Inilah 9 Fakta Ikan Piranha! Predator Air Paling Ganas di Dunia!!

Ikan Piranha

Ikan Piranha via wikimedia.org

Ikan Piranha adalah salah satu jenis ikan air tawar yang hidup di perairan tropis seperti di Amerika Selatan. Ikan predator ini juga memiliki beberapa julukan yang berbeda di tiap negara, misalnya Ikan Caribes di Venezuela.

Selain itu, Ikan Piranha juga merupakan salah satu ikan yang memiliki banyak sekali spesies, dimana hingga saat ini, tercatat ada sekitar 60 spesies yang tersebar di berbagai negara. Tapi, 80 persennya ada di sungai Amazon, Amerika Selatan.

Inilah 7 Kejadian Memalukan Wanita Kejepit Sesuatu Paling Langka

Tapi dibalik ganasnya Ikan Piranha sebagai predator air tawar paling mematikan, ternyata jenis ikan ini mempunyai beberapa faktayang  menarik untuk diketahui. Lantas, apa saja fakta menariknya? berikut ulasannya

1. Hidup Berkelompok

Ikan Piranha dikenal sebagai ikan yang hidup secara berkelompok (koloni), sehingga jenis ikan ini terlihat tangguh dihadapan para predator-predatornya yang memiliki ukuran jauh lebih besar dari jenis ikan ini.

Setiap kelompok (koloni) ikan predator ini paling sedikit berjumlah 20-an ekor. Biasanya, ikan ini akan menyerang mangsanya secara bersama-sama. Selain itu, usianya juga cukup panjang yaitu sekitar 25 tahun.

2. Memiliki Gigi Tajam dan Rahang Kuat

Sebagai ikan predator paling ganas di air, sudah jelas jenis ikan ini memiliki rahang kuat dan gigi tajam dengan bentuk segitiga runcing yang tersusun rapi disepanjang mulutnya, sehingga setiap gigitannya pasti langsung melukai mangsanya.

Konon katanya, ketajaman gigi Ikan Piranha bisa menghancurkan tulang manusia hanya dalam waktu 15 menitan. Tapi hal ini belum dibuktikan secara ilmiah, karena sejauh ini belum ada penelitian tentang ketajaman gigi jenis ikan ini.

Istimewanya, gigi ikan predator ini tidak akan habis sepanjang hidupnya, karena jika ada giginya yang tanggal, maka gigi baru akan tumbuh sebagai penganti gigi lamanya.

3. Ukuran Ikan Piranha

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya bahwa, jenis ikan ini memiliki sekitar 60 spesies yang tersebar di penjuru dunia. Tapi, hampir semua ukurannya kurang lebih sama yaitu paling besar bisa mencapai 8 kg dengan panjang antara 12-45 cm.

Selain itu, jenis ikan predator ini juga cukup cerdik dalam hal berkamuflase di habitat aslinya. Hal ini didukung dengan karakteristik kulitnya yang berwarna perak agak berkilauan dengan warna merah dibagian sirip dan perutnya.

4. Termasuk Hewan ” Omnivora “

Selama ini, Ikan Piranha dikenal sebagai ikan predator yang memakan daging hewan lain. Tapi tahukah kamu, kalau jenis ikan ini juga termasuk hewan Omnivora, itu artinya ikan ini juga memakan tumbuh-tumbuhan.

Tapi tidak semua spesies ikan ini memakan tumbuh-tumbuhan, biasanya struktur gigi dan rahangnya sedikit berbeda dengan Piranha yang memakan daging. Biasanya, ini terjadi kalau dihabitatnya sudah tidak ada lagi daging untuk dimakan.

5. Ikan Kanibal

Diketahui, ke-agresif-an Ikan Piranha semakin besar kalau jumlah kalorinya semakin banyak. Makanya, walaupun terlihat solid sebagai koloni (kelompok), tapi jenis ikan ini juga bisa berubah menjadi kanibal (memakan sesamanya) kalau sudah terlalu lapar.

Biasanya yang menjadi korban dalam aksi kanibal ini adalah Piranha yang sudah terlihat lemah atau Piranha yang sedang sakit. Hal ini dilakukan oleh Piranha sebagai salah satu cara agar membuatnya tetap bertahan hidup.

6. Mampu Kalahkan Hewan Yang Lebih Besar

Ikan Piranha terbiasa hidup secara berkelompok (koloni) dengan jumlah paling sedikit 20-an ekor. Hal ini adalah wujud dari proteksi diri dari predator yang lebih besar, bahkan secara kelompok, ikan ini bisa mengalahkan hewan yang lebih besar.

Misalnya Buaya yang dikenal sebagai salah satu predator air paling mematikan di dunia, tapi Buaya masih bisa dikalahkan dan dijadikan mangsa oleh gerombolan salah satu jenis Piranha yaitu Goliath Tigerfish.

Goliath Tigerfish masih satu keturunan dengan Piranha dan habitatnya banyak ditemukan di sungai-sungai Kongo di benua Afrika. Sedangkan ukurannya bisa mencapai 5 meter dan berat 70 kg. Konon katanya, bisa melumat buaya dalam satu serangan. Woow…

7. Jenis-Jenis Ikan Piranha

Pygocentrus merupakan genus dari Piranha yang masuk dalam keluarga Serrasalmidae, dimana Saat ini ada empat jenis yang sudah diakui masuk dalam genus Pygocentrus. Berikut ulasannya

Pygocentrus Cariba

Pygocentrus Cariba atau Piranha Hitam adalah Piranha yang banyak hidup di sungai Orinoco yaitu sungai terbesar kedua di Amerika Selatan dan sungai terbesar keempat di dunia dengan panjangnya sekitar 2100 km.

Pygocentrus Nattereri Kner

Pygocentrus Nattereri Kner atau Piranha merah adalah Piranha yang banyak hidup di sungai-sungai hutan Amazon, yang membentang dari negara Paraguay hingga negara Uruguay, dan beberapa sungai lainnya di timur laut negara Brasil.

Pygocentrus Palometa Valenciennes

Pygocentrus Palometa Valenciennes adalah Piranha yang juga banyak ditemukan hidup di sungai Orinoco, Amerika Selatan.

Pygocentrus Piraya atau San Francisco Piranha

Dari namanya sudah jelas jenis Piranha yang satu ini banyak berkembangbiak di sungai Sao Francisco di Brasil yaitu sungai terbesar keempat di benua Amerika Selatan.

8. Predator Ikan Piranha

Walaupun termasuk predator air yang paling ditakuti dan berbahaya di dunia, bukan berarti Piranha tidak mempunyai musuh yang bisa memangsanya kapan saja. Tercatat, ada beberapa hewan yang sering menjadikan Piranha sebagai santapannya, di antaranya adalah Buaya, Lumba-Lumba, Kura-Kura, dan Burung Dadang.

9.Kasus Serangan Terhadap Manusia

Ikan predator ini memiliki organ ditubuhnya yang berfungsi sebagai sensorik seperti yang terdapat pada ikan hiu yang bisa mendeteksi aliran darah di dalam air. Piranha paling ganas adalah jenis Pygocentrus Nattereri Kner atau Piranha merah.

Ada beberapa kasus tentang serangan Piranha terhadap manusia, salah satunya terjadi pada bulan Desember 2013 silam di sungai Parana di negara Argentina. Dimana, pada waktu itu ada 60-an orang yang mengalami luka di kaki karena digigit oleh ikan ini.

Serangan secara agresif oleh Piranha juga pernah terjadi terhadap seorang anak berusia 11 tahun yang sudah meninggal karena tenggelam selama 4 hari. Ada juga, kasus orang yang mengalami serangan jantung dan pingsan di sungai, kemudian ditemukan sudah tidak berdaging lagi, yang diduga sudah dimakan Piranha, dan masih banyak kasus lainnya.

Nah, itulah beberapa fakta tentang Ikan Piranha, yaitu hewan predator air paling ganas dan berbahaya di dunia, yang sudah banyak memakan korban.

Loading...

Add Comment