walaupun ada juga yang berwarna cokelat.

Selain itu, keunikan hewan ini yaitu insangnya yang terdapat diluar tubuhnya yaitu berada disamping kepalanya, kalau dilihat sekilas insangnya seperti tanduk. Dengan karakteristik seperti inilah kenapa hewan ini disebut Ikan Naga.

Usia rata-rata hewan ini termasuk panjang yaitu antara 10 sampai 15 tahun, sedang rekor Ikan Hamster terpanjang di dunia adalah 1,4 meter yang pernah ditangkap di pedalaman Meksiko.

3. Ikan Arwana

Ikan Naga

Ikan Arwana via wikimedia.org

Ikan Arwana termasuk ikan dengan lidah bertulang, karena di bagian dasar mulut Ikan Arwana berupa tulang yang digunakannya sebagai gigi. Ikan ini memiliki beberapa julukan tergantung dari tempatnya ditemukan, salah satunya yaitu Ikan Naga.

Ikan Arwana termasuk salah satu ikan tercantik dan termahal di dunia, selain itu ikan ini juga memiliki beberapa varian warna yang berbeda-beda seperti hijau, perak, merah, atau perpaduan dua atau tiga warna sekaligus.

Keunikan lainnya yang dimiliki ikan ini yaitu dua buah sungutnya sebagai sensor getar yang dipergunakannya untuk mengetahui posisi mangsa dipermukaan air. Selain itu, sungutnya ini termasuk kriteria dalam penilaian keindah ikan ini.

Baca juga: Cantiknya, Inilah 7 Jenis Ikan Arwana Termahal di Dunia

4. Ikan Arapaima

Ikan Naga

Ikan Arapaima via wikipedia.org

Ikan Arapaima masih kerabat dekat dengan Ikan Arwana, tapi Ikan Arapaima adalah ikan air tawar terbesar di dunia, dimana ikan ini bisa tumbuh besar sekitar 4,5 meter. Tapi sekarang sangat jarang bisa menemukan Ikan Arapaima sebesar ini.

Sekarang, rata-rata ukuran panjang ikan ini hanya sekitar 2 meteran saja. Gerakan ikan ini lambat, dan makanannya adalah hewan-hewan kecil. Ciri khas lainnya dari ikan ini adalah memerlukan oksigen dari udara dipermukaan untuk bertahan hidup.

Sayangnya, ikan ini termasuk ikan langka yang sering diburu untuk dimakan dagingnya.

5. Oarfish

Ikan Naga

Oarfish via dailymail.co.uk

Ikan yang masuk ke dalam “family Regalecidae” ini memiliki 4 spesies, salah satunya yaitu spesies “Regalecus Glesne” yang pernah masuk ke dalam buku “Guinnes Book of World Record”, karena pernah ditemukan dengan panjang yang mencapai 11 meter.

Selain itu, ikan yang juga dijuluki Ikan Naga ini termasuk ikan yang sering menyendiri. Tapi, saat dalam keadaan sedang sakit atau sekarat, ikan ini akan naik kepermukaan dan bertahan disana sampai ikan ini mati.

Sepertinya ikan ini tidak mau mati dalam kesepian, walaupun itu hanya untuk sekedar menarik perhatian para pelaut atau nelayan, atau mungkin juga hanya sekedar ingin melihat matahari untuk terakhir kalinya.

Dimasa lalu, banyak pelaut yang mengumpamakan ikan ini sebagai monster laut, contohnya yang terjadi pada tahun 1860, saat itu seekor ikan Oarfish dengan panjang sekitar 5 meter terdampar di pantai bermuda, banyak penduduk setempat yang menyebut ikan ini adalah monster laut yang legendaris.

Nah, itulah beberapa jenis ikan yang dijuluki Ikan Naga. Sebenarnya, ikan ini sama seperti ikan pada umumnya, cuma karena ada sebagian tubuhnya yang mirip dengan makhluk legenda tersebut, makanya disebut Ikan Naga.

Baca juga: Inilah 10 Ikan Hiu Terbesar Di Dunia, Bahkan Ada Yang Sebesar Kapal Pesiar

Loading...

Add Comment