Tidak Sopan! Inilah 11 Isyarat Tangan Terlarang di Berbagai Negara!!

Sebelum memutuskan pergi ke luar negeri, biasanya kita akan sedikit belajar cara berkomunikasi secara verbal, seperti belajar bahasa yang biasa digunakan oleh penduduk di negara tersebut.

Tapi, tahukah kamu kalau belajar cara berkomunikasi nonverbal juga sangat penting. Karena, ada beberapa negara di dunia ini yang menganggap gerak-gerik tertentu dalam bentuk isyarat tangan tidak sopan, bahkan sangat dilarang dilakukan.

Tanpa Operasi Plastik, Inilah 10 Pria Tercantik Di Dunia

Jadi untuk menghindari respon negatif dari penduduk lokal di negara tersebut, ada baiknya kamu simak ulasan beberapa isyarat tangan yang tidak boleh dilakukan di berbagai negara ini, karena dianggap tidak sopan. Berikut ulasannya

1. Tidak Boleh Mengacungkan Jempol di Russia

Isyarat Tangan

Tidak Boleh Mengacungkan Jempol di Russia via pixabay.com

Dalam kebudayaan umum, mengacung jempol adalah salah satu bentuk formal dari respon positif. Tapi, kamu harus berhati-hati jika mengacung jempol di Russia, Yunani, beberapa negara di Timur Tengah, dan beberapa negara di Afrika Barat.

Karena disana, isyarat tangan dengan mengacung jempol sama saja kamu mengacung jari tengah (FUCK) ke orang tersebut. Makanya, isyarat ini tidak boleh dilakukan dan sangat dilarang di negara tersebut.

2. Isyarat Tangan Terbuka di Larang di Yunani

Isyarat Tangan

Isyarat Tangan Terbuka di Larang di Yunani via wikipedia.org

Jika kamu berada di Yunani, jangan pernah membuka telapak tanganmu, kemudian merentangkan semua jarimu. Karena disana, isyarat tangan ini disebut ” Moutza “ yaitu semacam bentuk cacian atau pelecehan.

Moutza sendiri berasal dari kebudayaan jaman Romawi Timur, dimana penduduknya pada waktu itu sering membuang kotoran ke muka para pelaku kriminal sebagai bentuk penghinaan, Nah, isyarat Moutza ini sama artinya seperti itu.

Selain Yunani, isyarat Moutza juga dianggap tidak sopan jika dilakukan di beberapa negara Afrika, Paskistan, Korea, dan Jepang.

3. Isyarat Tangan ” Peace “ Dilarang di Inggris

Isyarat Tangan

Isyarat Tangan ” Peace “ Dilarang di Inggris via pixabay.com

Isyarat Peace yang membentuk hurup ” V “ ini memiliki dua bentuk, yang pertama telapak tangan yang mengarah ke luar, dan yang kedua telapak yang mengarah ke bagian dalam. Di kebudayaan kita, isyarat ini artinya kemenangan (victory).

Tapi, beda artinya jika kamu mengunakan isyarat ini di negara Inggris, karena disana isyarat berbentuk huruf ” V “ ini bermakna alat kelamin wanita atau bisa juga konotasi seksual negatif lainnya seperti ” dirikan kepunyaanmu “.

Selain di Inggris, isyarat ini juga dianggap tidak sopan dilakukan di negara Irlandia, Australia, Italia, dan New Zealand dengan konotasi kurang lebih sama dengan di Inggris.

4. Menyilangkan Jari Telunjuk dan Jari Tengah Dianggap Tidak Sopan di Vietnam

Isyarat Tangan

Menyilangkan Jari Telunjuk dan Jari Tengah di Vietnam via flickr.com

Di Indonesia, kita mengenal isyarat tangan ini sebagai bentuk membuat janji palsu, sedangkan di beberapa kebudayaan barat justru berkonotasi lebih positif lagi yaitu memiliki makna semoga beruntung.

Tapi berbeda jauh jika dilakukan di Vietnam, karena disana, isyarat ini sama dengan isyarat ” Peace “ di Inggris yang bermakna atau mengambarkan alat kelamin wanita.

5. Di Brasil dan Jerman, Isyarat Tangan ” OK “ Dianggap Tidak Sopan

Isyarat Tangan

Di Brasil dan Jerman, Isyarat Tangan ” OK “ Dianggap Tidak Sopan via pixabay.com

Isyarat lingkaran yang dibuat dengan telunjuk dan jempol atau sering disebut ” OK “ ini, umumnya diartikan baik-baik saja, atau kalau lebih dikembangkan lagi bisa bermakna sebagai tanda ” tidak terjadi masalah “.

Tapi artinya berbeda jauh di Eropa sana, karena isyarat ini sama saja mengatakan keseseorang bahwa dia tidak berarti (nol atau kosong). Lebih parah lagi, di Brasil dan Jerman, isyarat ini bermakna ” Anus “ yang digunakan untuk mengejek seseorang itu Homo.

6. Mengibaskan Dagu di Perancis Berkonotasi Negatif atau Tidak Sopan

Isyarat tangan yang satu ini jarang kita lihat di Indonesia, karena sejatinya isyarat ini hanya dipahami oleh orang-orang di Perancis, Belgia, Italia, dan Tunisia. Misalnya, di Italia sana, isyarat ini berarti ” tidak “.

Tapi jangan pernah mencoba melakukan isyarat ini di Perancis, karena disana, artinya sama saja kamu ingin menunjukan alat kelaminmu. Atau kadang juga bisa bermakna mengusir, seolah-olah mengatakan ” pergi “.

7. Tidak Boleh Menempel Dua Telunjuk di Mesir

Di Mesir, menempelkan kedua jari mengarah kebawah bermakna konotasi negatif yaitu mengajak orang yang menjadi lawan bicaramu untuk melakukan hubungan badan (bercinta). Kalau tidak percaya, coba saja kamu lakukan!

8. Di Filipina Memanggil Dengan Satu Jari Dianggap Tidak Sopan

Isyarat tangan dengan menekuk jari telunjuk ke diri sendiri secara berulang-ulang adalah salah satu isyarat bahwa orang tersebut sedang memanggil seseorang. Umumnya, sering digambarkan seorang wanita untuk mengoda laki-laki.

Tapi isyarat ini berkonotasi negatif di negara Filipina, karena disana, isyarat ini bermakna bahwa orang tersebut menganggap lawan bicaranya sebagai Anjing. Bahkan, katanya disana mengunakan isyarat ini bisa ditangkap pihak berwajib.

9. Mengusap Rambut Seseorang di Thailand

Isyarat Tangan

Mengusap Rambut Seseorang di Thailand via keepo.me

Mengusap rambut atau sedikit menepuk kepala seseorang, adalah salah satu cara orang di beberapa negara dalam menunjukan kasih sayang. Tapi, jangan pernah coba-coba melakukan hal ini di Thailand.

Karena disana, agama Budha yang merupakan agama mayoritas di Thailand menganggap bahwa, kepala adalah bagian tubuh paling sakral yang tidak boleh sembarangan disentuh oleh siapapun, kecuali kedua orang tuanya.

10. Cutis

Isyarat tangan ini tidak boleh dilakukan dan dianggap tidak sopan di negara India dan Pakistan. Biasanya, isyarat ini dilakukan dengan cara meletakan jempol dibagian gigi depan, kemudian dikibaskan atau sentilkan, sambil berkata ” Cutta “.

Isyarat ini dapat diartikan ” Screw you and your whole family “ atau kalau diartikan kedalam bahasa Indonesia yaitu ” Sial untuk kamu dan seluruh keluarga kamu “.

11. Corna

Isyarat Tangan

Corna via wikimedia.org

Corna adalah salah satu isyarat tangan dengan cara mengumpalkan kelingking dan telunjuk, kemudian diacungkan atau di Indonesia sering disebut ” Metal “ atau ” Rock “.

Corna ini bisa bermakna positif dan negatif, dimana di beberapa kebudayaan bisa bermakna postif yang digunakan dalam pengusiran setan. Tapi ada juga beberapa kebudayaan yang bermakna ” cuckold “ yaitu istri atau pacar orang tersebut sedang selingkuh.

Nah, itulah beberapa isyarat tangan yang dianggap tidak sopan di berbagai negara. Isyarat ini tidak boleh kamu lakukan di negara yang disebutkan diatas. Semoga artikel ini bermamfaat dan jangan lupa dishare/bagikan ke teman-teman media sosial-mu.

Loading...

Add Comment