9 Jalur Kereta Api Terekstrim Di Dunia Yang Bisa Buat Jantung Deg-Degan

Follow Follow @wowasiknyacom

Kereta Api sudah menjadi salah satu alat transportasi massal favorit di dunia, termasuk juga di Indonesia. Dimana, pada tahun 2014 silam, jumlah penguna Kereta Api di Indonesia diperkirakan mencapai sekitar 250 juta penumpang. Woow…

Hal ini terjadi karena memang perjalanan mengunakan Kereta Api itu sangat menyenangkan dan efisien dalam ketepatan waktu, dimana penumpang bisa menikmati perjalanan tanpa harus mengalami kemacetan.

Hanya saja perjalanan mengunakan Kereta Api bisa berubah menjadi menegangkan kalau melewati jalur-jalur berbahaya seperti jembatan tinggi, atau melintasi lereng gunung yang curam. Lantas, dimana saja jalur Kereta Api terekstrim di dunia berada? berikut ulasannya

1. Pilatus Railway di Swiss

Jalur Kereta Api Terekstrim Di Dunia

Pilatus Railway di Swiss via maxpixel.freegreatpicture.com

Jalur Kereta Api terekstrim di dunia yang pertama yaitu Pilatus Railway di Swiss. Jalur Kereta Api yang dibangun pada tahun 1889 silam berada di ketinggian 2.073 meter diatas permukaan air laut. Jalur ini menghubungkan Alpnachstad dengan Danau Lucerne di Swiss.

Dikatakan jalur ekstrim, karena kemiringan jalur ini mencapai 48%, sedangkan kemiringan rel kereta pada umumnya paling tinggi 38% saja. Karena kondisi inilah, Kereta Api yang melewati jalur ini tidak bisa berjalan cepat, rata-rata hanya 9-12 km/jam.

Walaupun kemiringan rel kereta-nya melebihi kemiringan rel kereta pada umumnya, tapi penumpang tidak perlu takut jika sewaktu-waktu Kereta Api berjalan mundur. Karena, rel kereta-nya sudah dilengkapi dengan gerigi ditengah rel tersebut.

Gerigi ditengah rel tersebut berfungsi untuk mencegah agar kereta tidak mundur ketika Kereta Api tersebut berhenti. Perlu dicatat, Kereta Api disini hanya beroperasi saat rel kereta sedang tidak tertutup salju, biasanya antara bulan Mei hingga bulan November.

2. Minami Aso Railway di Jepang

Jalur Kereta Api Terekstrim Di Dunia

Minami Aso Railway di Jepang via youtube.com

Jalur Kereta Api terekstrim di dunia selanjutnya yaitu Minami Aso Railway di Jepang. Jalur kereta api ini melewati salah satu gunung api paling aktif di Jepang yaitu Gunung Aso. Selain Gunung Aso, jalur ini juga melewati lembah dan jurang yang curam.

Walaupun begitu, jalur kereta api ini menjadi salah satu favorit banyak wisatawan karena lokasinya yang berada di kawasan wisata alam yaitu Kumamoto Perfecture. Biasanya, wisatawan banyak mengunjungi tempat ini pada musim semi dan musim panas.

Tapi sebenarnya, menaiki kereta api di jalur ini lebih bagus pada musim gugur. Karena pada waktu itu, hutan dekat Gunung Aso akan terbakar akibat dari aktivitas magma panas Gunung Aso. Pemandangannya seolah-olah seperti lautan emas.

3. Potrerillos Railway di Chile

Jalur Kereta Api Terekstrim Di Dunia

Potrerillos Railway di Chile via wikimedia.org

Selanjutnya yaitu Potrerillos Railway di Chile. Jalur kereta ini berada di Pengunungan Andes di ketinggian sekitar 2850 meter diatas permukaan air laut. Jalur ini menghubungkan area pertambangan Potrerillos ke Chanaral dan pelabuhan di Barquito.

Jalur kereta ini dibangun pada tahun 1916 oleh perusahaan tambang tembaga yaitu Andes Copper Mining yang difungsikan untuk mengangkut pasokan ke area pertambangan Potrerillos dan membawa tembaga yang sudah dimurnikan ke pelabuhan di Barquito.

Pada tahun 1959 silam, perusahaan tambang tersebut ditutup karena biji tembaga yang semakin menipis. Tidak lama kemudian, kota Potrerillos ditinggalkan penduduknya. Walaupun perusahaan tambang tersebut sudah ditutup, tapi lokasi peleburan dan pemurnian tembaga di area pertambangan tersebut masih beroperasi sampai sekarang.

Jalur ini dianggap salah satu jalur Kereta Api terekstrim di dunia, karena berada dilereng gunung, berkelok-kelok, dan melintasi beberapa terowongan.

4. Qinghai Railway di China

Jalur Kereta Api Terekstrim Di Dunia

Qinghai Railway di China via wikimedia.org

Jalur kereta Qinghai Railway di China ini menghubungkan kota Xining yaitu ibukota Propinsi Qinghai ke Lhasa di Tibet. Jalur ini membentang sejauh 1.956 km di ketinggian 4.500 meter diatas permukaan air laut.

Ada beberapa medan ekstrim yang dilewati jalur ini seperti kawasan es beku sepanjang sekitar 550 meter dan melewati terowongan di salah satu wilayah paling tinggi di dunia yaitu Fenghuoshan (sekitar 4.905 meter diatas permukaan air laut).

Jalur ini dibangun pada tahun 50-an, dan baru selesai pada tahun 2006 dengan menghabiskan dana sebesar US$3,5 miliar atau sekitar Rp35,35 triliun. Sampai sekarang, jalur kereta ini masih terus dikembangkan.

Perlu dicatat, penumpang yang ingin menaiki kereta di jalur ini harus dalam keadaan sehat. Sebelum menaiki kereta di jalur ini, penumpang diwajibkan mengisi kartu registrasi dan menandatangani beberapa ketentuan dan syarat perjalanan di ketinggian tertentu.

Di dalam kereta, sudah ada jendela yang berfungsi untuk menyaring sinar ultraviolet dan suplai oksigen tambahan untuk para penumpang. Bagaimana berani naik Kereta Api di jalur ini?

5. Argo Gede Railway di Indonesia

Jalur Kereta Api Terekstrim Di Dunia

Argo Gede Railway di Indonesia via youtube.com

Bukan hanya di luar negeri, Indonesia pun juga punya jalur Kereta Api terekstrim di dunia, salah satunya yaitu jalur Argo Gede Railway. Jalur kereta ini menghubungkan kota Jakarta dengan kota Bandung.

Argo Gede adalah Kereta Api yang beroperasi di jalur ini, dimana sepanjang perjalanan, kereta api ini banyak melewati jembatan-jembatan tinggi yang berada diatas jurang. Walaupun terlihat sangat ekstrim, tapi jalur ini memiliki pemandangan alam dengan sungai yang meliuk-liuk dibagian bawah jembatan di jalur ini.

Jika kamu pernah berkendara di Jalan Tol Cipularang, kamu pasti pernah melihat kereta api ini yang sedang melintasi jembatan-jembatan tinggi di Argo Gede Railway ini.

6. Chennai Rameswaram Route di India

Jalur Kereta Api Terekstrim Di Dunia

Chennai Rameswaram Route di India via wikimedia.org

Selanjutnya yaitu jalur Kereta yang menghubungkan Chennai ke Rameswaram yaitu Chennai Rameswaram Route di India. Jalur ini dianggap banyak orang berbahaya karena melewati jembatan Pamban Bridge yang dibangun pada tahun 1914 silam.

Selain itu, jembatan Pamban Bridge yang sudah ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO ini juga dibuat diatas Samudra Hindia dengan panjang sekitar 6.776 meter. Sehingga kereta yang melewatinya harus berjalan lambat.

Yang paling menyeramkan, katanya, terkadang kereta harus berjalan berlawanan dengan arah angin. Selain itu, jalur ini juga melewati tempat yang sering ada angin puyuh berbahaya. Woow…

7. Nariz Del Dia Blue di Ekuador

Selain Potrerillos Railway, ada satu lagi jalur Kereta Api terekstrim di dunia yang berada di pengunungan Andes yaitu Nariz Del Dia Blue. Bedanya Nariz Del Dia Blue berada di negara Ekuador, sedangkan Potrerillos Railway berada di negara Chili.

Jalur kereta ini dianggap ekstrim oleh banyak orang karena jalurnya yang berkelok-kelok dan berputar-putar melewati jurang yang sangat curam disamping jalur kereta tersebut di pengunungan Andes.

8. Kuranda Scenic Railway di Australia

Jalur Kereta Api Terekstrim Di Dunia

Kuranda Scenic Railway di Australia via wikimedia.org

Kata ” Scenic “ dari nama jalur kereta api Kuranda Scenic Railway di Australia ini bermakna ” pemandangan yang indah “, tapi jalur kereta ini juga cukup bisa membuat pusing para penumpangnya.

Jalur kereta ini dibangun pada tahun 1800-an di sebuah hutan tropis yang sangat lebat, dimana ada jurang yang dalam disamping kiri dan kanannya. Hanya saja, penumpang bisa menikmati pemandangan air terjun yang ada disamping jalur kereta ini yang kadang airnya bisa muncrat masuk ke dalam kereta.

9. Tren a las Nubes di Argentina

Jalur Kereta Api Terekstrim Di Dunia

Tren a las Nubes di Argentina via wikimedia.org

Jalur Kereta Api terekstrim di dunia yang terakhir yaitu Tren a las Nubes di Argentina. Jalur ini menghubungkan Salta dibagian utara Argentina ke La Polvorilla disekitar perbatasan antara Argentina dengan Chili.

Jalur kereta yang selesai dibangun pada tahun 1948 silam ini dianggap ekstrim karena harus melintasi 13 jembatan dan melewati 21 terowongan, serta jalurnya juga banyak yang berbentuk spiral dan zigzag.

Nah, itulah beberapa jalur Kereta Api terekstrim di dunia. Berani kamu naik kereta api yang melewati jalur ini?

Loading...

Add Comment