10 Jenis Ikan Paus Terbesar di Dunia Yang Pasti Membuatmu Terkejut

Ikan Paus termasuk jenis ikan yang cerdas dan istimewa, sebab Ikan Paus bernapas mengunakan paru-parunya, agak sedikit berbeda dengan ikan pada umumnya yang mengunakan insang untuk bernapas di dalam air.

Keistimewaan lain yang dimiliki Ikan Paus yaitu menjadi satu-satunya jenis mamalia laut yang bisa bertahan hidup di bawah laut selama hidupnya. Oleh karena hal itulah, Ikan Paus dengan mudah beradaptasi dengan kedalaman laut yang tidak terkira hitungannya.

Selain itu, Ikan Paus juga merupakan salah satu jenis ikan terbesar di dunia, dimana hampir semua jenis Ikan Paus berukuran besar. Lantas, jenis Ikan Paus apa saja yang terbesar di dunia? berikut ulasannya

10. Pilot Whale

Ikan Paus Terbesar di Dunia

Pilot Whale via wikipedia.org

Jenis Ikan Paus terbesar di dunia yang pertama adalah Pilot Whale. Jenis Ikan Paus ini dibagi lagi menjadi dua jenis, dimana kedua jenis Ikan Paus Pilot Whale tersebut cukup sulit untuk dibedakan.

Yang satu bernama “G melas” dengan sirip panjang dan satunya lagi bernama “G macrorhynchus” dengan bersirip agak pendek. Tapi perbedaan paling mencolok diantara kedua terdapat di batok kepalanya.

Bisa dikatakan jenis Ikan Paus ini bisa ditemukan hampir di semua perairan di dunia, dimana untuk “G melas” bisa ditemukan di daerah perairan yang dingin, sedangkan untuk “G. macrorhynchus” bisa ditemukan di daerah perairan tropis dan sub tropis.

Selain itu, ke dua jenis Ikan Paus ini dikenal sama-sama memiliki intelegensia yang luar biasa dan juga memiliki kecenderungan hidup di daerah perairan yang dalam, sehingga sangat jarang melihat jenis Ikan Paus ini.

9. Narwhal

Ikan Paus Terbesar di Dunia

Narwhal via wikimedia.org

Narwhal adalah jenis Ikan Paus terbesar di dunia yang cukup unik, dimana yang jantan memiliki sejenis gading panjang dan lurus disekitar rahangnya yang berfungsi untuk menarik perhatian Ikan Paus Narwhal betina.

Jenis Ikan Paus ini berwarna abu-abu dan dihiasi bintik-bintik putih, sedangkan Ikan Paus Narwhal muda warnanya lebih kecokelat-cokelatan. Jenis Ikan Paus ini bisa ditemukan di daerah perairan yang dingin seperti Greenland dan Canadian Arctic.

Secara umum, jenis Ikan Paus ini termasuk berukuran sedang yaitu panjangnya sekitar 18 kaki dan berat 3500 pound.

8. Beluga Whale

Ikan Paus Terbesar di Dunia

Beluga Whale via wikimedia.org

Jenis Ikan Paus terbesar di dunia selanjutnya adalah Beluga Whale, dimana penampilannya agak sedikit berbeda dengan Ikan Paus lainnya. Penampilan seperti lumba-lumba berwarna putih dengan sirip belakang yang sangat minim sekali.

Sama dengan Ikan Paus jenis Narwhal, Jenis Ikan Paus Beluga Whale juga bisa ditemukan di daerah perairan yang dingin seperti Artic dan Greenland. Selain itu jenis Ikan Paus ini juga bisa ditemukan di laut dan pantai Rusia.

Untuk ukuran tubuhnya bisa mencapai 18 kaki dan beratnya sekitar 3500 pound, selain itu, jenis Ikan Paus ini juga memiliki lapisan lemak setebal 5 inci yang berfungsi sebagai adaptasinya di perairan yang dingin.

7. Gray Whale

Ikan Paus Terbesar di Dunia

Gray Whale via wikimedia.org

Panjang Ikan Paus jenis Gray Whale bisa mencapai 50 kaki dengan berat badan bisa mencapai 35 ton lebih. Ciri khas jenis Ikan Paus ini yaitu memiliki jambang di daerah mulutnya yang berfungsi untuk mendeteksi lingkungan disekitarnya.

Jenis Ikan Paus ini dikenal sering berpindah-pindah kelompok satu kelompok lainnya, selain itu Ikan Paus ini juga sering melakukan tindakan menyelam dengan kecepatan tinggi untuk menyingkirkan parasit-parasit yang mengusiknya atau melekat di tubuhnya.

6. Orca Whale

Ikan Paus Terbesar di Dunia

Orca Whale via wikimedia.org

Orca Whale merupakan jenis Ikan Paus terbesar di dunia yang sangat terkenal, dimana jenis Ikan Paus ini banyak dikembangbiakan di berbagai negara untuk hewan hias Akuarium besar. Selain itu Ikan Paus ini juga dikenal sebagai Paus pembunuh.

Orca Whale bisa ditemukan di hampir semua perairan di bumi ini, dimana mereka bisa bertahan hidup kurang lebih selama 60 tahun dan panjangnya bisa mencapai 32 kaki serta memiliki kecerdasan yang luar biasa dengan otak besar yang dimilikinya.

Orca Whale termasuk ikan yang sangat sosial (berkelompok), dimana setiap kelompok biasanya terdiri antara 5 ekor hingga 100 ekor lebih, dan umumnya kelompok-kelompok Ikan Paus Orca Whale dipimpin oleh yang betina.

Baca juga: 10 Ikan Lele Terbesar Yang Pernah Ditemukan

5. Sperm Whale

Ikan Paus Terbesar di Dunia

Sperm Whale via wikimedia.org

Ikan Paus jenis Sperm Whale yang sudah dewasa panjangnya bisa mencapai 67 kaki dengan berat badannya bisa mencapa 56 ton, selain itu ukuran otaknya merupakan yang terbesar dari semua jenis hewan di dunia yaitu seberat 9 kg.

Dinamakan Sperm Whale atau Paus Sperma karena jenis Ikan Paus ini bsia menghasilkan minyak Spermaceti dari kepalanya. Sedangkan habitatnya bisa ditemukan hampir disebagian besar lautan yang ada di dunia ini.

4. Bowhead Whale

Ikan Paus Terbesar di Dunia

Bowhead Whale via wikimedia.org

Selanjutnya, jenis Ikan Paus terbesar di dunia yaitu Bowhead Whale, dimana panjang tubuhnya bisa mencapai 66 kaki dan berat badannya bisa mencapai 74 ton. Ikan Paus Bowhead Whale termasuk ikan yang berenang lambat.

Jenis Ikan Paus Bowhead Whale sering ditemukan di perairan artctic, makanya jenis Ikan Paus ini sering juga disebut Greenland Right Whale atau Artctic Whale. Selain itu, mereka juga memiliki lapisan lemak setelah 45 cm untuk menahan dingin.

Tapi sayang, jenis Ikan Paus ini termasuk langka, dimana populasinya terus menurun tiap tahunnya sebagai akibat dari eksplotasi laut yang berlebihan dan tidak bijak.

3. Right Whale

Ikan Paus Terbesar di Dunia

Right Whale via wikimedia.org

Right Whale merupakan jenis Ikan Paus bertubuh tipis, tapi masalah bertumbuhan, jenis Ikan Paus ini termasuk salah satu jenis Ikan Paus terbesar di dunia, dimana panjangnya bisa mencapai 60 kaki dan beratnya bisa mencapai 100 ton.

Ciri khasnya terdapat pada kapalan di kepalanya, selain itu, lubang napas (lubang semburannya) juga unik seperti membentuk huruf V. Sedangkan warnanya ada yang berwarna hitam dan ada juga yang berwarna abu-abu tua.

Selain itu, Right Whale termasuk Ikan Paus yang memiliki lemak yang sangat tinggi dan memiliki minyak Ikan Paus yang sangat banyak.

2. Finback Whale

Ikan Paus Terbesar di Dunia

Finback Whale via wikimedia.org

Dengan panjang tubuhnya yang bisa mencapai sekitar 90 kaki dan berat badannya yang bisa mencapai lebih dari 70 ton, membuat jenis Ikan Paus Finback Whale berada diurutan ke dua di daftar jenis Ikan Paus terbesar di dunia.

Finback Whale juga memiliki nama lain seperti fin whale, razorback atau rorqual, dimana tubuhnya sedikit ramping dengan warna agak abu-abu, dan saat ini jenis Ikan Paus ini termasuk salah satu jenis ikan yang terancam punah.

1. Blue Whale

Ikan Paus Terbesar di Dunia

Blue Whale via wikimedia.org

Blue Whale adalah Ikan Paus terbesar di dunia, bahkan bisa dikatakan sebagai hewan terbesar di dunia yang masih hidup sampai sekarang dengan panjang tubuhnya bisa mencapai 100 kaki dan berat badannya bisa mencapai 150 ton.

Ciri khas jenis Ikan Paus ini yaitu sirip belakang yang kecil dan sedikit menurun ke daerah tiga perempat punggungnya, dan warnanya juga cukup unik yaitu kombinasi antara biru keabu-abuan dengan bintik-bintik diatasnya.

Nah, itulah beberapa jenis Ikan Paus terbesar di Dunia. Beberapa diantara sulit untuk ditemukan dan sangat langka akibat dari eksplotasi laut yang berlebihan.

Baca juga: Inilah 10 Ikan Hiu Terbesar Di Dunia, Bahkan Ada Yang Sebesar Kapal Pesiar

Loading...

Add Comment