5 Jalur Kereta Api Terekstrim Di Dunia

Kereta api telah menjadi salah satu alat transportasi massal favorit baik itu Indonesia ataupun dunia. Pada tahun 2014, total pengguna kereta api di Indonesia diperkirakan mencapai 250 juta penumpang. Wow nyatanya jumlah pengguna kereta api lumayan banyak ya?

Memang perjalanan dengan kereta api ini sangat menyenangkan. Kamu bisa santai menikmati perjalanan tanpa dihantui macet. Tapi terkadang perjalanan dengan kereta api bisa menjadi menegangkan dan menakutkan disaat melintasi rute-rute yang berbahaya.

Kadang kalanya kereta api juga harus melewati jalur kereta api yang berbahaya. Misalnya jembatan yang tinggi atau melintasi gunung yang curam, yang bisa membuat penumpang was was dan ada juga sebagian lagi penumpang justru menikmatinya.

Berikut adalah 5 Jalur Kereta Api Terekstrim Di Dunia :

1. Pilatus Railway – Swiss

Jalur Kereta Api Terekstrim Di Dunia

Pilatus Railway (pilatus.ch)

Rute ini menghubungkan antara Alpnachstad dengan Danau Lucerne di negara Swiss. Rute Pliatus ini merupakan Jalur Kereta Api Terekstrim Di Dunia, sebab mempunyai kemiringan 48%, sedangkan umumnya kemiringan rel kereta 38%. Rute kereta yang dibangun sejak 1889 ini berada di ketinggian 2.073 mdpl.

Tidak heran kalau rute ini disebut-sebut sebagai rute kereta api terekstrem di dunia. Sebab posisi rute yang mempunyai kemiringan 48%, kereta pasti tidak mampu berjalan cepat. Kecepatan kereta cuma bisa 9-12 km/jam.

Meskipun rute miring, Kamu tidak perlu takut bila kereta akan berjalan mundur. rute kereta sudah di lengkapi dengan gerigi ditengah rel yang berfungsi mencegah rel supaya tidak mundur ketika kereta berhenti. tapi Sayang, wisatawan tak bisa menikmati naik kereta ini setiap waktu. Kereta ini hanya beroperasi antara Mei dan November, disaat rel kereta tidak tertutup salju.

2. Minami Aso Railway – Jepang

Jalur Kereta Api Terekstrim Di Dunia

Minami Aso Railway (youtube.com)

Rute kereta ini melewati Gunung Aso, gunung berapi teraktif di Jepang. Tidak cuma gunung berapi, rute kereta ini juga melewati ngarai, lembah dan jurang yang dalam. Minami Aso Railway terletak di Kumamoto Perfecture yang adalah lokasi wisata alam yang jadi favorit para wisatawan.

Kebanyakan para wisatawan memilih naik kereta ini pada musim panas atau musim semi. Tapi sebenarnya rute kereta ini lebih bagus dikunjungi diwaktu musim gugur. Waktu itu hutan dekat daerah Gunung Aso umumnya terbakar oleh aktivitas magma panas. Pemandangan yang nampak seolah-olah berubah jadi lautan emas.

3. Potrerillos Railway – Chile

Jalur Kereta Api Terekstrim Di Dunia

Potrerillos Railway (pinterest.com)

Rute yang terletak di Pegunungan Andes ini berada di ketinggian 2850 mdpl. rute ini menghubungkan areal pertambangan Potrerillos sampai ke Chanaral dan pelabuhan di Barquito. Dibangun oleh Perusahaan Andes Copper Mining di tahun 1916, rute ini difungsikan untuk membawa pasokan ke Potrerillos, juga mengirimkan tembaga yang sudah dimurnikan ke Barquito.

Tambang ini akhirnya ditutup tahun 1959, sebab biji tembaga semakin menipis, sampai Kota Potrerillos akhirnya ditinggalkan masyarakat, tapi lokasi peleburan dan pemurnian tembaga tetap beroperasi sampai sekarang ini. Rute kereta api ini mempunyai panjang kira kira 155 kilometer, beberapa rute berkelok-kelok, melintasi terowongan, dan berada di lereng.

4. Qinghai Railway – China

Jalur Kereta Api Terekstrim Di Dunia

Qinghai Railway (flickr.com)

Rute ini menghubungkan wilayah Xining, ibukota Propinsi Qinghai, China ke Lhasa, Tibet. Rute ini berada di ketinggian 4.500 mdpl dan membentang sejauh 1.956 kilometer. Qinghai Railway memiliki rekor yang mengesankan.

Diantaranya melintasi wilayah beku sepanjang 550 meter, juga melintasi terowongan pada wilayah paling tinggi dunia, Fenghuoshan, di ketinggian 4.905 meter. Tidak cuma itu, rute kereta ini pun masuk daftar salah satu terowongan dataran tinggi terpanjang di dunia, Kunlun Mountain yang diatas wilayah yang membeku.

Rute ini mulai dibangun pada tahun 50-an dan selesai pada 2006 lalu. Pembangunan rute ini menghabiskan dana US$3,5 miliar setara Rp35,35 triliun, dan sampai sekarang rute ini masih terus dikembangkan. Penumpang yang dapat naik kereta ini harus dalam keadaan sehat.

Sebelum naik, penumpang diwajibkan mengisi kartu registrasi dan mendatangani ketentuan serta syarat perjalanan pada ketinggian tertentu. Di dalam kereta, terdapat jendela yang berfungsi untuk menyaring sinar ultraviolet dan suplai oksigen tambahan untuk penumpang.

5. Argo Gede Railway – Indonesia

Jalur Kereta Api Terekstrim Di Dunia

Argo Gede Railway (flickr.com)

Indonesia ternyata juga memiliki jalur kereta api terekstrim di dunia. rute ini menghubungkan Jakarta dan Bandung, Argo Gede merupakan kereta yang beroperasi di rute ini. Sepanjang perjalanan, rute yang dilintasi rata-rata merupakan jembatan tinggi di atas jurang.

Tetapi yang tak kalah menarik yakni pemandangan indah dengan sungai yang meliuk di bagian bawah rute kereta. Kalau Kamu berkendara dari tol Cipularang akan melihat kereta ini lewat sebuah jembatan tinggi.

Baca juga: Ini Dia 5 Jalan Tol Terpanjang Di Indonesia, Yang Terbaru Tol Cipali (116,75 Km)

Loading...

Add Comment